24 July 2020

Salah satu cara untuk membangun citra merek adalah dengan melakukan CSR.

Sejak sebuah perusahaan atau produk dilahirkan, maka ada banyak hal-hal mengikat dan wajib untuk dipenuhi. Tentunya, hal-hal tersebut perlu dilakukan demi menjaga kelangsungan perusahaan serta menjaga citra merek agar tetap berkibar.

Baca Juga: Hubungan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek

Banyak cara yang bisa dilakukan guna menjaga nama baik sebuah merek. Mulai dari menjaga koneksi dengan pelanggan, senantiasa melakukan inovasi, hingga melakukan kegiatan berkonsep tanggung jawab sosial alias CSR. Mengapa CSR dianggap penting?

 

Pentingnya CSR Demi Citra Merek Positif

CSR merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau brand dalam menunjukkan kepedulian mereka terhadap dunia sosial. Terutama jika dalam operasinya, kegiatan usaha mereka banyak melibatkan lingkungan sekitar. Dalam perkembangannya, CSR terbukti mampu memberikan efek positif bagi kehidupan berekonomi, sosial, dan tentunya lingkungan.

Manfaat yang paling bisa dirasakan dari CSR adalah citra merek yang akan semakin baik. Citra positif tersebut lah yang pada akhirnya dapat menjadi daya tarik sebuah brand sehingga pelanggan semakin setia, dan menumbuhkan konsumen-konsumen baru.

Tak cuma ikatan dengan konsumen, rasa memiliki yang lebih besar juga akan dirasakan oleh para karyawan, Sehingga, produktivitas usaha dan produksi diyakini akan semakin meningkat dengan adanya aktivitas sosial semacam CSR.

CSR juga bisa membuka peluang untuk memperlebar sayap sebuah brand. Sebab, kegiatan CSR yang disiapkan dengan baik, dapat menyasar target yang lebih luas, sehingga menciptakan peluang pangsa pasar baru hingga partner usaha baru.

Manfaat yang tak kalah besar adalah kegiatan tanggung jawab sosial juga memberikan kesempatan agar perusahaan atau brand bisa mendapatkan penghargaan. Dengan banyaknya kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, maka citra merek serta merta akan semakin membahana.

 

Kegiatan untuk Membangun Citra Merek

Berikut ini adalah beberapa jenis kegiatan tanggung jawab sosial yang biasa dilakukan demi mendongkrak citra brand

1. Relawan

Banyak perusahaan memilih kegiatan CSR yang membuat perusahaan tersebut terlibat dengan kegiatan itu sendiri. Misalnya, CSR memperbaiki rumah tinggal kaum pinggiran. Dalam kegiatan tersebut, akan tercipta sebuah ikatan yang kuat antara merek dan dunia sosial. Sebab, seluruh elemen perusahaan terjung langsung dalam melakukan kegiatan CSR tersebut.

Selain itu, tentunya perusahaan atau brand juga bisa menunjukkan kepeduliannya secara langsung. Sehingga komitmen mereka untuk senantiasa bertanggung jawab secara sosial pun dapat lebih dirasakan manfaatnya.

2. Donasi

Mendonasikan sejumlah uang, barang yang bermanfaat, atau layanan yang dibutuhkan adalah jenis kegiatan CSR yang juga populer. Tentunya, segala hal yang disumbangkan memiliki tujuan untuk manfaat sosial seluas-luasnya. Bisa dikatakan CSR semacam donasi ini sangat digemari terutama untuk menjaga citra merek.

Donasi berupa layanan umumnya menggunakan produk yang dimiliki. Misalnya, perusahaan teknologi memberikan fasilitas komputer untuk sarana belajar anak-anak di wilayah terpencil. Atau perusahaan air mineral yang memberikan sarana cuci tangan demi kesejahteraan masyarakat pedalaman.

3. Upaya Lingkungan

Beberapa brand mungkin memiliki banyak singgungan dengan lingkungan. Misalnya, sebuah pabrik milik perusahaan yang menghasilkan emisi buruk. Sebagai bentuk tanggung jawabnya, perusahaan menanam sejumlah pohon sebagai upaya mengembalikan keseimbangan lingkungan.

Ada juga yang menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan, dengan turut aktif menjaga kelestarian hewan. Misalnya, brand dengan logo satwa tertentu, kita ambil contoh orang utan. Brand tersebut menunjukkan peran aktifnya dengan menjadi orang tua asuh bayi orang utan, sehingga kelestarian satwa khas Indonesia tersebut kian terjaga.

 

Sekali lagi, cara ini adalah bentuk pendekatan sosial yang juga sangat berperan demi menjaga nama baik sebuah brand. Apalagi, semangat Go Green yang semakin gencar, membuat publik secara luas lebih memilih produk yang ramah lingkungan, atau setidaknya menunjukan kepeduliannya terhadap alam.

Demikianlah seluk beluk tentang kegiatan CSR. Meski nampak biasa dan umum, ternyata kegiatan tanggung jawab sosial tersebut memiliki peran yang sangat besar untuk citra merek. Oleh karena itu, kegiatan CSR memang harus dimasukkan sebagai agenda perusahaan setiap tahunnya.

Baca Juga: Cara Branding Melalui Influencer

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.