22 January 2020

Bila menjalankan sebuah perusahaan diibaratkan seperti mengarungi lautan luas dengan sebuah kapal.

Maka, proses branding bisa diibaratkan sebagai membangun kapal tersebut agar kuat, sehingga kita bisa mampu mengarungi lautan yang ganas. Sebuah perusahaan mustahil berdiri tanpa upaya branding yang dilakukan secara baik dan berkelanjutan.

Baca Juga: Langkah Membangun Kerja Sama dengan Influencer

Branding seringkali dianggap sebagai upaya untuk menaikkan citra sebuah perusahaan dengan biaya yang tidak murah. Lalu, bagaimana dengan perusahaan kecil yang ingin memulai bisnis mereka dengan upaya branding yang tepat guna, namun memiliki budget kecil? Simak ulasan di bawah ini.

Upaya Branding Perusahaan dengan Budget Kecil

Jika Anda mempertanyakan apakah perusahaan kecil atau bisnis rintisan memulai proses branding perusahaan mereka dengan budget seadanya? Jawabannya bisa saja, semua bisa jika diusahakan. Hanya saja, upaya yang dilakukan tentu sedikit berbeda dengan bisnis yang memiliki banyak anggaran untuk melakukan proses branding.

Berikut ini berbagai upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan proses branding dengan budget kecil.

1. Melakukan customer service dengan sangat baik

Apakah Anda tahu apa kekuatan terbesar dari sebuah bisnis? Jawabannya adalah orang. Koneksi bisnis mengandalkan kekuatan hubungan orang ke orang. Hal ini berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan.

Apabila sebuah perusahaan ingin melakukan kegiatan branding dengan budget kecil, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pelayanan sebaik mungkin. Pelanggan yang sudah nyaman akan pelayanan dari perusahaan pastinya akan berkunjung atau melakukan pemesanan kembali pada perusahaan tersebut.

Selain itu, perusahaan dapat memperoleh sarana promosi gratis dari para pelanggan. ketika pelanggan merasakan kepuasan terhadap produk atau pelayanan yang diberikan perusahaan, mereka bisa memberitahu orang-orang terdekatnya untuk menggunakan barang atau layanan jasa dari perusahaan tersebut. Jadi, secara tidak langsung ikut mempromosikan.

2. Memviralkan produk dengan membuat konten kreatif

Saat ini, perusahaan yang berusaha mengadopsi perkembangan teknologi selalu selangkah lebih maju daripada para perusahaan yang tidak memanfaatkannya. Dengan kemajuan teknologi, berbagai proses branding dengan budget kecil dapat dilaksanakan. Misalnya, dengan cara membuat konten kreatif yang mengandung berbagai infromasi produk di dalam konten yang dikemas dengan selera humor terbaru.

Konten tersebut bukan tidak mungkin akan menjadi viral. Konten yang viral akan menaikkan citra dari sebuah perusahaan, dan akhirnya bisnis perusahaan akan meningkat berkat branding murah tersebut. Selain itu, perusahaan juga bisa membuat konten berupa artikel dengan kerjasama berbagai website serta blog untuk menampilkan produk mereka.

3. Melakukan branding melalui laman official perusahaan di media sosial

Salah satu hal penting yang harus diingat kala menyebutkan proses branding dengan budget kecil adalah media sosial. Saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial. Dengan adanya platform tersebut, bukan tidak mungkin perusahaan yang baru saja dirintis bisa melakukan branding secara besar-besaran walaupun dengan biaya yang rendah.

Perusahaan bisa mulai membuat laman official di berbagai platform seperti Facebook dan Instagram agar nantinya para pelanggan mudah mengikuti perkembangan kegiatan terbaru dari perusahaan. Untuk itu perusahaan harus menyiapkan tim khusus yang bertugas mengelola kegiatan perusahaan di media sosial.

Semakin sering perusahaan melakukan update mengenai kegiatan yang dilakukan, perusahaan akan semakin dikenal.

Dari berbagai ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa proses branding sebuah perusahaan sangan mungkin dilakukan meskipun dengan budget yang kecil. Selama perusahaan berniat sungguh-sungguh untuk memajukan bisnisnya, semua bisa dapat dilakukan, termasuk dengan menggunakan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas produksi dari perusahaan agar para pelanggan tidak kecewa dengan citra brand yang digaungkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Komponen yang Dibutuhkan Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.