30 December 2019

Jika anda bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, sebaiknya kesampingkan cara promosi melalui media.

Sebab promosi yang paling efektif adalah dari mulut ke mulut. Rekomendasi dari orang yang menggunakan produk Anda di kehidupan nyata terbukti lebih meningkatkan daya jual produk dibandingkan iklan di media. Maka strateginya adalah menemukan orang yang menyukai brand anda dan bersedia untuk terus menyebarkan berita positif tentang brand anda, kepada orang-orang di sekitar mereka (seperti keluarga, kerabat, teman maupun rekan kerja) secara konsisten.

Baca Juga: Fakta Mengenai Rencana Pemasaran yang Harus Kamu Ketahui

Istilah yang dikenal dalam branding terkait hal tersebut di atas adalah Brand Ambassador (Duta Merek). Yuk, pahami tentang Brand Ambassador dan perannya dalam kesuksesan sebuah produk lewat ulasan berikut.

Mengenal Brand Ambassador

Definisi umum Brand Ambassador  adalah orang-orang yang teridentifikasi sebagai penggemar brand anda (biasanya public figure) dan secara aktif menggunakan produk anda di kehidupan nyata yang kemudian secara resmi anda rekrut sebagai ahli untuk mempromosikan brand anda.

Promosi yang mereka lakukan biasanya secara online maupun offline, seperti posting di akun media sosial pribadi mereka, di event produk resmi atau komunitas.

Berbeda dengan influencer yang berpromosi menggunakan script. Mereka melakukan percakapan langsung dengan konsumen yang tertarik dengan brand produk yang diwakilinya. Persuasi yang dilakukan mengandalkan  pengalaman asli mereka sendiri dengan brand produk yang mereka wakili.

Kriteria Brand Ambasador

Berikut ini adalah 6 kriteria yang harus dimiliki seorang :

  1. Pengetahuan lengkap tentang brand produk yang diwakili (memiliki pengetahuan tentang branding dan marketing akan lebih baik).
  2. Penampilan yang menarik (presentable).
  3. Profesionalisme yang tinggi
  4. Kemampuan leadership yang alami dan persuasif.
  5. Passion untuk membangun dan menumbuhkan relasi yang baik dengan konsumen
  6. Mampu mengelola feedback konsumen dengan baik.

Peran Brand Ambassador Dalam Kesuksesan Sebuah Produk

Brand Ambassador memiliki 3 peran penting dalam kesuksesan sebuah produk yaitu :

  1. Menarik perhatian konsumen pada brand produk yang diwakili.
  2. Meningkatkan brand awareness konsumen atas brand produk yang diwakili.
  3. Mempersuasi konsumen untuk memilih dan membeli brand produk yang diwakili.

Ketiga peran tersebut ditunjang oleh banyak keuntungan diantaranya :

  • Keuntungan utama  terletak pada loyalitas serta komitmen mereka yang berkelanjutan terhadap brand yang diwakili. Sebab biasanya para mereka setuju untuk bekerja dengan sebuah brand karena ada hubungan (emosional) positif yang tercipta dengan brand produk Bahkan, tanpa alasan komersil pun, mereka akan dengan senang hati mempromosikan brand produk yang diwakili.
  • Keuntungan selanjutnya adalah keaslian pengalaman mereka menggunakan brand Jadi, konsumen yang telah jenuh melihat dan mendengar tagline pada siaran iklan, akan lebih mempercayai para Brand Ambassador. Faktanya, pengalaman pribadi adalah sumber informasi yang paling dipercaya konsumen. Brand Ambassador menggunakan brand produk secara teratur, berbicara dari sudut pandang mereka sendiri, dan merekomendasikan brand produk berdasarkan pengalaman otentik, tanpa terkesan terlalu “jualan”. Ditambah, sebagian besar Brand Ambassador yang merupakan public figure akan berbicara kepada para followers-nya. Jadi, mudah bagi mereka untuk terhubung dengan konsumen.
  • Keuntungan lainnya berkaitan dengan efektivitas biaya. Dimana mempekerjakan Brand Ambassador  jauh lebih hemat daripada beriklan di media. Sementara potensi menaikkan profit penjualan lebih signifikan. Bayangkan jika seorang Brand Ambassador memiliki ratusan ribu hingga jutaan followers dan banyak diantara followers tersebut berhasil dipersuasi untuk membeli brand produk yang diwakili. Brand produk tersebut dipastikan akan sukses besar.

Baca Juga: Efektifitas Proses Pemasaran yang  Mengikuti Tren

Terbukti, peran brand ambassador dapat membantu brand dalam penjualannya. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar branding? Kunjungi website Dreambox Branding Consultant di sini.