...

Tersingkap, Strategi Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

“Bisnis yang terus mengalami perkembangan merupakan salah satu pencapaian yang harus diraih oleh seluruh para pengusaha.”

Anda perlu mempelajari salah satu hal, yakni strategi digital marketing. Tak main-main, strategi ini sangat berpengaruh untuk usaha di era serba digital ini.

Baca Juga: Pentingnya Elemen Visual dalam Strategi Branding Anda

Mengapa harus pemasaran digital? Bukankah masih banyak strategi pemasaran lainnya yang bisa digunakan? Jika Anda bertanya seperti itu, pasti Anda belum mengetahui manfaat dari strategi ini. Manfaatnya berupa luasnya target pasar, waktu dan biaya minim, efektif dan mobile friendly, membangun brand awareness, dan juga meningkatkan konversi dan ROI.

Strategi Digital Marketing yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang didapatkan dari strategi digital marketing, pasti Anda penasaran dengan berbagai macam strateginya, bukan? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, simak informasi di bawah ini:

1. Mempelajari SEO

Bagi Anda yang belum tahu tentang strategi ini, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang bisa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi mesin pencarian Google untuk merekomendasikan bisnis Anda. Nah, bagi Anda yang sudah memiliki aset digital seperti business site, toko online, blog, website, dan saluran digital lainnya, sangat wajib untuk mempelajari SEO.

Bagi pemula, pasti akan merasa kesulitan untuk mempelajari SEO, namun Anda hanya perlu mempelajari dasar-dasarnya saja (lebih dalam lebih baik). Pasalnya, calon pelanggan sangat berpotensi mencari informasi tentang berbagai hal melalui mesin pencari Google.

Nah, dengan SEO, bisnis Anda berpotensi tampil di halaman pertama pencarian Google, sehingga kemungkinan dikunjungi oleh orang sangat besar. Dengan demikian, peluang Anda mendapatkan pelanggan jauh lebih besar dan tentunya juga berdampak pada perkembangan bisnis.

2. Menerapkan SEM

Search Engine Marketing atau SEM sangat berbeda dengan SEO, meskipun namanya hampir mirip. Namun, SEM merupakan cara untuk meningkatkan visibilitas website bisnis Anda pada halaman pencarian. SEM sendiri lebih berfungsi sebagai strategi promosi dan meningkatkan visibilitas melalui penelusuran berbayar.

Nah, jika ingin menggunakan strategi digital marketing yang maha dahsyat, Anda bisa mengkolaborasikan SEO dan SEM bersamaan, karena hasilnya memuaskan.

3. Promosi dengan Google AdWords

Selanjutnya adalah menggunakan Google AdWords sebagai media promosi. Seperti namanya, media pemasaran ini disediakan oleh pihak Google yang memungkinkan Anda untuk menentukan target pasar berdasarkan keyword, lokasi, dan demografi si target.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan strategi pemasaran ketiga ini adalah:

  •   Traffic dengan target yang tepat
  •   Mendapatkan pengunjung sesuai niche
  •   Meningkatkan penjualan sehingga dapat mengembangkan bisnis

4. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang menggunakan konten sebagai penarik pelanggan. Konten yang dimaksud ialah konten yang memiliki nilai informatif dan sesuai dengan pencarian pelanggan.

Strategi ini memiliki tujuan khusus, yakni membangun loyalitas pelanggan terhadap brand atau usaha Anda. Hal tersebutlah yang berpotensi mendorong penjualan produk atau jasa dari usaha Anda.

Dalam bahasa sederhana, sebenarnya strategi ini mengharuskan Anda untuk menarik konsumen di internet melalui konten-konten yang Anda bagikan melalui website atau media pemasaran lainnya. Namun, perlu Anda ingat bahwa untuk menggunakan strategi ini, Anda harus rajin membuat konten, agar pengunjung betah berada di halaman website atau media pemasaran.

Jadi, setelah Anda mengetahui strategi digital marketing yang dapat mengembangkan bisnis, pilihan strategi mana yang akan Anda gunakan? Anda bisa mencoba kelima strategi di atas, jika memang seluruhnya sesuai dengan kebutuhan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba satu strategi, yang penting sesuaikan saja dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Membangun Brand agar Mudah Dikenal dan Disukai

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms