30 November 2020

Reputasi produk suatu Brand dapat dibangun melalui Strategi Endorse

Di dunia bisnis saat ini, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa persaingan antar pemilik usaha menjadi semakin ketat. Para pelaku usaha sudah seharusnya mencari berbagai strategi terbaru agar produknya tetap dapat eksis dan mampu bersaing di pasaran. Salah satu cara yang saat ini banyak diminati ialah melalui perkembangan teknologi maka kini, yakni dengan cara Social Media Endorsement.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Teknik endorse di berbagai media sosial merupakan teknik terbaru dalam mempromosikan suatu produk dengan memfokuskan pada teknik pendekatan pemasaran yang berbaur (Marketing Mix), di mana konsep ini menggunakan pendekatan pemasaran yang mudah, fleksibel dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat dengan berbagai usia dan dari latar belakang tertentu. 

4 Strategi Endorse untuk Kemajuan Bisnis

Strategi endorse merupakan teknik yang paling efisien untuk perkembangan bisnis Anda. Namun, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara menggunakan strategi ini agar hasilnya dapat memuaskan dan menguntungkan, diantaranya adalah:

  • Kenali Keadaan Pasar dan Tentukan Para Konsumen

Sebelum memulai teknik apapun dalam dunia bisnis, tentunya Anda harus mengenali keadaan pasar terlebih dahuu. Apa saja yang diinginkan konsumen saat ini ataupun tren yang sedang marak dan dibicarakan banyak orang saat ini. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada produk yang Anda pasarkan. 

Selain itu, menentukan siapa konsumen Anda juga akan berpengaruh pada strategi bisnis Anda ke depannya. Selain agar mempermudah memfokuskan pada perkembangan produk, jika Anda menggunakan endorse sebagai strategi marketing, tentu akan berpengaruh pada langkah yang akan Anda ambil untuk selanjutnya.

  • Pilih Target yang Sesuai

Anda harus memilih target yang akan diajak kerja sama untuk melakukan strategi endorsement terhadap produk Anda. Dalam hal ini, tentunya target harus sesuai dengan jenis konsumen, dan pada produk yang akan Anda pasarkan. Hal ini agar calon pelanggan lebih mudah untuk diyakinkan untuk membeli produk.

Pilih target sesuai dengan tema produk Anda, seperti para influencer, tokoh berpengaruh ataupun artis dan selebgram terkenal yang memiliki banyak pengemar dan pengikut di berbagai media sosial. Tujuannya agar cakupan promosi terhadap produk Anda menjadi semakin luas.

  • Jumlah Produk Harus Cukup

Jika Anda menggunakan strategi ini dalam hal mempromosikan produk, tentunya Anda harus menyiapkan kemungkinan bahwa produk juga akan mengalami peningkatan permintaan dalam kurun waktu beberapa menit saja. 

Hal ini dikarenakan produk Anda akan langsung dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu, Anda harus memastikan stok produk yang akan Anda jual dapat memenuhi semua permintaan yang akan terjadi, agar bisa segera didistribusikan dan tidak mengecewakan pelanggan yang telah memesan produk Anda.

  • Menyiapkan Budget

Dari semua strategi yang perlu Anda persiapkan, budget untuk endorser juga merupakan hal terpenting. Karena hal ini merupakan bagian dari modal yang perlu  dikeluarkan untuk bisnis Anda. Pastikan budget yang Anda miliki sesuai dengan pendapatan bisnis Anda dan tidak mengganggu ataupun mengurangi kualitas produk yang sudah Anda tawarkan. 

Itulah berbagai strategi endorse di berbagai media sosial sebagai bahan penunjang bisnis Anda. Walaupun strategi ini memiliki banyak sekali keuntungan, terutama agar produk dapat berkembang dan dikenal banyak orang, Anda juga tetap meningkatkan mutu dan kualitas produk. 

Adanya inovasi terhadap produk juga perlu dilakukan agar reputasi yang dibangun oleh orang-orang terhadap produk Anda akan tetap positif dan tentunya mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi. Selamat mencoba!

Baca juga: Mengenal Brand Positioning dan Penerapannya dalam Strategi Branding

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia branding, kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.