22 May 2020

Katalog produk merupakan visualisasi produk yang dibuat oleh perusahaan, yang berfungsi sebagai media pengenalan dan publikasi produk kepada konsumen.

Karena itu tak heran jika sampai saat ini tiap perusahaan masih terus mencoba untuk membuat katalog produk yang unik, menarik, dan pastinya bisa meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: Kapan Re-Branding Produk Harus Dilakukan?

Berikut ini adalah beberapa alasan penting mengenai mengapa perusahaan perlu untuk memberikan perhatian penuh pada pembuatan katalog produk yang sesuai dengan branding perusahaan.

Seberapa Penting Katalog Produk untuk Perusahaan?

Katalog produk harus bisa merepresentasikan citra perusahaan dengan baik. Mengapa seperti itu? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Sebagai Media untuk Promosi

Sebagai media promosi katalog produk memegang tugas yang besar. Ia berperan dalam rangka mempromosikan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Oleh karena itulah sangat penting untuk memastikan bahwa katalog produk yang direncanakan sudah sesuai dengan citra yang dibranding oleh perusahaan.

Dalam katalog produk ini akan ada keterangan mengenai data perusahaan, kemudian jenis-jenis produk maupun jasa yang ditawarkan, kisaran harganya, sampai kelebihan-kelebihan yang dimiliki daripada kompetitor.

Oleh karena itu Anda harus menyamakan antara citra yang dibangun, dengan konten yang diletakkan dalam katalog produk, sebab nantinya jika ditemukan perbedaan, maka beresiko memunculkan kebingungan pada calon konsumen.

  1. Alat Branding Sekaligus Marketing

Pertama jika dulunya membuat katalog produk hanya terbatas pada bentuk majalah cetak saja, maka saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan media digital dan juga sarana online untuk menampilkan katalog produknya. Alasannya adalah karena bisa sangat membantu menekan budget untuk pembuatan dan publikasi katalog. Sementara dalam pelaksanaannya sendiri ternyata katalog produk ini membantu mendorong strategi branding, dan strategi marketing perusahaan.

Yang kedua fungsinya untuk branding. Dari katalog produk inilah calon konsumen bisa mengenal perusahaan lebih jauh, dan nantinya bisa memahami apa nilai-nilai khas yang dimiliki, dibandingkan dengan produk dari perusahaan lainnya. Inilah sebabnya jangan sampai katalog produk melenceng dari citra inti perusahaan, sebab nanti efeknya bisa salah kaprah mengenai branding perusahaan itu sendiri.

Ketiga untuk strategi marketing. Katalog produk ini ibaratnya seperti sales, yang menawarkan pada calon konsumen. Jika salesnya meyakinkan, detail, menarik, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan konsumen, pastinya proses pembelian akan terjadi.

  1. Meminimalisir Budget

Seperti yang dibahas sebelumnya, katalog produk yang terintegrasi dengan teknologi terkini, ternyata bisa sangat membantu untuk menekan biaya operasional perusahaan. Anda tinggal memaksimalkan pengaturan katalog pada laman-laman sosial media maupun situs resmi yang dimiliki oleh perusahaan.

Ini pastinya akan jauh lebih murah dan mudah, dibandingkan dengan keharusan mencetak ratusan eksemplar, yang nantinya akan terbuang dan tak terpakai juga. Dalam upaya mengatur desain dan konten di sosial media ini, Anda tak boleh serampangan.

Jangan sampai nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan ternyata tak bisa terepresentasikan dengan baik melalui katalog produk yang ada, hingga menyebabkan keraguan pada konsumen.

  1. Membangun Koneksi

Katalog produk yang sesuai dengan citra perusahaan akan sangat membantu dalam membangun koneksi baru. Ibaratnya katalog ini seperti rangkuman dari perusahaan Anda, yang diperlihatkan kepada pasar. Nantinya dari katalog inilah mereka yang merasa tertarik dengan nilai dari perusahaan Anda akan datang dan membuka kesempatan untuk berkolaborasi.

Oleh karena itu mengapa penekanan penyesuaian antara katalog produk dan citra perusahaan terus dilakukan, karena akan sangat berpengaruh pada jaringan yang terbangun dalam ranah bisnis Anda kedepannya. Kesimpulannya katalog ini memiliki peran yang sangat penting sebagai branding dan marketing perusahaan atau brand.

Itulah beberapa bahasan tentang pentingnya membuat katalog produk yang berbasis citra perusahaan. Semoga membantu memberikan referensi bagi Anda dalam menyusun katalog produk sendiri.

Baca Juga: Teknik Fotografi Produk Yang Menarik Untuk Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.