...

Pentingnya Personal Branding Untuk Milenial 

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

“Personal Branding adalah kunci utama untuk memudahkan Anda mendapat pekerjaan.”

Tahun 2020 dikatakan sebagai tahunnya generasi milenial, karena diperkirakan sekitar 50% industri tenaga kerja global akan didominasi oleh generasi milenial. Namun, melihat karakteristik milenial yang begitu aktif dalam mengejar peluang kerja, diprediksikan persaingan kerja akan menjadi lebih ketat di masa yang akan datang.

Seorang milenial dapat melamar pekerjaan ke 2-4 perusahaan dalam waktu yang bersamaan demi mendapatkan peluang yang besar. Menariknya lagi, sebagian besar dari mereka mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui media sosial, dimana hal ini berarti membuka peluang persaingan yang lebih luas lagi. Dapat Anda bayangkan, betapa ketatnya persaingan untuk mendapatkan kesempatan bekerja tersebut. 

Baca Juga: 

Mulai Membangun Personal Branding

Fenomena ini membuat pihak perusahaan juga berlomba-lomba untuk mendapatkan calon kandidat pekerja yang kredibel dan berkualitas. Sosial media menjadi alat terbaik bagi perusahaan untuk melacak dan menilai para pelamar kerja. Oleh karena itu, penting bagi milenial yang akan melamar pekerjaan untuk membangun personal branding melalui media sosial. 

Jika Anda adalah salah satu dari generasi milenial, maka penting untuk Anda membangun personal branding sebagai seorang yang kredibel dan kompeten. Personal branding akan membuat Anda lebih percaya diri dan menonjol dari yang lain. Personal branding juga akan menambah nilai jual Anda di mata perusahaan karena saat membangun personal branding Anda dapat memperlihatkan karakteristik dan keahlian Anda.

Selain melalui media sosial, personal branding yang Anda tunjukkan saat bertemu dengan perusahaan secara langsung juga akan menambah nilai jual Anda. Perusahaan akan melihat hal yang konsisten dalam diri Anda. 

Cara Membangun Personal Branding

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah tentukan personal branding yang Anda inginkan dan apa tujuan yang ingin dicapai dalam membangun personal branding tersebut. Jika Anda ingin terlihat sebagai seorang yang profesional, aktif, dan kreatif, maka mulailah untuk memilah hal-hal yang akan dimasukkan ke dalam media sosial. Pastikan hal yang Anda masukkan akan memperlihatkan Anda sebagai seorang yang profesional. 

Selanjutnya Anda harus mengetahui target yang Anda tuju, siapa yang Anda harapkan untuk melihat persona Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana membangun personal branding tersebut. Hal yang tidak kalah penting adalah untuk selalu konsisten dalam membangun personal branding yang sama dan tetap menunjukkan jati dirimu. Jangan pernah berusaha untuk membangun personal branding dengan meniru orang lain. Hal ini akan menutupi keunikan Anda yang sesungguhnya.

Melalui pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa di tengah ketatnya persaingan, ada peluang yang dapat dimanfaatkan. Melalui personal branding yang baik di media sosial akan menambah nilai dan keunikan diri Anda sebagai seseorang yang profesional. 

Baca Juga: 

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bagaimana membangun personal branding lebih lanjut, kunjungi kami di sini. 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms