07 February 2020

Sponsorship merupakan salah satu bentuk dari marketing event.

Marketing event merupakan salah satu media atau bauran komunikasi pemasaran yang bisa dimanfaatkan sebagai media branding maupun promosi.

Pada kegiatan sponsorship biasanya perusahaan menyumbangkan sebagian dana untuk digunakan panitia penyelenggara acara dengan memperoleh timbal balik sesuai kesepakatan antara panitia acara dan perusahaan.

Baca Juga: Rebranding Produk, Cara Ampuh Mencari Pelanggan Baru

Menyumbangkan atau memberikan sebagian dana tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap suatu acara tertentu. Bentuk dukungan atau sponsor perusahaan terhadap suatu acara tidak hanya ditunjukkan dengan pemberian uang tunai, tetapi juga bisa ditunjukkan dalam hal yang lainnya misalnya menyediakan lokasi acara, menyediakan fasilitas peralatan yang dibutuhkan, sampai menyediakan tenaga pembantu demi kelancaran acara tersebut.

Benefit Sponsorship

Semua bentuk dukungan tersebut akan memperoleh timbal balik dari panitia acara. Beberapa benefit atau keuntungan yang ditawarkan panitia penyelenggara acara atas dukungan atau sponsor perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Pemasangan logo perusahaan atau brand di lokasi acara, misalnya pada backdrop, podium, poster acara, co-card panitia dan peserta, goodie bag ataupun bingkisan lainnya.
  2. Peliputan media massa.
  3. Penyebutan nama perusahaan atau brand secara lisan oleh MC selama acara berlangsung.
  4. Tiket free-pass masuk ke dalam acara dan izin melakukan promosi langsung di dalamnya.
  5. Booth atau tempat untuk mendirikan stan perusahaan yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi penjualan produk langsung maupun penyampaian informasi terkait brand.
  6. Waktu dan tempat untuk melakukan presentasi dan promosi selama acara berlangsung.

Dan hal lainnya yang biasanya akan diinformasikan oleh penyedia acara.

Manfaat Sponsorship Pada Strategi Branding

Sponsorship sebagai salah satu media komunikasi pemasaran tentu dilakukan demi mendapatkan keuntungan dari kacamata bisnis. Perusahaan yang memberikan dukungan tertentu mentargetkan suatu efek atau mengharapkan suatu manfaat terhadap brand atau produk yang dimilikinya.

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh ketika melakukan sponsor perusahaan pada suatu event tertentu:

  1. Keikutsertaan suatu brand pada acara tertentu bisa mendorong citra positif brand atau produk. Masyarakat akan menganggap brand memiliki kepedulian sosial dan tanggap akan lingkungan sekitar.
  2. Melalui marketing event memungkinkan brand untuk berinteraksi secara langsung dengan target konsumennya.
  3. Interkasi secara langsung dengan target konsumen membuat orang yang belum tahu terhadap brand menjadi tahu, dan yang sudah tahu menjadi lebih dekat.
  4. Interaksi secara langsung dengan brand juga bisa meningkatkan brand association yang artinya individu memiliki asosiasi tertentu terhadap brand sehingga ia merasa memiliki pengalaman lebih terhadap brand dibandingkan dengan pesaingnya.
  5. Melalui taktik yang tepat, kegiatan sponsorship bisa mendorong penjualan. Penjualan bisa dilakukan secara langsung selama acara berlangsung dengan memberikan promosi tertentu, atau memberikan voucher belanja yang mendorong pembelian produk di lokasi atau waktu yang lain.

Tips Melakukan Sponsorship

Kegiatan sponsor perusahaan memang memberikan banyak manfaat baik langsung maupun tidak langsung. Berikut beberapa tips agar kegiatan sponsorship bisa memberikan dampak atau manfaat yang signifikan :

  1. Memilih event yang akan didatangi target konsumen perusahaan.
  2. Karakter event sesuai dengan image atau citra brand.
  3. Dukung acara dengan promosi pada media lain, khususnya media sosial.
  4. Sponsorship jangan hanya dilakukan 1 kali agar efeknya tidak menguap dan hilang dengan cepat.
  5. Selain dukungan media promosi, dukung sponsorship dengan kegiatan promosi yang lain.
  6. Undang media massa atau kirimkan press release untuk meningkatkan pemberitaan positif.

Itulah beberapa informasi terkait sponsorship yang merupakan salah satu media komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kualitas brand atau mendukung strategi branding. Perusahaan harus memperhatikan hal-hal di atas agar kegiatan sponsorship memberikan dampak atau manfaat yang maksimal.

Baca Juga: Merubah Citra Perusahaan dengan Melakukan Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.