16 July 2021

Digital activation atau aktivasi brand digital saat ini semakin sangat penting untuk mempertahankan interaksi dengan konsumen.

Apalagi, era digital mengharuskan setiap brand atau pemilik bisnis harus pintar mempertahankan eksistensi bisnisnya. Akses yang semakin mudah, membuat persaingan brand akan semakin ketat. Siapa saja bisa mengambil alih konsumen Anda. Oleh sebab itulah mengapa aktivasi ini sangat diperlukan demi menjaga konsumen. Di era digital memang memberikan tantangan yang luar biasa bagi siapa saja. Aktivasi brand digital bisa menjawab tantangan tersebut dengan lebih cepat. Bahkan, digital activation mampu meningkatkan engagement konsumen.

Baca Juga: Corporate Branding yang Anda Lakukan Mungkin Salah, Berikut Faktanya

Beberapa Keunggulan dari Digital Activation

Mungkin masih banyak orang mempertanyakan apa manfaatnya jika menggunakan aktivasi brand digital. Sebelum Anda memutuskan hal tersebut, ada baiknya jika mengetahui beberapa keunggulan ketika Anda menggunakan aktivasi brand digital.

1. Hasil Lebih Cepat

Digital activation pada dasarnya mengandalkan jaringan internet. Artinya, tahapan dan proses yang dilakukan akan memiliki kesempatan lebih cepat. Proses tersebut akan sampai pada konsumen dan akhirnya meningkatkan brand awareness. Ketika konsumen sudah mengerti dan mengetahui tentang brand tersebut, maka ada beberapa keuntungan lain. Konsumen akan memiliki loyalty terhadap brand yang Anda miliki dan tidak akan berpindah ke brand lainnya. Loyalty sangat penting untuk mempertahankan posisi bisnis Anda dalam dunia digital. Anda pastinya tahu bahwa salah satu penyebab bangkrutnya sebuah bisnis adalah karena ditinggal oleh konsumen, bukan?

2. Persiapan Cepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa era digital memberikan akses yang lebih cepat untuk memperkenalkan sebuah brand kepada calon konsumen. Metode yang digunakan juga sangat beragam, mulai dari promosi hingga diskon. Sebagai contoh, metode berupa promotions activation sangat umum dilakukan oleh para pemilik bisnis. Biasanya, bersamaan dengan launching brand baru akan ada diskon besar-besaran yang ditawarkan kepada calon konsumen. Menariknya, persiapan dalam launching ini bisa dilakukan dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan media iklan di berbagai media sosial. Selain cepat, jangkauan dari promosi tersebut juga lebih luas.

3. Campaign Berkelanjutan

Aktivasi digital memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan riset tersendiri. Ada ratusan bentuk brand activation yang bisa dipakai. Namun, pastinya tidak semua bentuk aktivasi bisa berjalan sesuai harapan. Memang ada banyak sekali bentuk brand activation. Beberapa mungkin akan menunjukkan hasil memuaskan dan beberapa lagi tidak. Namun, justru hal ini bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan untuk campaign berkelanjutan. Misalnya, jika ada salah satu brand activation yang berhasil maka bisa Anda teruskan dan kembangkan. Memaksimalkan bentuk aktivitas tersebut tanpa dengan memberikan sentuhan kreativitas lain.

4. Adanya Feedback

Aktivasi digital pada dasarnya adalah interaksi 2 arah antara pemilik bisnis dengan konsumen. Artinya, setelah launching maka pemilik bisnis bisa langsung mendapatkan feedback dari orang lain. Feedback sangat penting demi menjaga eksistensi brand yang Anda miliki. Biasanya, konsumen akan memberikan saran, masukan, hingga kritik. Masukan seperti ini penting untuk memperbaiki kekurangan yang sebelumnya masih terlihat.

5. Laba Investasi Kuat

Pesan yang tersampaikan lebih cepat membuat awareness kepada konsumen juga lebih cepat terjadi. Ketika hal ini bisa berjalan dengan baik, maka keuntungan yang diharapkan sebelumnya juga akan mulai terlihat. Meskipun promosi yang dilakukan menghabiskan biaya besar, tetapi hal tersebut sebanding dengan hasilnya. Investasi yang Anda lakukan jelas memberikan hasil dan pada akhirnya keuntungan bisa didapatkan.

Baca Juga: Content Writer yang Bagus Pasti Punya 5 Hal ini, Yuk Ketahui

Keunggulan aktivasi digital ini akan semakin terjamin jika memilih agen seperti kami. Optimalisasi dari setiap sisi membuat promosi pada sebuah produk lebih maksimal, tentu saja dengan digital activation yang terjamin. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!