25 March 2020

Peranan CEO bisa disebut sebagai rantai makanan tertinggi yang ada dalam jajaran direksi sebuah perusahaan.

Karena itu jangan heran, jika keputusan-keputusan yang diambil oleh seorang CEO akan sangat mempengaruhi bagaimana sepak terjang perusahaannya. Artikel ini akan membahas peranan CEO dalam perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Siklus Hidup Produk untuk Memutuskan Aktivitas Merek

CEO dan Fungsinya dalam Pengembangan Perusahaan

Jika diurutkan sebenarnya tugas CEO yang bersifat teknis itu tidak terlalu banyak, namun yang selama ini diemban adalah tugas yang bersifat sangat esensial. Nah berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai peranan CEO, khususnya dalam hal branding perusahaan.

Tombak Branding Strategi Perusahaan

Obrolan yang pertama sepertinya bisa dimulai dengan salah satu start up unggulan Indonesia, yang saat ini sudah masuk dalam salah satu perusahaan dengan evaluasi tinggi di dunia. Pelopor gerakan ojek online di Indonesia dan saat ini sudah melakukan invasi ke Negara-negara tetangga di Asia. Yap, Gojek.

1. Contoh

Gojek pertama kali diluncurkan sekitaran tahun 2010, oleh seorang CEO yang saat ini dikenal sebagai menteri pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim. Bukanlah sesuatu yang berlebihan jika mengambil Nadiem Makarim sebagai contoh pembuktian bahwa CEO yang berpikiran tajam akhirnya akan mengantarkan perusahaan pada pencapaian yang tajam juga.

Ketika itu strategi Nadiem Makarim untuk menjalankan Gojek di Indonesia, awalnya dianggap sebagai strategi yang keliru. Karena ide mengenai angkutan umum online sama sekali belum familiar di Indonesia, walaupun mungkin saat itu sudah ada Uber di beberapa kota besar.

Namun kemudian Nadiem menggunakan branding dengan strategi paling dasar dengan menyasar kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, yaitu tumpangan ojek dan pengantaran pembelian makanan.

Akhirnya strategi yang awalnya dicibir ini menanjak naik. Seiring dengan meningkatnya awareness masyarakat mengenai ekspansi digital dan internet, akhirnya sekarang terbukti Gojek Indonesia sudah menduduki posisi decacorn start up, yaitu sebutan bagi start up yang resmi memiliki nilai perusahaan di atas 10 miliar US dollar. Ini mengindikasikan bahwa branding strategi Gojek yang diinisiasi oleh CEO-nya bisa berjalan dan diterima baik oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Penentuan Citra Perusahaan

Selain branding dalam masalah strategi bisnis, seorang CEO juga berperan penting dalam proses penciptaan citra perusahaan di mata konsumen. Dalam artian seorang CEO tak bisa sembrono berperilaku di hadapan publik karena ia memegang representasi perusahaannya secara penuh.

2. Contoh

Masih ingat kasus mantan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, pada momen pemilihan presiden tahun lalu?

Kala itu Achmad Zaky membuat cuitan di akun media sosialnya, yang mengindikasikan ketidakpuasan dan kritikan terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, khususnya Presiden Jokowi.

Cuitan ini kemudian diterima sebagai sesuatu yang menghebohkan warganet, banyak yang merasa tak simpati dengan curahan opini yang diberikan oleh Achmad Zaky. Dan apa akibatnya? Yang kena imbas bukan hanya citra dirinya sendiri, namun juga berujung pada eksistensi Bukalapak.

Masyarakat langsung menghubungkan perilaku protesnya tersebut, dengan perusahaan yang dipimpinnya, walaupun sebenarnya Achmad Zaky menyuarakan opini tersebut dari sudut pandang pribadi, bukan sebagai CEO Bukalapak.

Ini membuktikan bahwa peranan CEO dalam pemunculan citra perusahaan amatlah penting. Saking pentingnya, cuitan Achmad Zaky yang viral ini sampai memunculkan gerakan uninstall Bukalapak ramai-ramai. Ini menunjukkan bahwa ketidaksukaan masyarakat terhadap seorang CEO, memang sangat mungkin merembet ke rasa tidak simpati juga terhadap perusahaan yang dijalankan.

Branding perusahaan melingkupi banyak hal, mulai dari strategi, kebijakan, hingga citra di tengah masyarakat. Dan peranan CEO dalam hal ini sangat besar. Blunder yang dilakukan secara pribadi bisa berakibat kerugian secara profesional. Begitu juga kesuksesan yang didapatkan secara personal bisa mendongkrak kepercayaan konsumen bagi perusahaan yang dipegang.

Kesimpulannya:

  1. Tindakan apapun yang dilakukan CEO sangat berpengaruh penuh terhadap citra perusahaan
  2. Semua keputusan & perkembangan perusahaan berada ditangan CEO

Baca Juga: Ingin Membangun Brand? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.