29 June 2020

Bekerja sebagai tim branding di sebuah perusahaan sangatlah menyenangkan.

Anda akan mendapatkan kepuasan yang berlebih apabila strategi yang Anda buat bersama tim berhasil. Peranan tim branding sangatlah besar bagi perusahaan. Brand tidak akan menjadi perusahaan yang kredibel di mata khalayak luas tanpa adanya branding yang baik.

Baca Juga: Alasan Jasa Desain Grafis Sangat Penting di Dalam Branding

Branding yang baik adalah branding yang disusun dengan rapih melalui perencanaan yang matang dengan strategi yang jitu. Segala persiapan sebelum melakukan branding sangat sulit dilakukan oleh 1 orang. Perlu adanya tim yang berkompeten untuk menyiapkan segala keperluannya. Selain berkompeten, kekompakan juga harus ada layaknya tim-tim ideal pada umumnya.

Untuk jumlah berapa tim yang ideal bagi perusahaan dapat Anda sesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan masing-masing orang, serta load kerjanya sendiri. Idealnya, semakin besar jangkauan kerja tim tersebut, semakin besar pula isi dari tim tersebut agar tim tersebut dapat efektif dan efisien. Jika memang banyaknya orang dalam 1 tim tidak disesuaikan dengan load kerjanya, maka akan timbul masalah baru perusahaan. Tim branding akan sulit untuk menyelesaikan tugasnya jika load kerjanya banyak, dan fokus pun akan hilang yang dapat mengganggu kinerja itu sendiri.

Skill

Skill dan pengalaman memang sangat dibutuhkan dalam tim branding Anda. Mereka yang merupakan lulusan universitas baik juga bisa menjadi pertimbangan, tetapi tidak selalu. Terkadang sobat sekalian tidak sadar bahwa banyak lulus branding di Indonesia yang pintar dan ber-skill hebat meskipun bukan lulusan dari universitas yang dipandang baik. Lakukanlah pengujian yang kepada lulusan-lulusan yang melamar di tim branding Anda, jika memang dirasa mereka bisa kenapa tidak untuk dicoba.

Sebuah tim yang ideal juga diisi oleh orang-orang dari berbagai kalangan umur dan pengalaman. Secara garis besar mereka yang memiliki umur lebih dan pengalaman yang lebih banyak akan menduduki jabatan yang lebih tinggi dalam tim dan yang lebih muda dengan pengalaman yang belum banyak akan mengikuti perintah atasannya.

Untuk mendapatkan tim yang ideal untuk keperluan branding. Berikut beberapa informasi mengenai skill yang harus tersedia di dalam tim branding perusahaan Anda.

1. Riset

Dunia pemasaran banyak diisi oleh riset, salah satunya branding. Sebuah teknik pemasaran branding tidak akan berjalan tanpa adanya riset terlebih dahulu. Sebuah perusahaan melalui tim branding nya perlu mengetahui seluk-beluk mengenai pasar. Tidak bisa terjun begitu saja ke pasar tanpa mengetahui apa itu pasar, bagaimana sistem di pasar bekerja, dan lain sebagainya. Skill melakukan riset diperlukan di dalam sebuah tim branding, agar perusahaan siap untuk terjun ke pasar dengan teknik dan cara branding nya masing-masing.

2. Tren

Branding sangat berhubungan dengan wajah masyarakat. Skill selanjutnya yang cocok adalah sadar akan tren-tren baru di pasar. Khususnya di zaman serba teknologi ini, tren akan sangat cepat untuk berubah dan perusahaan tidak boleh ketinggalan tren tersebut untuk tetap menjaga hubungannya dengan para konsumen.

3. Planner

Dalam sebuah tim branding perlu adanya seorang marketing planner yang berguna untuk menyusun segala jenis perencanaan marketing. Penyusunan rencana tersebut tidak bisa disusun tanpa adanya data yang valid. Maka layaknya di sebuah tim yang idela, seluruh anggota di dalam tim tersebut harus bekerja sama untuk menyediakan data-data penting dari riset agar seorang planner bisa menyusun langkah-langkah konkret untuk melakukan branding agar bisa tepat sasaran dan tujuan perusahaan bisa tercapai.

Baiknya mereka yang ingin berada di dalam tim branding perlulah memiliki pengalaman yang cukup di dunia marketing, agar tidak terjadi kebingungan yang bisa menghambat proses marketing dari sebuah perusahaan.

Baca Juga: Alasan Perusahaan Membutuhkan Agensi Penyedia Jasa Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency disini.