26 April 2021

Membuat bisnis lebih dikenal dan berkembang sudah pasti menjadi harapan setiap orang.

Berbagai macam cara dilakukan, mulai dari mendesain kemasan hingga melakukan promosi yang intensif. Dengan cara ini produk akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga peluang untuk terjual juga semakin besar. Branding yang sukses juga akan lebih mudah mendatangkan keuntungan bisnis. Salah satu cara promosi yang saat ini banyak digunakan oleh pebisnis adalah dengan menggunakan maskot untuk branding bisnis. Cara seperti ini dianggap cukup efektif untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Nah, berikut ini beberapa peran maskot atau boneka lambang bisnis atau perusahaan yang perlu anda ketahui:

Baca Juga: 9 Tips Menentukan Nama Brand yang Aesthetic

4 Peran Penting Maskot Dalam Branding Produk

Dalam menjalankan sebuah bisnis, branding merupakan hal penting yang bisa mempengaruhi minat beli konsumen. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan branding, salah satunya dengan menggunakan maskot karena memiliki beberapa peran penting seperti berikut ini:

1. Mencerminkan Identitas Bisnis

Salah satu peran boneka untuk ikon bisnis adalah mencerminkan identitas bisnis. Boneka ikon bisnis ini bisa menjadi salah satu alat promosi yang cukup efektif karena mampu mendeskripsikan produk dengan mudah. Agar lebih maksimal, keberadaan boneka ini harus dikomunikasikan terus menerus, baik untuk promosi lewat media iklan maupun program lainnya.

2. Membangun Persepsi Perusahaan atau Produk

Maskot yang didesain dengan sederhana tidak hanya mampu mencerminkan produk, akan tetapi juga menjadi gambaran karakter dari bisnis atau perusahaan. Hadirnya ikon brand mampu meningkatkan corporate image sehingga dapat mempermudah konsumen mengenali produk yang ditawarkan. Hal inilah yang membuat keberadaan ikon brand lebih dikenal dibandingkan perusahaan itu sendiri. Salah satu contohnya seperti ikon Disney dan McDonalds yang sangat populer dan dikenal hampir semua orang dari seluruh dunia. 

3. Media Pengenalan Produk kepada Konsumen

Mengenalkan produk kepada konsumen akan lebih mudah jika menggunakan media seperti maskot ini. Dengan hadirnya ikon atau boneka tersebut, konsumen akan lebih mudah membedakan antara satu brand dengan brand lainnya. Hadirnya boneka brand juga mampu mengkomunikasikan dengan lebih baik sehingga lebih mudah diterima oleh konsumen. Tidak heran jika di berbagai event bazar maupun pameran, boneka brand selalu dihadirkan sebagai media pengenalan produk kepada konsumen.

4. Menciptakan Ikatan Emosional dengan Konsumen

Hadirkan ikon atau boneka bisa menjadi daya tarik utama dalam suatu produk atau brand. Tidak hanya sebagai cerminan produk saja, akan tetapi saat ini banyak maskot yang dikenal dan dicintai konsumen melebihi produk yang dibawanya. Itu artinya ikon produk mampu menciptakan ikatan emosional yang baik dengan konsumen. Hal ini pastinya akan menguntungkan bagi perusahaan karena memberikan image bagus bagi brand dan bisa memberikan efek carrier of fame. Dengan cara ini, konsumen akan memburu dimanapun ikon tersebut berada sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi bisnis. Contohnya saja seperti boneka BT21 yang menjadi ikon grup Kpop BTS yang selalu diburu oleh para penggemar grup asal Korea tersebut.

Sebuah bisnis akan berhasil dan sukses jika produknya mampu dikenal oleh banyak orang. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan teknik branding yang tepat agar bisa menarik minat para konsumen. Selain dengan rajin melakukan promosi, menggunakan maskot bisa menjadi salah satu teknik branding yang cukup efektif untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Maka dari itu desain ikon brand dengan tepat agar mampu mendeskripsikan produk dengan baik sehingga memudahkan konsumen untuk membedakan produk anda dengan produk lain.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Membuat Karakteristik Merek Penting

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!