08 November 2019

“Pengertian packaging design.”

Dalam dunia bisnis, packaging design pastinya menjadi salah satu langkah yang penting untuk meningkatkan nilai jual. Fungsi pengemasan tidak hanya sekedar untuk menarik minat pembeli dengan warna dan bentuknya saja, tetapi pengemasan juga penting untuk mencegah produk berbagai macam kerusakan yang mungkin terjadi pada saat produk didistribusikan ke konsumen, seperti melindungi dari gesekan, benturan, kontaminasi, sinar matahari, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Langkah Cara Brand Agency Bangun Brand Loyalty

Membuat packaging design yang eye catching tentunya bukan perkara yang mudah. Kita tidak bisa hanya mengandalkan desain menarik tanpa mementingkan fungsi dari kemasan itu sendiri. Ada beberapa fungsi yang harus dipenuhi dalam pengemasan. Selain sebagai pelindung dari gesekan, benturan, dan kontaminasi, pengemasan juga berfungsi untuk melindungi produk dari pengaruh udara, air, minyak, ataupun debu, agar produknya tetap baik sampai jangka waktu tertentu.

Kemasan yang baik tentunya juga akan memberikan informasi yang diperlukan tentang produk, seperti cara penggunaan, tanggal kadaluwarsa, izin edar, apakah kemasannya bisa didaur ulang atau tidak, dan lain sebagainya. Pengemasan juga menguntungkan jika dilihat dari sisi marketing. Tidak menutup kemungkinan bahwa konsumen bisa tertarik untuk membeli produk Anda hanya dengan melihat kemasannya saja.

Dalam hal ini, packaging design sangat berpengaruh. Grafis yang Anda sajikan di kemasan harus bisa menyampaikan apa yang spesial dari brand Anda dan juga konsep tentang produk yang Anda tawarkan.

Packaging Design Dan Perkembangannya

Desain pengemasan terus berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Setiap tipe produk tentunya menggunakan desain pengemasan berbeda yang memberikan detail tertentu sesuai dengan produk yang dikemas.

Misalnya menggunakan bahan pengemasan yang aman untuk makanan apabila produk yang dikemas berupa bahan makanan, dan sebagainya. Kemasan juga harus terbuat dari bahan yang mudah dibuka, apabila target produk kita adalah orang tua ataupun anak-anak. Dalam hal ini, tentunya seorang profesional bisa Anda perhitungkan untuk mendesain kemasan yang cocok dengan produk dan citra perusahaan Anda.

Namun jika Anda ingin membuat desain yang berbeda dengan ciri khas Anda di dalamnya juga tidak masalah. Pastikan desain menarik, eye catching dengan warna populer, kemasannya berisi informasi tentang produk, berkualitas. 

Baca Juga: Ini Dia Tahapan Proses Branding Yang Dilakukan Oleh Branding Consultant

Setelah membaca tulisan di atas, Anda sekarang mengetahui bahwa kemasan dapat mempengaruhi branding, sekarang saatnya memilih branding agency yang tebaik, salah satunya adalah Dreambox Branding Agency. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Dreambox di sini.