...

Pentingkah KOL Marketing untuk Bisnis Anda? Berikut Penjelasannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Setiap pelaku digital marketing mungkin sudah tidak asing lagi dengan KOL marketing

Saat ini aktivitas KOL marketing atau pemasaran bisnis lebih ditekankan pada media digital, sehingga semakin banyak inovasi diciptakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Bagi marketer pemula mungkin hanya mengenal pemasaran online melalui saluran media sosial atau website saja. Padahal masih ada strategi pemasaran yang juga tidak kalah efektif untuk meningkatkan kredibilitas brand hingga meningkatkan kepercayaan.

Yakni bekerjasama dengan figur berpengaruh untuk memperkenalkan brand serta produk Anda kepada masyarakat luas. Ini biasa dikenal dengan istilah pemasaran KOL. Strategi pemasaran ini banyak dipilih para pelaku bisnis karena efektivitasnya. Lantas, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan pemasaran KOL? Seberapa penting menjalankan kampanye marketing dengan strategi tersebut dan bagaimana cara pengelolaannya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 4 Hal yang Mesti Dipahami untuk UX UI Designer Pemula

Mengenal KOL Marketing Lebih Dekat

 KOL merupakan singkatan dari Key Opinion Leader. Dari istilahnya saja mungkin Anda sudah memiliki gambaran singkat mengenai apa dan siapa itu KOL. Key Opinion Leader merupakan figur yang mempunyai kemampuan mempengaruhi orang lain. Khususnya para followers atau pengikutnya sehingga mereka membuat keputusan untuk melakukan transaksi pembelian alias menjadi konsumen suatu produk tertentu. Kemampuan mempengaruhi pandangan atau pendapat inilah yang dimanfaatkan brand.

 Dalam konteks era digital, mungkin Anda akan merujuk pada influencer atau selebgram dengan ribuan bahkan jutaan pengikut di platform mereka. Dalam hal mempengaruhi pandangan dan opini, influencer dan KOL pada prinsipnya serupa. Akan tetapi terdapat perbedaan signifikan diantara keduanya. Key Opinion Leader adalah seseorang yang mempunyai kecakapan atau kompetensi pada bidang tertentu dan keahliannya tersebut benar-benar valid serta memiliki kredibilitas di dunia nyata.

Berbeda dari influencer yang umumnya hanya mengandalkan popularitas di platform media sosial. Key Opinion Leader lebih menekankan pada profesionalisme serta reputasi di dunia nyata. Meskipun kini telah banyak pula yang merambah dunia medsos. Dengan demikian, KOL marketing bisa diartikan sebagai strategi pemasaran yang menggandeng seorang figur penting dengan keahlian tertentu sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat (konsumen) terhadap suatu brand maupun produk.

Anda dapat memilih seseorang atau pihak dengan latar belakang keahlian yang relevan dengan brand bisnis. Sebagai seorang ahli dengan banyak pengikut, pendapatnya akan dipertimbangkan secara lebih. Kampanye KOL yang dijalankan dengan tepat akan mendukung tercapainya tujuan pemasaran. Ini tentu juga berpengaruh terhadap konversi dan tingkat penjualan produk Anda. Jadi, strategi ini memiliki peranan cukup penting bagi bisnis. 

Manfaat KOL Marketing untuk Bisnis

Mengapa strategi pemasaran dengan menggandeng figur Key Opinion Leader penting untuk bisnis Anda? Berikut ini kami jabarkan mengenai apa saja manfaat menjalankan kampanye dengan teknik pemasaran KOL untuk bisnis Anda.

  1. Membangun Brand

 Harus diakui bahwa branding adalah kegiatan yang cukup menantang. Oleh sebab itu, diperlukan beragam strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Menjalankan kampanye KOL adalah salah satu pilihan strateginya. Pastikan Anda memilih figur yang memiliki koneksi atau relevansi kuat dengan brand bisnis. Ini akan menjadi langkah efektif untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat. Branding yang sukses nantinya memberikan dampak signifikan pada penjualan.

  1. Memperkuat Kredibilitas dan Reputasi Brand

Manfaat KOL marketing selanjutnya yaitu dapat memperkuat kredibilitas serta reputasi brand perusahaan Anda. Key Opinion Leader adalah figur dengan keahlian di bidangnya sehingga pendapatnya memiliki kekuatan tersendiri di mata para pengikutnya. Terlebih karena pemimpin opini kunci telah memiliki reputasi tersendiri. Ia tidak akan mempertaruhkan reputasi serta kredibilitasnya hanya untuk mengangkat suatu brand tidak berkualitas. Produk yang diperkenalkan dan dipromosikan secara positif oleh pemimpin opini kunci menghasilkan reputasi positif pula bagi brand. Strategi ini layak dijalankan ketika tujuan pemasaran Anda fokus pada penguatan merek.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Key Opinion Leader bukanlah orang sembarangan. Berbeda dari influencer atau selebgram yang mengandalkan popularitas, pemimpin opini kunci mempunyai kualifikasi valid, sehingga lebih dipercaya oleh masyarakat sebagai konsumen. Inilah manfaat lain dari KOL marketing, yakni dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand dan juga produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat tentunya berdampak positif pada penjualan.

  1. Kampanye yang Efisien

Efisiensi kampanye sangat penting dalam kegiatan pemasaran. Pemimpin opini kunci memiliki pengikut yang jumlahnya tinggi. Pengikutnya bukan hanya terbatas pada platform online tetapi juga offline. Banyaknya pengikut yang dimiliki oleh pemimpin opini kunci mendorong kegiatan kampanye bisa berjalan secara lebih efektif serta efisien. Dengan begitu, tujuan pemasaran bisa tercapai secara mudah dan relatif cepat.

  1. Menghasilkan ROI Tinggi

Manfaat pemasaran KOL satu ini tidak dapat disepelekan. Dalam bisnis, ROI alias Return on Investment perlu diperhatikan dengan baik. Efisiensi kampanye dengan strategi KOL mendorong optimalisasi ROI. Untuk menghasilkan ROI yang tinggi, pastikan untuk menetapkan tujuan secara jelas. Apakah tujuan pemasarannya adalah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan konversi, memaksimalkan penjualan, hingga loyalitas konsumen.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam KOL Marketing

Sebelum Anda terlibat dalam suatu kampanye dengan menggandeng Key Opinion Leader, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Mengenal Audiens KOL

Mengenali audiens adalah salah satu kunci keberhasilan kampanye dengan strategi ini. Melalui pemasaran satu ini, perusahaan Anda bisa mengidentifikasi audiens secara lebih mudah. Ini adalah modal penting untuk menjalankan kampanye.

2. Relevansi KOL dengan Brand

Memilih figur yang tepat memiliki peran vital, ini akan menentukan apakah kampanye Anda akan berhasil atau tidak. Tim pemasaran harus memilih pemimpin opini kunci berlatar belakang keahlian yang memiliki relevansi dengan brand. Kampanye KOL marketing akan sia-sia apabila memilih leader yang tidak tepat. Pesan yang dibawa tidak bisa sampai kepada audiens sesuai harapan. Agar kampanye berjalan lancar dan efektif, kenali pelajari analisisnya terlebih dulu. 

Baca Juga: Berikut Daftar Jasa yang Biasa Ditawarkan Oleh Branding Consultant Jakarta

3. Engagement Follower dengan KOL

 Mengetahui seberapa banyak follower Key Opinion Leader akan membantu Anda dalam menghitung engagement mereka. Pemimpin opini kunci yang baik ditandai dengan respon positif dan tinggi dari para pengikut di konten-kontennya. Untuk mencapai ketiga hal tersebut, diperlukan manajemen KOL yang baik dan terukur. Peran manajemen tersebut akan berpengaruh terhadap kesuksesan dan kelancaran kampanye Anda. Mencapai tujuan pemasaran membutuhkan banyak riset serta penyusunan strategi efektif dan efisien. Kami hadir memberikan dukungan bagi brand Anda berbekal kompetensi dan pengalaman. Kampanye KOL marketing juga layak dijalankan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms