21 February 2020

Saat ini, berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk mereka.

Salah satunya adalah dengan cara Word of Mouth (WOM). Apa pengertian word of mouth? Nama lain dari strategi yang satu ini adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Sebenarnya, kita semua sudah sering melakukan hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan sesuatu yang alami dimiliki oleh setiap orang.

Baca Juga: Memasarkan Produk? Perhatikan Beberapa Aspek  Berikut

Dalam disiplin ilmu yang mempelajari tentang pemasaran, WOM ini sama pentingnya dengan aspek pemasaran lainnya. Apa pengertian Word of Mouth (WOM)? Apa manfaat Word of Mouth terhadap sebuah brand perusahaan? Berikut ini ulasannya.

Word Of Mouth : Pengertian dan Manfaatnya Terhadap Branding

Menurut pendapat dari Kotler dan Keller pada bukunya (2009 : 174) adalah suatu komunikasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tulisan secara langsung atau melalui media elektronik antar masyarakat.

Komunikasi dari orang ke orang tersebut biasanya berhubungan langsung dengan keunggulan suatu produk atau pengalaman dalam menggunakan suatu produk barang maupun jasa.

Berdasarkan pengertian di atas, bisa kita simpulkan lebih awal jika baik buruknya reputasi perusahaan bisa menyebar dengan cepat dengan teknik WOM.

Word of Mouth juga memiliki berbagai keuntungan bagi perusahaan. Berikut ini berbagai manfaat Word of Mouth secara umum :

1. Merupakan teknik komunikasi dari satu orang ke orang lain

Saat ini, banyak orang memiliki blog atau website yang berisi pengalaman mereka (review) mereka terhadap pengalaman memakai suatu produk.

Orang tersebut sengaja ingin memberitahukan kepada para pembaca baik buruknya menggunakan produk agar mereka ikut membeli atau malah menghindari produk tersebut.

2. Merupakan sarana informal advertisement

Sebuah desas-desus yang disebarkan oleh sekelompok masyarakat mengenai suatu brand perusahaan pastinya akan mempengaruhi pikiran orang lain. Semakin sering brand perusahaan dijadikan objek Word of Mouth, hal ini bisa menjadi sarana iklan secara informal.

Tentu saja hal ini sangat menguntungkan dari segi branding karena tidak akan mengeluarkan biaya apapun.

4. Merupakan sarana penilaian produk yang jujur

Merupakan sarana penilaian produk secara jujur dan gamblang. Review dari sudut pandang orang lain tidak dipengaruhi oleh perusahaan sama sekali. Sehingga banyak orang percaya dengan metode Word of Mouth ini karena dianggap tidak direkayasa.

5. Kekuatan Word of Mouth

Word of Mouth memang memiliki dampak besar terhadap perusahaan. Terutama jika produk yang dihasilkan berhasil di-review oleh para influencer atau public figure dengan pengaruh yang lumayan besar di masyarakat. Semakin terkenal orang tersebut, maka akan semakin luas pula produk perusahaan diperbincangkan.

6. Tidak terbatas ruang dan waktu

Teknik Word of Mouth tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. teknik ini bisa dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut, hingga melalui cara tak langsung yaitu dengan perantara media elektronik. Kapanpun dan dimanapun, produk perusahaan berpeluang untuk terus diperbincangkan.

Kita telah membahas mengenai pengertian Word of Mouth dan apa manfaatnya bagi kelangsungan bisnis. Kita juga mengetahui begitu pentingnya peran Word of Mouth bagi branding perusahaan. Sehingga mau tidak mau perusahaan harus menampilkan performa terbaiknya kapanpun proses produksi berlanjut.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan ulasan positif dari masyarakat. Diantaranya adalah dengan melibatkan pelanggan dalam komunikasi, memberikan pelayanan terbaik, memperoleh feedback dari pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, masyarakat akan menilai positif produk perusahaan sehingga reputasi brand tetap terjaga.

Baca Juga: Pengertian Maskot, 

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.