29 April 2020

Pandemi COVID-19 di Indonesia yang terjadi pada kuartal awal tahun 2020 melumpuhkan cukup banyak perusahaan.

Padahal masalah bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dirubah dari sisi strategi.

Bisa kita lihat sendiri di sekitar kita banyak para pebisnis yang merugi akibat pandemi yang berkepanjangan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pun secara keseluruhan melemah. Hal ini akan berdampak buruk pada perusahaan jika tidak ada backup planning seperti rencana branding darurat.

Baca Juga: Contoh Rencana Strategis Perusahaan Untuk Meningkatkan Branding

Strategi Branding Perusahaan Pasca Pandemi

Semangat para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya mengalami penurunan ketika krisis seperti saat ini. COVID-19 telah membuat lemah ekonomi Indonesia, yang secara tidak langsung berdampak pada cashflow perusahaan.

Namun hal tersebut tidak boleh dijadikan sebagai alasan perusahaan untuk patah semangat. Masih ada cara lain kok, yang bisa digunakan untuk melancarkan kegiatan usaha, yaitu branding.

Strategi branding perusahaan yang dapat dilakukan di masa darurat diantaranya sebagai berikut:

  1. Utamakan komunikasi

Krisis yang disebabkan oleh COVID-19 membuat banyak pihak panik. Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh brand adalah berkomunikasi dengan para pelanggan. Dibutuhkan kejelian perusahaan agar bisa menangkap berita yang sedang trending seperti Novel Coronavirus. Yang selanjutnya dirubah menjadi “kesempatan”  untuk tidak terjebak dalam situasi yang kurang menguntungkan.

  1. Aktifkan semua media online milik perusahaan

Novel Coronavirus mengancam masyarakat melalui kontak fisik antara manusia satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, media online menjadi salah satu pilihan terbaik perusahaan untuk mengakses para pelanggan.

Jika sebelumnya perusahaan belum secara maksimal merambah media online, usahakan untuk membuka semua platform yang memungkinkan. Media online bukan hanya berbentuk media sosial, namun juga bisa berbentuk portal pembayaran online, dan lain sebagainya.

  1. Tetaplah beriklan walaupun market tidak sedang dalam keadaan baik

Mungkin banyak orang yang mempertanyakan pentingkah pengiklanan yang dilakukan oleh perusahaan ketika krisis seperti ini. Padahal kita tahu sendiri biaya pengiklanan selalu menghabiskan sekian persen dari biaya yang telah dianggarkan perusahaan.

Pengiklanan sebisa mungkin tidak dihentikan, walaupun harus menggunakan media lain yang lebih murah. Keharusan beriklan ketika sedang krisis adalah agar para pelanggan setia tidak beralih ke brand lain. Karena seperti saat ini, pelanggan cenderung memperhatikan perusahaan yang sering on-air daripada mengutamakan kesetiaan mereka terhadap satu jenis produk saja.

  1. Tawarkan bantuan kepada para pelanggan

Kepada para pelanggan setia, sudah saatnya perusahaan melakukan hal lain yang dapat membuat mereka bertahan. Strategi branding perusahaan selanjutnya adalah menawarkan bantuan.

Saat-saat pandemi COVID-19 seperti ini membuat banyak orang yang butuh bantuan dalam segi apapun. Perusahaan bisa berinisiatif seperti memberikan diskon harga bagi para pelanggan, menyediakan produk terbaru sesuai dengan barang yang paling dibutuhkan saat ini, hingga menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada pihak yang membutuhkan.

  1. Utamakan kemanusiaan, kesampingkan kompetisi

Indonesia sedang berduka dengan adanya ribuan orang yang terjangkiti virus COVID-19. Saat ini yang paling dibutuhkan pelanggan adalah kerjasama dalam hal kemanusiaan dan gotongroyong menangani pandemi.

Sebagai sebuah brand wajar saja jika perusahaan selalu berhasrat untuk menjadi unggul daripada yang lainnya. Namun ada saat tertentu juga perusahaan harus menekan sebisa mungkin hasrat tersebut. Karena sepertinya di saat seperti ini jika perusahaan ingin berkompetisi, malah akan dipandang buruk.

Dengan berbagai strategi branding perusahaan yang telah kami sebutkan, bukan tidak mungkin perusahaan akan tetap bisa bertahan dalam situasi yang genting. Menjadi brand yang tanggap situasi akan sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk bisa tetap berdiri tegak di saat musibah Corona.

Baca Juga: Cara Branding Produk Di Sosial Media

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.