14 October 2019

“Manusia adalah kepribadian akan tetapi contoh brand personality tidaklah sama dengan kepribadian Anda.”

Jadi contoh brand personality adalah serangkaian sifat manusia yang konsisten yang ditetapkan untuk merek dagang produk Anda. Dalam kepribadian brand ini sama emosionalnya dengan visual seperti warna logo hingga tagline, karena ada kontribusi yang jelas untuk brand personality Anda. Pelanggan adalah kunci kelangsungan merek Anda jadi jangan pernah meremehkan brand voice terutama untuk menciptakan sebuah brand personality dalam strategi branding Anda.

1. Mengapa Brand Kepribadian Sangat Penting?

Dalam strategi branding membangun kepribadian brand  itu penting untuk membantu Anda sebagai pebisnis atau pekerja menciptakan pesan brand yang konsisten. Presentasi brand yang konsisten di semua platform bisa meningkatkan pendapatan, terlebih sekarang ini brand message penting sekali di era media sosial. Selain itu, kepribadian brand merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun ekuitas merek. Jika Anda ingin mendapatkan loyalitas merek maka Anda perlu membangun merek dengan olahan pesan yang konsisten. Pelanggan akan sangat menghargai brand Anda karena mereka bisa mengidentifikasi diri Anda melalui merek itu.

2. Tentukan Brand Personality Perusahaan Anda

Kepribadian brand harus Anda sesuaikan juga dengan mayoritas kepribadian pelanggan Anda. Mempertimbangkan pelanggan dan daya tarik mereka serta sifat apa yang mereka miliki sangat penting untuk menentukan kepribadian brand perusahaan Anda. Ada lima dimensi dan contoh kepribadian brand yang bisa membantu dalam menentukan kepribadian brand dan perusahaan Anda.

  • Kegembiraan

Ketika sebuah merek membawa semangat dengan menyampaikan sikap muda dan riang, akan terasa sangat berbeda. Anda seperti membawa pelanggan untuk menciptakan pengalaman yang menarik dengan brand Anda agar pesan kegembiraan selalu ada.

  • Ketulusan

Kata tulus memang selalu menimbulkan kesan yang  terlalu serius akan tetapi akan sangat efektif untuk menyampaikan pesan pelanggan yang memiliki orientasi keluarga dan bijaksana. Menciptakan brand atau perusahaan yang menyampaikan pesan dengan tulus akan menghasilkan tanggung jawab sosial di dalamnya sekaligus membangun kepercayaan pelanggan karena disampaikan dengan penuh ketulusan.

  • Tangguh

Jiwa yang bebas dan penjelajah atau petualang merupakan salah satu contoh brand personality  yang dapat menyasar pelanggan terutama kaum muda yang identik dengan atletis, bebas, tangguh dan memiliki jiwa petualang tinggi. Ciptakan kepribadian brand yang dapat mewakili orang-orang yang bebas akan tetapi tetap bertanggung jawab.

3. Bagaimana Membuat Brand Personality?

Anda bisa belajar dari merek-merek terkenal dan fokus pada satu kategori merek karena kepribadian brand adalah sebuah multidimensi yang aktif, sehingga Anda perlu memerlukan sebuah ide yang unik. Sama seperti ketika Anda ingin membuat usaha tentang alat outdoor, mengembangkan contoh brand personality yang bebas, petualang, dan terkesan kasar, tetapi Anda perlu menambahkan kepribadian yang menggambarkan ketulusan untuk mengurangi dampak lingkungan. 

Baca Juga: 4 Rahasia Marketing Efektif Menggunakan Brand Storytelling
Apakah Anda merasa kesulitan untuk membangun brand personality Anda? Kami Dreambox Branding Agency bisa membantu Anda. Segera hubungi kami di sini.