02 October 2019

“Pemilihan warna sangatlah berdampak terhadap kuseksesan sebuah brand, maka itu Anda sebagai pengusaha patut mempunyai pengetahuan tentang psikologi warna.”

 

 

Warna yang Anda gunakan untuk melambangkan brand dan bisnis Anda mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk memberi tahu konsumen tentang bisnis Anda. Psikologi warna dapat membantu bisnis Anda dalam membangun kepercayaan dan keakraban dengan memunculkan emosi dan reaksi yang tepat dari konsumen. Tidak mengherankan bahwa merek paling populer di dunia memiliki hubungan yang kuat dengan logo mereka. Warna mereka cenderung mencerminkan branding mereka, bahkan ketika mereka tidak mengunakan tulisan.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan warna dalam mengenalkan brand atau bisnis tersebut dengan konsumennya dan juga memancing reaksi yang sesuai dengan yang diingkan. Penelitian telah menemukan bahwa warna suatu produk memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli dari sebuah bisnis atau brand sebesar 60 hingga 80 persen. Ini berarti bahwa pilihan warna yang tepat tidak hanya memperkuat asosiasi merek, tetapi juga dapat memengaruhi total penjualan Anda.

Baca Juga: Lakukan 4 Proses Branding Produk Baru Anda!

Sebagai seorang pengusaha, penting sekali bagi Anda untuk mengeksplorasi bagaimana psikologi warna dapat mengirim pesan yang tepat kepada target audiens Anda. Warna merek Anda harus terintegrasi di seluruh situs, website, logo, produk dan jasa yang Anda suguhkan. Maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mempunyai pengetahuan tentang psikologi warna dan dampaknya untuk bisnis dan brand Anda. Mari kita belajar tentang kekuatan pemilihan warna dan psikologi dibaliknya.

Menganalisis 100 brand terhebat di dunia

Kami ingin menganalisis 100 brand teratas dunia yang ditentukan oleh nilai jual dari brand tersebut. Hal ini akan kita lakukan untuk menjelajahi penggunaan warna yang paling populer.

Biru tampaknya menjadi warna yang paling digunakan dikarenakan kemunculannya di 33 persen dari 100 brand teratas. Merah berada di urutan kedua dengan kemunculannya di 29 persen dari semua brand, dan hitam atau abu-abu di peringkat ketiga paling populer dengan 28 persen yang kemudian diakhiri dengan warna kuning atau emas yang digunakan di 13% dari brand terhebat di dunia.

Yang menarik adalah bahwa 95 dari 100 persen merek teratas hanya menggunakan satu atau dua warna. Ini dapat dijelaskan sebagai upaya untuk mempertahankan konsistensi dalam kesederhanaan dalam brand dan strategi branding mereka. Selain itu, ditemukan juga bahwa teks tidak terlalu penting bagi mereka dikarenakan keterlibatannya yang hanya sebesar 41 persen di dalam logo mereka.

Ini berfungsi sebagai bukti bahwa logo yang kuat dapat membuat koneksi dengan audiens, bahkan tanpa menggunakan teks untuk menambahnya. Bahkan, 9% dari merek bahkan tidak menampilkan nama perusahaan mereka di logo mereka, dan hanya mengandalkan kesederhanaan logo mereka.

Bagaimana Cara Konsumen Menanggapi Warna?

Setiap warna memunculkan respons yang berbeda-beda di setiap orang. Warna dapat dibagi menjadi dua kategori utama: hangat dan dingin. Warna hangat cenderung dikaitkan dengan energi, sedangkan warna dingin dihubungkan dengan ketenangan dan keamanan.

Tetapi bagaimana masing-masing warna berikut memengaruhi persepsi dan apa artinya bagi merek Anda? Berikut ini adalah penjelasan tentang apa yang membedakan setiap warna dan bagaimana bisnis dan brand Anda dapat memilih warna yang tepat.

  • Merah

Merah membangkitkan respons yang penuh gairah dan mendalam. Ini adalah warna yang meningkatkan detak jantung Anda, membuat napas lebih cepat, dan umumnya dikaitkan dengan energi, kegembiraan, dan gairah. Ini adalah salah satu warna yang menarik perhatian, yang juga bisa sebaliknya menjadi warna yang provokatif dan bersemangat.

Persepsi warna: agresif, energik, provokatif, menarik perhatian, bersemangat

  • Ungu

Ungu adalah warna yang moderen namun misterius. Warna ini cenderung digunakan untuk produk berkualitas tinggi atau kelas atas karena hubungannya dengan bangsawan dan juga keanggunan. Elemen misterius ungu juga dikaitkan dengan spiritualitas, yang dapat membuat konsumen berpersepsi bahwa bisnis atau brand Anda ajaib dan juga imaginatif.

Persepsi warna: royalti, kecanggihan, nostalgia, misteri, kerohanian

  • Biru

Biru adalah salah satu warna paling populer untuk para brand teratas di dunia. Warna ini diperkirakan dapat membuat membuat orang merasa nyaman, karena mengingatkan mereka tentang langit dan lautan. Biru juga dikaitkan dengan kepercayaan, keamanan, dan kepercayaan diri yang membuat kombinasi warna yang luar biasa bagi merek yang menginginkan elemen-elemen ini dalam pesan mereka.

Persepsi warna: dapat dipercaya, dapat diandalkan, aman, bertanggung jawab, percaya diri

  • Hijau

Hijau adalah warna yang identik dengan ketenangan, keamanan, dan kesegaran. Warna ini dapat menciptakan identitas merek yang unik untuk perusahaan Anda. Hijau cenderung dikaitkan dengan kesehatan yang di sertai oleh perasaan damai dan tenang.

Persepsi warna: Kekayaan, kesehatan, prestise, ketenangan, kedermawanan, keamanan

  • Kuning

Kuning adalah pilihan warna yang populer untuk bisnis atau brand yang ingin membangkitkan perasaan positif dalam identitas mereka. Keterkaitannya dengan matahari pada bayang-bayangnya yang berbeda memunculkan harapan dan optimisme. Kuning juga menonjol di antara warna-warna lain, yang membuat identitas merek kuning menjadi kreatif dan menarik.

Persepsi warna: kepositifan, cahaya, kehangatan, motivasi, kreativitas, kebahagiaan

  • Oranye

Oranye adalah pilihan warna yang ideal untuk merek yang ingin memadukan optimisme dan kecerahan kuning dan gairah dan energi merah. Ini adalah warna yang kreatif dan ceria yang membangkitkan perasaan ramah dan suka bertualang.

Persepsi warna: vitalitas, menyenangkan, main-main, bersemangat, keluar

Penting sekali bagi Anda untuk memahami psikologi warna saat membuat identitas brand Anda. pilihan warna Anda dapat membangun estetika brand Anda sekaligus mendekatkan bisnis Anda dengan target audiens Anda. Gunakan warna yang akan menyoroti poin-poin penting dalam bisnis Anda seperti visi dan misi, kekuatan dari produk atau jasa yang Anda suguhkan dengan tujuan untuk membangkitkan persepsi dan perasaan yang tepat untuk audiens yang tepat.

Baca Juga: Percayakan Proses Branding Kepada Branding Agency Terbaik

Apakah pilihan warna Anda selaras dengan perasaan yang Anda berikan kepada target audiens dan pelanggan Anda? Jika Anda membutuhkan panduan atau bantuan dalam menggunakan warna yang tepat atau membuat branding untuk brand Anda, jangan sungkan untuk menguhubungi Dreambox Branding Consultant disini.