09 September 2020

Sampai sekarang pertanyaan mengenai seberapa penting branding bagi sebuah bisnis masih terus bergulir. Analogikan saja seperti ini, bisnis anda adalah seorang individu dan brand adalah wajahnya. Apakah wajah ini memiliki fungsi baginya?

Baca Juga: Pentingnya Brand Name untuk Bisnis Anda

Jawabannya adalah iya. Apakah posisi wajah penting bagi seseorang? Jawabannya juga iya. Wajah berfungsi sebagai tanda pengenal bagi orang lain. Tanpa wajah yang jelas, maka orang lain tak akan mampu mengetahui identitas anda.

Begitu juga dengan bisnis. Tanpa brand yang jelas, konsumen dan kompetitor mustahil mengetahui keberadaan anda. Bisnis anda tak akan memiliki identitas, dan pastinya susah untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Saking pentingnya brand ini, bisa dikatakan sebuah bisnis tak akan bisa berjalan dengan langgeng, tanpa strategi yang mumpuni.

Mengapa Branding Penting bagi Sebuah Usaha?

Bagaimana caranya anda bisa bersaing, jika konsumen saja tak mengenali anda? Bagaimana caranya anda memunculkan keunikan produk, jika target pasar tak mengetahui keberadaan usaha anda? Strategi brand yang tepat akan membantu anda untuk menjawab pertanyaan ini. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pentingnya brand bagi sebuah usaha.

1. Sebagai tanda pengenal

Sebuah brand terdiri dari perpaduan simbol, logo, nama, dan keseluruhan desain dari sebuah usaha. Ketika hal ini kemudian dibawa pada konsep branding, berarti sebuah kegiatan untuk menyampaikan simbol, logo, nama dan desain tersebut kepada khalayak luas, dengan tujuan agar bisa dikenali.

Tanpa brand ini, pasar tak akan mengetahui kehadiran usaha anda, sehingga akan susah untuk menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas di kemudian hari. Tanda pengenal ini juga penting untuk membantu memunculkan perbedaan dengan kompetitor, agar usaha anda memiliki ciri khas dan nilai jualnya sendiri.

2. Merepresentasikan nilai usaha

Kesatuan desain dan simbol yang ada dalam sebuah brand berfungsi sebagai tanda pengenal yang juga merepresentasikan nilai-nilai yang dimiliki. Pernah mendengar tagline produk yang unik, yang membuat anda terngiang-ngiang? Atau pernah melihat sebuah logo yang langsung menarik perhatian anda? Atau mungkin pernah melihat sebuah iklan dan malah tak bisa lupa akan produknya?

Dari logo orang bisa mengenali jenis produk yang anda jual. Dari tagline konsumen bisa mengenali produk anda dan membedakannya dengan lapak sebelah. Bahkan dari desain dan warna yang digunakan sudah bisa mencerminkan sebuah ciri yang bisa melekat dibenak orang lain.

Hal-hal yang membekas dari brand ini bertujuan untuk menyampaikan nilai baik dan khas dari sebuah usaha. Dan inilah alasannya mengapa anda wajib menginformasikan perihal nilai-nilai tersebut kepada khalayak, melalui strategi yang kreatif. Jangan sampai konsumen malah salah menilai usaha anda karena anda tak memberikan panduan yang jelas mengenai produk dan jasa yang anda tawarkan.

3. Memunculkan kepercayaan dan loyalitas

Mana yang anda akan pilih, membeli produk makanan siap saji dari perusahaan terkenal atau perusahaan yang masih asing dan tak pernah anda dengar?

Apa yang kira-kira yang lebih anda sukai, menggunakan produk rumah tangga dari perusahaan yang sudah sering anda saksikan di iklan televisi atau dari perusahaan yang namanya saja baru anda tahu?

Mana yang lebih anda rasa aman, menggunakan produk kecantikan dari perusahaan terkenal dengan testimoni dan jaminan kualitas yang mumpuni atau produk dari perusahaan yang belum pernah anda kenal?

Kira-kira seperti ini juga yang akan dihadapi oleh konsumen anda setiap harinya. Mereka akan membandingkan produk satu dan yang lain berdasarkan kredibilitasnya. Nah, kredibilitas inilah yang anda munculkan melalui proses branding, sehingga calon konsumen anda bisa lebih mengenal produk yang ada.

Dengan pemahaman ini konsumen akan lebih mudah untuk menimbulkan ketertarikan dan kepercayaan. Jangan berharap bisa mengambil hati konsumen dengan cara diam-diam tanpa pendekatan yang jelas. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui strategi branding yang apik.

Itulah beberapa poin penting dari branding. Bagaimana? Sudah siap untuk menyusun strategi brand yang inovatif untuk usaha anda?

Baca Juga: Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.