27 July 2020

Loyalitas pelanggan penting untuk mempertahankan roda bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, tentunya persaingan akan terasa begitu ketat. Untuk itu, dibutuhkan trik khusus demi meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini begitu penting, sebab konsumen yang loyal dapat menjadi tolak ukur seberapa baik pertumbuhan usaha Anda.

Baca Juga: Minat Konsumen dan Hubungannya Terhadap Produk dan Branding

 

Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Dengan adanya pelanggan tetap yang setia, maka perputaraan roda bisnis akan stabil meski diterpa berbagai kondisi. Namun demikian, menjaga agar konsumen tetap setia adalah hal yang penuh tantangan. Untuk itu, simak beberapa tips berikut agar konsumen tetap setia menggunakan produk atau jasa Anda:

1. Lampaui Harapan

Seperti kita tahu, konsumen selalu menginginkan lebih. Meski produk Anda sudah bagus, mereka selalu ingin lebih baik lagi. Itu sebabnya, Anda wajib melakukan inovasi secara konsisten. Baik meningkatkan kualitas produk, atau melengkapi jajaran produk atau jasa yang ada sehingga lebih menarik bagi konsumen.

Anda pun bisa menambah varian baru agar loyalitas pelanggan tetap terjaga. Konsumen memiliki sifat yang mudah bosan akan sebuah produk. Itu sebabnya, varian pendukung harus dirilis demi menambah banyak ragam pilihan bagi konsumen.

Jika dari sisi produk dirasa sudah tak bisa lagi dikembangkan, maka jangan lupakan sisi layanan purna jual. Supaya konsumen senantiasa merasa dihargai dan tak sungkan untuk melakukan pembelian berikutnya, maka pelayanan Anda haruslah maksimal.

2. Ciptakan Ikatan

Ikatan yang kuat adalah kunci keberhasilan dalam menjaga kesetiaan pelanggan. Kuncinya adalah intensitas komunikasi. Secara berkala, Anda harus menunjukkan sikap yang komunikatif. Hubungi pelanggan Anda terkait barang atau jasa yang mereka beli. Gali sedalam mungkin seberapa puas mereka dengan produk Anda.

Komunikasi yang terjaga membuat pelanggan merasa lebih dihargai. Mereka cenderung merasa memiliki andil dalam pengembangan produk Anda. Itu sebabnya, mereka akan senantiasa menantikan inovasi Anda, dan kembali membeli produk Anda di kemudian hari.

3. Beri Hadiah

Siapa yang tak suka diberi hadiah? Loyalitas konsumen pun dapat ditingkatkan apabila Anda secara rutin membagikan hadiah. Anda bisa membuat strategi khusus agar hadiah yang diberikan tidak memberatkan roda bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda memberikan voucher diskon bagi para pelanggan loyal. Voucher tersebut bisa Anda bagikan ketika meluncurkan produk baru. Dengan demikian, pelanggan akan merasa antusias menyambut produk baru Anda, dan bukan tak mungkin mereka akan merekomendasikannya kepada lingkaran pergaulan mereka.

4. Kartu Anggota

Kartu anggota bisa menjadi sebuah bukti eksistensi sekaligus benda ajaib yang bisa menjaga kesetiaan pelanggan terhadap produk Anda. Sedari awal, berikan kartu anggota kepada pelanggan baru Anda. Di dalam keanggotaan tersebut, sertakan promosi khusus.

Sebagai contoh, khusus member akan mendapatkan hadiah langsung untuk pembelian ke-5 atau ke-10. Dengan cara itu, pelanggan secara sadar atau tidak akan berusaha mengejar target pembelian demi hadiah langsung. Yang pasti, Anda harus meramu program yang menarik bagi pelanggan. Yang paling utama, para pemegang kartu member harus merasa istimewa dan berbeda dengan pelanggan biasa.

5. Jujur

Seperti kata pepatah, kejujuran ibarat sebuah mata uang yang berlaku di mana pun Anda berada. Begitu pula dengan menjaga loyalitas konsumen, kejujuran adalah hal yang penting. Anda mesti jujur dan transparan ketika memberikan informasi tentang sebuah produk.

Kejujuran Anda terkait produk juga harus realistis. Jangan berikan janji yang Anda sendiri tak yakin apakah dapat menunaikannya atau tidak. Sebab, banyak janji yang diingkari akan berdampak pada berhamburnya pelanggan dari depan toko Anda.

Demikian tadi, 5 jurus jitu untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dengan semua tips tadi, perjalanan bisnis Anda diharapkan semakin mulus, karena kesetiaan konsumen yang terjaga. Meski persaingan bisnis begitu ketat, namun pebisnis yang cerdas selalu menempatkan konsumen sebagai peluang berharga.

Baca Juga: Hubungan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.