31 July 2020

Bisnis retail juga tidak lepas dari pentingnya product branding.

Ketika Anda menjalankan bisnis, ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni branding. Terlepas dari bisnis yang Anda jalankan, seperti bisnis retail, melakukan product branding tetap menjadi hal yang penting. Penasaran sepenting apa posisi branding ini untuk bisnis retail Anda? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Strategi Branding Produk Saat New Normal

 

Sekilas Tentang Bisnis Retail

Dalam bisnis ritel, penjualan barang atau jasa ke konsumen dilakukan dalam jumlah eceran, bukan grosir. Produk yang dibeli dari pedagang ritel ditujukan untuk konsumsi pribadi, dan biasanya tidak dijual lagi. Oleh karena itu, harga produknya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga produk grosir.

Bisnis ritel ini bukan tanpa fungsi. Beberapa fungsi bisnis ritel, seperti menjadi ujung tombak pemasaran produk sehingga memudahkan konsumen memperoleh produk yang diinginkan. Selain itu, bisnis ini juga bisa menjadi media untuk observasi pasar, sekaligus untuk promosi produk.

 

Lebih Jauh Tentang Branding

Branding memiliki kata dasar brand yang dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan merek. Brand atau merek ini biasanya terdiri dari berbagai kombinasi, seperti nama, simbol, kata, atau desain tertentu sebagai pengenal. Merek inilah yang memberikan perbedaan mendasar antara satu produk dengan produk yang lain.

Ketika sudah menentukan brand untuk toko ritel Anda, Anda perlu melakukan branding supaya lebih dikenal. Jadi branding merupakan beragam komunikasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan tujuan membangun dan membesarkan brand. Tidak cukup sampai di situ, melalui branding, penting juga untuk meyakinkan konsumen bahwa produk Anda memang terbaik untuk mereka.

Beberapa unsur dalam branding, di antaranya nama brand, logo dan tampilan visual, kata-kata, suara, hingga juru bicara. Kata-kata ini bisa berbentuk slogan, akronim, dan sebagainya. Sedangkan pada suara bisa berbentuk ikon bunyi tertentu atau bahkan lagu. Bagaimanapun, branding tidak dapat dilakukan tanpa unsur-unsur tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi unsur-unsur tersebut sebelum melakukan branding.

 

Seberapa Penting Posisi Branding untuk Bisnis Retail?

Dalam berbisnis, product branding memiliki posisi yang sangat penting. Beberapa hal berikut menunjukkan pentingnya posisi branding produk Anda dalam berbisnis.

1. Menyampaikan pesan dengan jelas pada konsumen

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa branding adalah metode komunikasi dari Anda untuk konsumen. Melalui branding, Anda bisa menyampaikan pesan yang jelas kepada konsumen bahwa produk Anda patut untuk dipilih. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk proses periklanan yang mahal.

2. Menciptakan hubungan dekat dengan konsumen

Branding yang kuat dapat menciptakan hubungan emosional yang dekat antara merek dengan konsumen Anda. Hubungan yang terasa dekat ini bisa membuat orang lain untuk berlangganan produk yang Anda jual. Ketika hubungan emosional itu terjalin dengan baik, maka citra merek dan penjualnya akan menjadi baik di masyarakat. Dengan demikian, posisi merek tersebut akan menguat dalam persaingan.

3. Menciptakan kredibilitas di mata masyarakat

Ketika ada yang membeli produk Anda, yang diharapkan sebenarnya sederhana, yakni produk Anda bisa memberikan solusi dari masalah mereka. Pesaing tentu ada, namun ketika produk Anda yang dipilih, itu artinya kredibilitas produk Anda telah terbangun. Supaya kredibilitas itu terus terjaga, Anda bisa terus berinovasi dan memperbaiki pelayanan untuk konsumen.

4. Membuat basis konsumen yang setia

Kalau pelanggan sudah merasakan dan puas dengan manfaat dari produk itu, maka branding yang Anda lakukan bisa dikatakan sudah berhasil. Namun untuk membuat basis konsumen yang setia, Anda juga perlu melakukan branding terus-menerus. Branding yang terus menerus ini bisa dilakukan dengan menciptakan inovasi agar konsumen tidak bosan membeli produk Anda.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa product branding memegang peranan penting dalam bisnis, tidak terkecuali bisnis retail. Bagaiman? Tertarik untuk menerapkan strategi branding pada sebuah bisnis?

Baca Juga: 4 Cara Membangun Brand Equity Perusahaan Anda

Untuk informasi lebih lengkap mengenai dunia branding, silakan kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.