17 August 2020

Untuk menjadi brand pertama yang muncul di benak konsumen saat hendak membeli suatu produk, perusahaan harus menciptakan brand top of mind sebagai strategi brandingnya.

Ketika membeli suatu produk misalnya mie instan, apa merek yang pertama kali terlintas di benak Anda? Ingatan akan nama brand saat Anda membutuhkannya menandakan hubungan yang sangat erat antara perusahaan dengan Anda selaku konsumen. Itulah efek dari brand top of mind.

Baca Juga: 5 Tips Penting Untuk Menciptakan Brand Experience yang Memorable

Bila digambarkan secara sederhana, brand top of mind mencerminkan popularitas tertinggi. Brand terbaik yang berhasil mengalahkan brand lainnya terutama dari segi pemasaran dan penjualan.  Menariknya, untuk sampai ke level tertinggi seperti ini, butuh kerja keras dan usaha yang besar dari perusahaan.

 

5 Strategi Branding untuk Mencapai Brand Top of Mind

Kerja keras memperkenalkan brand ke pasaran dikenal sebagai strategi branding. Tujuannya agar konsumen menyadari potensi dan kualitas dari produk yang ditawarkan. Sehingga mendorong kegiatan konsumsi dalam skala kecil, menengah hingga skala besar-besaran.

Lebih lanjut mengenai strategi branding untuk menghasilkan kekuatan dan popularitas brand, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mengkaji Kebutuhan Konsumen

Sebelum memasarkan produk ke pasaran, perusahaan harus melakukan pengkajian dan pengujian terlebih dahulu. Jangan sampai produk yang dipasarkannya memiliki lebih banyak kekurangan dibandingkan brand lainnya.

Terkecuali jika pasar yang dibidik merupakan konsumen kelas menengah ke bawah yang lebih banyak melihat harga dan fungsional produk daripada kualitasnya. Misalnya, Anda membangun perusahaan smartphone dan meluncurkan ponsel terbaru dengan rentang harga jual Rp 2 juta- Rp 3 juta.

Selain menyematkan kamera profesional, layar lebar dan memori yang luas. Apa lagi yang harus disematkan? Cobalah kaji kebutuhan smartphone di rentang harga tersebut. Sehingga Anda bisa menelurkan produk yang diterima dan disukai oleh konsumen bukan kebalikannya.

2. Membangun Brand Experience untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Ketika brand berhasil memenuhi kebutuhan konsumen, tingkatan loyalitas pelanggan umumnya akan meningkat. Faktanya, semakin banyak pelanggan yang setia dan membeli produk Anda semakin besar pula kekuatan dan popularitas brand di mata konsumen.

Mereka tidak akan berpikir dua kali untuk menggunakan bahkan menawarkan produk Anda ke teman, kerabat bahkan partner kerja. Beberapa konsumen bahkan bertindak emosional dengan menjelaskan kelebihan produk bersangkutan meskipun tidak diminta.

3. Melakukan Inovasi Tanpa Henti

Cara lain yang bisa diusahakan perusahaan agar brand-nya selalu teringat di kepala pelanggan adalah inovasi tanpa henti. Rangkul teknologi modern bukannya menghindarinya.

Semakin up to date perusahaan Anda semakin baik untuk mendapatkan atensi dari konsumen.  Seperti Samsung yang melakukan inovasi unik dengan menciptakan smartphone lipat. Semakin banyak inovasi pertama yang Anda sematkan pada sebuah produk, semakin mudah brand terngiang di otak pelanggan.

4. Menggunakan Iklan Promosi yang Kreatif

Menjadi brand top of mind merupakan idaman banyak perusahaan. Sebagai peringkat tertinggi tandanya produk yang Anda jual dan pasarkan diterima sangat baik oleh konsumen. Meskipun harga dinaikkan, pelanggan menerimanya dengan baik dan menganggapnya sebagai hal yang wajar.

Cara terbaik untuk menciptakan dan mempertahankan popularitas brand cukup tampilkan iklan promosi yang kreatif. Jika memungkinkan buatlah slogan yang unik dan bisa diingat dengan mudah oleh konsumen.

5. Buat Kampanye Unik untuk Produk Baru

Sebagai perusahaan yang seringkali berinovasi, jumlah produk yang brand Anda luncurkan tentu bukan hanya satu atau dua. Usahakan untuk melakukan kampanye unik ketika meluncurkan produk baru.

Undang wartawan dan pilih brand ambassador yang memiliki citra positif. Dengan kampanye unik, tidak hanya menciptakan brand top of mind. Penjualan produk baru pun bisa didongkrak hingga memenuhi kuota yang telah direncanakan sebelumnya.

Itulah lima strategi branding yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan sekaligus mempertahankan brand top of mind. Perjalanan bisnis memang tidak selalu menyenangkan, terkadang brand Anda kalah oleh brand kompetitor. Namun dengan berusaha dan kerja keras, Anda bisa merebut kembali julukan brand nomor satu.

Baca Juga: 6 Cara Branding yang Menarik dan Cepat Diingat Konsumen

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.