19 February 2021

Pemasaran atau marketing di dunia digital terkadang cukup sulit dan membingungkan. Untuk menyiasatinya, strategi adalah kunci utama untuk meningkatkan penjualan online. Pasalnya, strategi yang tepat dapat membantu perusahaan mencapai performa terbaiknya.

Baca Juga: Cara Mengembangkan Bisnis Digital Marketing

Tips Online Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Ketika dunia digital mulai merajalela, semua aktivitas bisnis turut mengubah cara pandangnya. Terutama dalam hal menerapkan strategi berbisnisnya. Berikut adalah beberapa strategi yang ampuh digunakan untuk berbisnis di dunia online:

1. Web Design

Desain web mungkin bukanlah taktik marketing yang paling utama. Namun, tampilan situs menjadi pengaruh dan daya tarik terbesar untuk membuat publik mencari tahu tentang produk yang dijual.

Bisa dikatakan, website adalah pusat upaya pemasaran digital Anda. Oleh karena itu, perlu dirancang agar membuat pengunjung senyaman mungkin mencari apa yang mereka inginkan. Disarankan agar situs Anda tetap sederhana, memiliki tombol navigasi yang mudah dipahami, dan tentu saja menarik secara visual.

2. Maksimalkan SEO

SEO adalah bagian yang membantu meningkatkan penjualan online Anda. Dengan menerapkan SEO, maka konten Anda dapat muncul lebih tinggi di halaman pencarian digital. Strategi SEO yang kuat harus diramu dengan kata kunci yang paling sering digunakan oleh pelanggan terkait dengan produk yang Anda jual.

Penerapan SEO tidak terbatas hanya untuk konten atau artikel blog saja. Anda bisa menyisipkan kata kunci dan teknik SEO untuk rilis pers dan disebarkan secara online. Tentunya, media yang dituju harus sesuai dengan bidang bisnis yang Anda lakukan.

3. Email Marketing

Di situs Anda, biasanya ada bagian tertentu di mana pelanggan meninggalkan alamat email mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Manfaatkan hal ini, karena pengunjung yang meninggalkan email bisa dibilang selangkah lagi menjadi pelanggan.

Korespondensi lewat email harus dibuat seprivat mungkin. Sehingga, Anda harus mengirimkan email secara spesifik sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan Anda, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan online Anda.

4. Giveaway

Semua orang suka dengan produk gratis. Anda bisa mencoba skema giveaway untuk membangun pondasi pelanggan. Paling tidak, hanya dengan modal produk gratis, Anda bisa mendapatkan data jenis calon konsumen serta mulai membangun brand image di muka publik digital.

5. Video

Menggunakan video untuk mempromosikan serta memasarkan bisnis Anda secara online ternyata memiliki dampak yang besar. Bukan hal baru bahwa sebuah brand sangat membutuhkan strategi pemasaran audio visual. Tak percaya? Sejak TV mulai digemari, pasti ada iklan berbentuk video, bukan?

Video bukan lagi menjadi sebuah perencanaan pemasaran. Bahkan, bisa dijadikan sebagai aktivitas utama dalam memasarkan produk Anda. Jika Anda tidak menggunakan video, maka Anda akan tertinggal beberapa langkah dengan pesaing Anda yang menggunakan video.

Konten video yang dibuat bisa sebagai pendalaman produk, profil perusahaan, serta video endorse. Luangkan upaya Anda untuk membuat video, dan rasakan dampaknya untuk meningkatkan penjualan online Anda.

6. Iklan

Sebagai upaya terakhir untuk membuat brand Anda dikenal, iklan adalah cara yang paling ampuh. Di dunia digital, ada banyak cara beriklan. Seperti menggunakan landing page, PPC, dan lain sebagainya.

Selain itu, tumbuhnya begitu banyak kreator konten menjadi peluang kerja sama yang layak dicoba. Melakukan podcast ternyata memiliki dampak yang baik untuk membangun citra produk dan mendapatkan audiens untuk bisnis Anda.

Itulah tadi, 6 tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online. Sejatinya, strategi pemasaran yang baik harus dibuat sedemikian rupa untuk bisa berjalan secara sinergis. Karena, tujuan utamanya adalah membuat brand Anda memiliki citra dan tercipta pangsa pasar yang luas untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Pengaturan Penulisan Iklan untuk Google Ads

Ingin meningkatkan penjualan online usaha Anda? Para profesional di Dreambox siap membantu Anda, hubungi kami di sini!