25 November 2020

Untuk meningkatkan kualitas digital marketing, diperlukan strategi komunikasi yang benar.

Perencanaan dalam menyampaikan suatu pesan sebagai digital marketing membutuhkan keahlian dalam berkomunikasi. Sama halnya dengan marketing secara direct, pemilihan kata yang digunakan membutuhkan kesan persuasif agar brand awareness perusahaan terhadap pelanggan dapat meningkat, oleh karena itu dibutuhkan keahlian strategi komunikasi agar proses digital marketing dapat berjalan dengan optimal.

Baca juga: 3 Tips Memaksimalkan Digital Marketing Bisnis Anda

Strategi Komunikasi sendiri membutuhkan teknik serta pengertian dalam implementasinya, sehingga dapat tersampaikan dengan baik dan dipahami sesuai tujuan marketing yang dilakukan. Berikut beberapa teknik penggunaan strategi komunikasi agar kegiatan digital marketing berjalan lebih efektif:

  • Menentukan Target Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan komunikasi adalah menentukan dan memahami siapa saja orang yang akan dituju, dalam hal ini subject tersebut dapat dinilai berdasarkan kalangan umur, namun yang perlu diperhatikan lagi adalah faktor situasi dan kondisi.

Faktor ini merupakan hal yang perlu dipertimbangkan menyesuaikan dengan situasi yang sedang terjadi, sebagai contoh komunikasi yang disampaikan pada masa pandemi sebaiknya mengandung unsur kalimat saling penyemangat sambil menyisipkan penawaran produk hingga promosi.

  • Menentukan Media yang Digunakan

Pada zaman sekarang tentu media yang paling ampuh digunakan sebagai media marketing adalah sosial media, namun perlu diketahui masih banyak media lain yang melibatkan digital marketing dan memiliki potensi yang besar, seperti Email marketing; SEO; dan SEM. Melalui Email Marketing perusahaan memiliki keuntungan dengan memberikan penawaran secara direct namun tentu membutuhkan keahlian khusus untuk bisa menarik pelanggan melalui email marketing. sama halnya dengan email marketinng, SEO dan SEM juga membutuhkan keahlian membangun sebuah kalimat, namun perbedaannya terletak pada proses dan media yang digunakan, di mana SEO dan SEM beroperasi pada layanan mesin pencari, dan bertujuan untuk meningkatkan traffic website bisnis tersebut.

  • Menganalisa Tujuan dan Value dari Pesan 

Dalam hal ini seorang digital marketing perlu mempertimbangkan dengan baik isi pesan yang akan disampaikan. dalam strategi komunikasi sendiri pesan yang dibuat memiliki dua bagian, yaitu the contents of message (isi dan inti dari pesan), dan lambang atau simbol. 

Lambang yang dimaksud di sini memiliki berbagai macam bentuk, baik dari segi tampilan, gambar, warna, hingga bahasa yang digunakan. Lebih tepatnya lambang merupakan penentuan brand image yang dimiliki perusahaan, sebagai contoh: suatu perusahaan dengan produk-produk premium dan memiliki brand image eksekutif melakukan marketing dengan packaging pesan dan bahasa yang bersifat elegan, Hal ini dilakukan agar perusahaan memiliki konsistensi dalam menjaga brandnya.

Itu dia penerapan strategi komunikasi terhadap digital marketing, pada dasarnya suatu bisnis merupakan organisasi yang sistemnya saling berkaitan, maka dibutuhkan keselarasan dari setiap bidang agar proses perkembangan dapat berjalan dengan baik, semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Peran Digital Marketing Terhadap Perkembangan Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.