18 March 2021

Sosial media menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam memasarkan suatu produk dari usaha yang dilakukan oleh seorang pengusaha.

Banyak orang yang mengatakan bahwa sangat mudah memasarkan produk di sosial media. Namun, pada saat berada di lapangan akan terdapat berbagai macam kendala yang akan dialami. Maka dari itu, seseorang yang melakukan pemasaran melalui sosial media memerlukan social media planning untuk mencapai target keuntungan yang nantinya akan didapatkan melalui pemasaran berbasis online. Lalu, bagaimana cara membuat perencanaan pemasaran melalui sosial media? Apa sajakah yang perlu dilakukan? Mari simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Jasa SEO

Bagaimana Cara Merancang Sosial Media Planning?

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai perencanaan pemasaran melalui sosial media, diantaranya :

1. Kenali produk Anda

Anda sebagai seorang pemilik dari sebuah usaha atau pengusaha haruslah mengetahui brand atau produk yang Anda produksi. Terdapat hal-hal yang diperlukan untuk menjadi ciri khas dari produk tersebut. Hal itu bisa dimulai dari aspek pengemasannya atau dari produk yang dihasilkan. Berikan penonjolan yang berarti pada produk tersebut sehingga masyarakat pun memiliki pemikiran tersendiri terhadap produk itu. Adanya ciri khas maka semakin mudah produk Anda dikenali dan diingat oleh masyarakat luas.

Tidak hanya itu, sebagai pengusaha Anda juga harus mengetahui kondisi dari produk-produk yang diproduksi. Seperti halnya, kemasan produk yang memerlukan penggantian dan disesuaikan dengan lingkungan atau perkembangan lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan evaluasi secara berkala pada produk usaha yang Anda miliki.

2. Analisis konsumen

Sebelum merambat lebih detail ke dalam social media planning, Anda perlu menganalisis konsumen yang dapat Anda targetkan sesuai dengan produk yang Anda buat. Hal itu dapat dianalisis berdasarkan gender, usia, pekerjaan, ataupun lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar konsumen yang nantinya dapat menggunakan atau mengkonsumsi produk usaha Anda. 

3. Analisis kompetitif

Analisis kompetitif juga menjadi komponen penting dalam suatu perencanaan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kekhasan atau faktor pembeda antara produk yang Anda produksi dengan produk yang diproduksi oleh badan usaha lainnya. Oleh karena itu, diperlukan ide kreatif dan inovatif yang kental.

Selain itu, kuantitatif dari kompetitor pun menjadi komponen yang penting. Semakin banyak kompetitor dalam usaha Anda maka akan semakin besar pula usaha yang diperlukan supaya produk Anda dapat bersaing di pasaran bersamaan dengan kompetitor.

4. Optimalisasi akun dan lakukan pengaturan

Untuk melakukan pemasaran secara online, hal yang tentunya dibutuhkan pertama kali adalah akun dari sosial media. Anda juga perlu melakukan pengaturan pada akun sosial media tersebut menjadi akun bisnis misalkan untuk memberikan kepercayaan untuk pertama kalinya bagi konsumen bahwa akun yang Anda gunakan benar-benar akun bisnis. Anda juga perlu mengoptimalkan penggunaan akun tersebut

5. Mission statements

Pernyataan misi umum ini menjadi salah satu bagian dari social media planning yang dapat mendukung pemasaran Anda di media sosial. Hal yang dapat Anda lakukan yakni dengan adanya kata yang nantinya akan merujuk pada katalog produk atau situs website yang Anda miliki.

6. Persiapkan metrik

Metrik menjadi jalan yang dapat digunakan untuk memberikan petunjuk mengenai daya kerja sosial media. Hal ini diperlukan oleh beberapa pelaku usaha atau badan usaha dikarenakan adanya anggaran yang diperlukan dalam menjalankan pemasaran melalui media sosial.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan pelacakan terkait dengan kebenaran hal-hal yang telah dilakukan. Terdapat beberapa komponen metrik yang dianggap penting seperti tingkat konversi, waktu yang dihabiskan pada website, brand mentions, dan lain-lain.

7. Buat konten yang menarik

Langkah terakhir yang dilakukan sebagai perencanaan pemasaran produk melalui sosial media yakni dengan adanya konten yang menarik baik itu di feed media sosial yang digunakan maupun di bagian website. Konten ini dapat berupa hanya postingan gambar, kata-kata terkait dengan produk Anda, ataupun berupa video yang mengandung unsur pemasaran produk. Hal itu dapat Anda kemas sekreatif mungkin untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk yang Anda produksi.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai social media planning sederhana yang dapat dilakukan. Pemilihan alternatif dalam pemasaran produk usaha didasarkan oleh kemampuan pelaku atau badan usaha yang menjalankan. Maka dari itu, pilihlah strategi khusus yang tentunya dapat memajukan usaha yang dilakukan.

Baca Juga: Mengapa Anda Membutuhkan Social Media Strategist Untuk Brand Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!