03 August 2020

 Salah satu elemen penting dalam mengembangkan bisnis adalah brand marketing.

Pekerjaan bidang marketing terutama brand marketing, sering dianggap mudah bagi sebagian orang, namun kenyataannya perlu skill dan pengetahuan khusus untuk bekerja di bidang ini. Alasannya karena kinerja marketing merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu bisnis.

Baca Juga: Fakta Mengenai Rencana Pemasaran yang Harus Kamu Ketahui

Selain marketing, ada juga bagian lain yang mendukung kelancaran tugas marketing yakni sales. Meski keduanya sering dianggap sama, namun kenyataannya ruang lingkup pekerjaan marketing lebih luas dibanding sales. Sales miliki tugas hanya sebatas menjual produk sesuai dengan target yang ditentukan perusahaaan.

Sedangkan marketing memiliki tanggung jawab yang lebih kompleks yakni menentukan strategi pemasaran juga sekaligus mengelola brand marketing.

 

Apa itu Brand Marketing?

Brand Marketing merupakan teknik pemasaran yang bertujuan mendapatkan customer sebanyak-banyaknya dengan cara memperkenalkan brand suatu produk tertentu. Pemasaran yang dimaksud dapat dilakukan melalui media cetak, media elektronik maupun media online.

Tidak hanya memperkenalkan brand, akan tetapi brand marketing juga memiliki tujuan untuk membentuk persepsi konsumen tentang kelebihan dan manfaat dari suatu produk. Tidak hanya sekadar. Ketika masyarakat mengenal dan mengerti manfaat dari sebuah produk brand, maka akan muncul ketergantungan akan produk tersebut dan akan disebarluaskan kepada orang lain.

 

Peran Brand Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Bila dalam dunia kesehatan seorang dokter dianggap penting untuk mengobati dan menyelamatkan pasien, maka dalam dunia bisnis tugas brand marketing juga dianggap penting untuk mempertahankan citra sekaligus mengangkat image perusahaan. Ada beberapa peranan brand marketing yang dianggap penting untuk mengembangkan bisnis, yakni sebagai berikut:

1. Merencanakan Pemasaran

Salah satu peranan tenaga marketing adalah merencanakan pemasaran seperti apa yang cocok untuk memperkenalkan brand suatu produk. Sebelum melaksanakan brand marketing, tenaga marketing diharapkan untuk melakukan observasi untuk mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat akan suatu produk.

2. Menetapkan Harga

Brand marketing juga memiliki peranan menetapkan harga sesuai harga produksi dan sesuai kisaran harga produk sejenis yang diperjualbelikan di pasaran. Apabila brand Anda termasuk brand baru di pasaran, sebaiknya tidak menjualnya dengan harga yang terlalu tinggi, karena biasanya customer enggan membeli brand baru dengan harga yang tinggi dan belum terbukti kualitasnya.

3. Menentukan Strategi yang Tepat

Marketing strategy merupakan strategi yang menjadi rahasia atas keunggulan sebuah brand. Hal-hal yang dimaksudkan dalam marketing strategy ini harus sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu bentuk dari strategi marketing adalah mengenai promosi brand produk.

Promosi merupakan jenis pemasaran melalui publikasi dan pemberian potongan harga terhadap brand produk dalam jangka waktu tertentu. Selain promosi ada beberapa strategi lain yang dapat diberikan sebagai strategi brand marketing antara lain dengan pemberian voucher, souvenir maupun garansi produk.

4. Membangun Kerja Sama dengan Pihak Lain

Kerja sama dengan pihak lain dianggap penting dalam membangun sebuah bisnis. Oleh sebab itu, peranan brand marketing diharapkan tidak hanya menarik perhatian konsumen akan tetapi menemukan pihak-pihak yang ingin berkolaborasi. Partner bisnis yang tepat, selain mendatangkan keuntungan melalui pemesanan produk dengan jumlah banyak, juga akan membantu bisnis Anda memperkenalkan brand produk yang Anda miliki ke rekan bisnisnya atau melalui iklan di media online.

5. Menjaga Kepercayaan Konsumen

Adapun peranan brand marketing adalah memberikan informasi yang detail dan jujur tentang brand produk kepada masyarakat banyak. Apabila pada saat pemakaian produk, informasi yang diberikan ternyata salah atau keliru dan telah merugikan konsumen, maka konsumen tidak akan membeli dan tidak akan percaya lagi terhadap kualitas brand tersebut. Kepercayaan konsumen merupakan modal utama untuk membangun image perusahaan.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah peranan brand marketing menjadi support system perusahaan, maka harus bekerja maksimal supaya dapat mengembangkan bisnis bagi perusahaan. Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Taktik Jitu Branding Lewat Digital Marketing Strategy

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.