09 April 2021

Setiap perusahaan kini mencoba tampil dalam format digital sehingga bisa lebih dekat setiap saat dengan pelanggan.

Salah satu upaya untuk selalu dekat dengan pelanggan adalah menyediakan layanan berbasis aplikasi. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan aplikasi sehingga pengguna atau pelanggan bisa mengakses produk dan layanannya secara praktis. Bicara mengenai aplikasi dalam kegiatan bisnis maka akan dekat dengan pembahasan desain UI dan UX.

Baca Juga: Ketahui Alasan Pentingnya Search Engine Marketing

 

 Keduanya memiliki arti atau definisi berbeda namun memiliki fungsi dan tujuan yang sama atau berada pada jalur yang sama. UI sendiri merupakan kependekan dari User Interface dan merupakan antarmuka atau tampilan dari sebuah aplikasi yang disediakan oleh sebuah perusahaan. UI mengarah pada tampilan atau visual dari suatu aplikasi, bisa juga tampilan dari website yang dikunjungi seseorang. UX adalah kependekan dari User Experience yang definisinya adalah proses dimana pengguna aplikasi atau website bisa berinteraksi dengan interface secara mudah dan nyaman. 

Dua hal ini akhirnya menciptakan pengalaman terbaik saat mengakses atau menggunakan suatu aplikasi. Melalui definisi ini tentu bisa diketahui betapa pentingnya desain UI dan UX yang tepat saat suatu perusahaan berencana merancang aplikasi. Menampilkan visual yang menarik dan penggunaan yang mudah, agar menciptakan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan. 

Mengetahui Pentingnya Desain UI dan UX untuk Bisnis

Lalu, pentingkah desain yang baik untuk UI maupun UX bagi kegiatan bisnis yang dijalankan? IU dan UX yang tepat memiliki sejumlah arti penting berikut: 

1. Mendukung Branding Produk dan Jasa

Aplikasi perusahaan yang tampil menarik dan memukau sekaligus memberi kemudahan bagi pelanggan untuk menggunakanya. Sudah tentu menjadi representasi dari perusahaan dan produk maupun jasa yang disediakan. Sehingga secara tidak langsung dengan desain UI dan UX yang tepat maka memberi dukungan pada proses branding. 

2. Menarik Minat Pelanggan

Aplikasi yang menarik dan memberi kenyamanan selama digunakan sudah tentu akan membuat pelanggan menyukainya. Hal ini tidak lain untuk menarik pelanggan menginstal aplikasi tersebut di perangkat tanpa ada keinginan untuk menghapusnya. Kenyamanan pengguna dalam memakai aplikasi tersebut kemudian mampu menarik minat dan loyalitas mereka. 

3. Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Lewat desain aplikasi yang tidak hanya menarik namun juga nyaman saat dijalankan atau digunakan, sudah tentu ulasannya akan sangat bagus dan hal ini menjadi magnet bagi pengguna baru. Melalui desain UI dan UX yang tepat maka jumlah pengguna atau pelanggan akan terus bertambah. Hal ini tentu berdampak baik bagi peningkatan profit perusahaan. 

4. Mendukung Kemudahan dalam Penggunaan Aplikasi

Desain dari UI maupun UX yang maksimal akan membantu menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Banyak pengguna menyedari kemudahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Kemudian akan memberi ulasan positif dan tidak ragu untuk merekomendasikan ke orang terdekat. Jumlah pengguna aplikasi yang meningkat tentu bagus untuk branding dan mendorong angka penjualan. 

5. Memberi Pengalaman Terbaik pada Pelanggan

UI dan UX yang terbaik pada dasarnya akan menyediakan aplikasi perusahaan yang menarik secara visual dan nyaman saat digunakan. Dua kombinasi yang membuat sebuah aplikasi tampil sempurna di mata pengguna. Oleh sebab itu desain pada UI dan UX yang baik akan memberi pengalaman terbaik pada pelanggan. 

Jadi, dari penjelasan diatas tentu paham betul pentingnya desain UI dan UX terhadap bisnis yang dijalankan. Supaya bisa tampil memukau saat hadir dalam versi virtual, jadi silahkan merekrut UI dan UX designer yang terbaik dan profesional.

Baca Juga: 5 Cara Riset Keyword untuk Artikel Blog Bisnis

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!