15 September 2021

Strategi digital marketing dapat menyukseskan bisnis Anda

Ada banyak sekali strategi untuk pemasaran yang bisa dilakukan, salah satunya strategi digital marketing. Para pemilik bisnis sepatutnya harus mempelajari beraneka macam strategi pemasaran ataupun strategi marketing. Strategi pemasaran secara digital juga memiliki berbagai macam jenis, yang tentunya harus dipilah mana yang cocok dan mana yang tidak untuk bisnis Anda. Untuk memilih kecocokan strategi pemasaran digital terhadap bisnis, tentunya harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bisnis, produk, dan demografi. Strategi pemasaran digital tentu harus melalui proses peninjauan terlebih dahulu, untuk memeriksa kesiapan dan kemampuan perusahaan dalam mengelola titik sentuh digital. Bagaimanapun juga, strategi digital marketing yang digunakan secara efektif akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menyukseskan bisnis secara online. 

Baca Juga: 6 Tips dalam Meningkatkan Engagement Rate Marketing pada Instagram Bisnis

Apa Itu Digital Marketing? 

Digital marketing merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis, yakni dengan cara mempromosikan bisnis secara online. Ada puluhan strategi yang berbeda dan dapat menjadi bagian dari proses tersebut, yang tentunya sudah dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek serta secara konsisten mengembangkan sebuah bisnis. Digital marketing juga merupakan semua upaya pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan perangkat elektronik atau internet.

Caranya adalah memanfaatkan saluran digital, misalnya saja seperti search engine, email, media social, dan juga situs web lainnya. Tujuannya adalah agar bisnis bisa terhubung secara langsung kepada para pelanggan saat itu juga atau dalam waktu yang sudah Anda tentukan. Digital marketing merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut berbagai macam taktik yang digunakan untuk menarik para pelanggan melalui online, dan tentunya bertujuan agar para pelanggan membeli produk ataupun layanan yang Anda sediakan. Anda dapat memasarkan produk maupun layanan secara online kepada para pelanggan, misalnya saja melalui media social maupun situs web yang dirasa paling potensial. 

Strategi Digital Marketing Yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Anda

Setidaknya ada empat macam strategi digital marketing yang bisa Anda aplikasikan di setiap bisnis yang dimiliki. Tentunya sebelum itu, Anda wajib mengenal satu per satu strateginya untuk menentukan pilihan mana yang cocok untuk diaplikasikan pada bisnis Anda. Berikut adalah empat strategi pemasaran digital beserta penjelasannya:

1. Blogging

Strategi digital marketing yang menjadi legendanya digital marketing adalah blogging, karena sudah sejak lama digunakan untuk kepentingan bisnis. Namun sayangnya, dari dulu hingga sekarang masih banyak yang belum sadar bahwa blog bisa dijadikan alat untuk melakukan pemasaran. Akhirnya, belum banyak yang menggunakannya. 

Untuk memanfaatkan strategi blogging untuk pemasaran, Anda perlu melibatkan penulis dan penerbit konten online, yang tentu saja topiknya harus relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Ternyata blogging ini bisa membantu bisnis Anda untuk menghasilkan lebih banyak prospek. Karena, dapat meningkatkan visibilitas secara online dan juga memberikan informasi menarik untuk membantu pelanggan untuk membuat keputusan pembelian yang pintar serta cerdas. 

2. Sosial Media Marketing

Selanjutnya ada social media marketing yang juga merupakan bagian dari strategi pemasaran digital untuk semua tingkatan maupun ukuran bisnis. Mengapa social media bisa dijadikan strategi pemasaran? Hal ini dikarenakan pengguna media sosial sangatlah banyak, yang tentunya bisa digunakan untuk melebarkan sayap dan juga mendapatkan pelanggan dari seluruh penjuru negeri. 

Tentunya ini akan sangat merugikan jika sampai dilewatkan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk memanfaatkan social media. Anda hanya perlu mengisinya dengan konten yang menarik dan tentunya relevan dengan bisnis yang sedang Anda jalani, untuk keperluan pemasaran. Untuk social media yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran adalah sebagai berikut ini:

  • Facebook
  • Instagram
  • TikTok
  • Twitter, dll. 

3. Email Marketing

Di urutan ketiga untuk strategy digital marketing ada email marketing yang bisa dijadikan cara efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan Anda. Setiap orang pastinya mempunyai satu email bahkan lebih untuk kepentingan pribadi atau komersil. Banyak orang yang benar-benar suka mendengar perihal bisnis melalui konten email. Jadi, pastinya email marketing bisa dijadikan salah satu strategi pemasaran secara digital yang memuaskan. 

Namun, tidak semua alamat email bisa Anda kirimi konten pemasaran, ya, karena hanya mereka yang berkenanlah yang bisa Anda kirimi. Pasalnya, jika sembarang orang Anda kirimi, bisa jadi mereka menganggap email dari Anda adalah spam yang mengganggu sehingga menghilangkan ketertarikan mereka terhadap brand Anda. 

4. Pay-Per-Click Ads

Terakhir, ada pay-per-click Ads yang juga bisa dimanfaatkan sebagai media melakukan marketing secara digital. Strategi ini biasa disebut juga dengan PPC, yang merupakan strategi digital marketing mumpuni dan bisa membantu meningkatkan visibilitas online. Iklan PPC merupakan iklan yang muncul di bagian atas halaman mesin pencari alias search engine yang biasa Anda temui ketika mencari sesuatu di Google atau browser lainnya. 

Anda bisa memanfaatkan strategi ini dengan cara membuat iklan melalui iklan Google. Biasanya dengan menawarkan kata kunci atau keyword yang relevan dengan bisnis Anda. Ketika pelanggan mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian misalnya Google. Mereka akan melihat iklan Google dari bisnis Anda di bagian atas halaman pencarian.

Baca Juga: Ketahui! Ini 5 Manfaat Google AdWords

Itulah informasi tentang strategi digital marketing yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Di masa pandemic seperti sekarang ini yang mengharuskan untuk mengurangi interaksi secara langsung pada sesama. Dengan menggunakan strategi ini, Anda bisa menjangkau pasar secara lebih luas lagi, karena media yang Anda gunakan seperti media social juga diakses oleh banyak user atau pengguna. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!