30 November 2021

Tingkatkan awareness dengan social media management.

Perkembangan tools digital semakin cepat dan beragam, karena itu memerlukan social media management bagi bisnis Anda. Mengingat satu iklan saja bisa jadi memerlukan berbagai jenis tools untuk mengoptimalkannya, mulai dari bikin konten hingga memantau ads. Kunci optimasi dalam marketing atau pemasaran berbasis dunia digital adalah mampu mengalokasikan anggaran secara tepat. Anggaran tersebut meliputi penggunaan iklan, membeli berbagai aset perlengkapan pemasaran, dan mengelola tim ahli. Tim ahli juga harus terintegrasi, sehingga Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengontrolnya secara efisien. Karena apabila tidak demikian, akan sulit memastikan bahwa kontennya ready dan bisa menggaet audiens menjadi konsumen dalam waktu cepat atau sesuai perencanaan.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kemasan Produk Unik untuk Brand Anda

Memahami Social Media Management Bagi Perkembangan Bisnis

Manajemen adalah pengelolaan, apabila membicarakan tentang sosmed manajemen berarti membicarakan pengelolaan segala hal terkait sosial medianya. Mulai dari mengelola konten, tools terkait nya, tim, serta bagaimana optimasinya. Tujuan dari pengelolaan tersebut adalah mendapatkan optimasi dalam penjualan, mengingat tujuan setiap posting adalah marketing atau pemasaran. Melalui setiap postingan di media sosial, diharapkan akan terbangun branding, awareness, hingga ketertarikan membeli produknya. Ada banyak sekali kegiatan agar bisa mengoptimalkan sosial media bisnis Anda, mulai dari menjadwalkan posting, membuat desain konten, riset pasar, meriset konten, hingga memaintain sosial medianya. Seperti berinteraksi dengan followers atau merespons permintaan followers.

Social media management berusaha agar mengoptimalkan seluruh proses dan kegiatan tersebut berjalan secara optimal. Gambaran paling mudahnya adalah, ketika ada jadwal posting, seluruh perangkatnya juga harus tersedia, mulai dari gambar, desain, dan captionnya. Selain membuat konten rutin, juga harus mengelola ads atau iklan, mengingat dalam pemasaran digital, iklan memiliki peranan penting dalam menjangkau audiens. Agar ads bisa optimal harus melakukan riset pasar, riset jangkauan, dan besaran anggaran setiap harinya.

 Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Social Media Management

Pertanyaan pertama yang pastinya terlintas adalah mengapa harus memilikinya? Bukankah satu orang atau pemilik bisnis saja cukup mengontrol seluruh proses tersebut? Jawabannya adalah optimasi serta efektivitas dalam menjalankan bisnisnya, berikut detailnya.

1. Menghemat Waktu Pengelolaannya

Memikirkan konten setiap hari tentu membutuhkan waktu sangat lama, namun apabila bisa membuatkan kalender dan mengatur persiapan kontennya bisa berjalan lebih efisien. Terlebih untuk event – event terbatas, bisa juga mendesain agar kontennya lebih seragam.

2. Meningkatkan Jangkauan Pasar

Jangkauan pasar menjadi salah satu keunggulan penting ketika bisa mengoptimalkan pemasaran digital. Pada dasarnya setiap postingan di sosial media mampu dilihat oleh seluruh orang di berbagai penjuru dunia, dengan iklan bisa lebih cepat dan terkonsentrasi.

3. Pelayanan Customer Lebih Optimal

Memiliki tim sendiri yang fokus menangani maupun melayani pelanggan bisa meningkatkan performa layanannya. Respons cepat adalah salah satu bentuk pelayanan prima paling ditunggu – tunggu, selain itu bisa juga memberikan solusi lebih baik apabila ada pelanggan komplain.

4. Bisa Memahami Audiens Lebih Baik

Keunggulan memiliki social media management adalah bisa memahami audiens lebih baik lagi, bentuknya adalah mengetahui bagaimana perilaku audiensnya. Melalui pemahaman ini bisa memikirkan strategi pemasaran yang lebih baik lagi dan tepat sasaran.

5. Kontrol Menjadi Lebih Efisien

Akan sulit mengontrol apabila semuanya dikerjakan secara manual, memiliki pedoman atau sistem manajemen efektif bisa membuat kontrol lebih mudah dan terarah. Sebagai seorang pemilik bisnis sekaligus manajer, kontrol yang baik akan menghasilkan output baik juga.

Tips Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis Anda

Selain harus memahami bagaimana cara pengelolaannya juga harus memahami tentang cara menggunakannya agar audiens semakin tertarik menjadi konsumen. Untuk bisa menggunakan sosial media secara efektif, berikut beberapa tipsnya.

1. Pastikan Memiliki Desain yang Elegan

Desain atau visual menjadi salah satu syarat penting agar kontennya bisa diterima oleh audiensnya. Mengingat salah satu informasi paling pertama diterima adalah melalui indra penglihatan, sehingga desain menjadi hal penting untuk Anda optimalkan.

2. Buat Konten Sesuai Market

Salah satu tujuan dari social media management adalah memastikan konten selalu tersedia, karenanya optimasi medsos juga harus memastikan kontennya sesuai target pasar. Apabila targetnya adalah orang tua, membicarakan tentang tren kekinian mungkin kurang relevan.

3. Optimalkan Penggunaan Hashtag

Hashtag adalah salah satu teknologi pengelompokan informasi dan konten sehingga konten sejenis bisa mudah ditemukan. Melakukan optimasi bisa membuat postingan Anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh orang lain yang memiliki ketertarikan sama

4. Buat Konten Kaya Engagement

Konten kaya engagement contohnya adalah konten yang membuat orang lain ingin meninggalkan komentar, menyukai, membagikannya ke teman – temannya, atau menyimpan kontennya. Ada beberapa jenis, seperti konten menghibur, informatif, atau bermanfaat.

Tools Social Media Management untuk Bisnis Anda

Sebenarnya tiap medsos sudah dibekali berbagai tools untuk optimasi manajemen kontennya, tetapi dalam bisnis, bisa saja memiliki lebih dari satu medsos. Contohnya pemilik bisnis Ponsel Second memiliki instagram, facebook, twitter, atau Whatsapp Bisnis.

1. HootSuite

Ingin menjadwalkan postingan setiap hari tanpa takut terlewat dan mengaturnya setiap hari, bisa menggunakan hootsuite. Selain membantu melakukan posting, juga bisa membantu melihat traffic setiap kontennya, sehingga bisa membantu analitis juga. Keunggulan menggunakan tools ini adalah Anda tidak harus memeriksa sosial media satu persatu untuk melakukan posting, mengelola komentar atau melihat performanya. Tinggal memantau menggunakan satu aplikasi semuanya bisa beres, efisiensi dalam bekerja.

2. Buffer

Ingin liburan selama beberapa hari tetapi memiliki jadwal posting di waktu tersebut? Tentu tidak ingin suasana liburan tercampur dengan pekerjaan, karenanya harus memiliki tools yang membantu posting otomatis sesuai jadwal dan waktunya. Penggunaan buffer adalah tools terbaik bagi Anda ketika memiliki masalah ini, karena dalam tools tersebut tidak hanya tentang jadwal posting, tetapi bisa melakukan integrasi postingan sesuai jadwalnya. Tools ini cocok agar Anda tidak terus terpaku pada sosmed saja.

3. SocialOomph

Kata kunci menjadi salah satu material mahal dalam pembuatan konten, karena dengan kata kunci tepat, bisa membawa traffic tinggi. Contohnya popularitas Squid Game, konten dengan kata kunci Squid Game lebih populer dibandingkan konten lainnya.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Digital Marketing untuk Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Anda

Mengembangkan sosial media memang menjadi keharusan apabila ingin bersaing ke dunia digital. Tetapi ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari mengelola aset, membuat desain, serta mengarahkan tim. Agar lebih efektif, harus memiliki social media management. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!