22 April 2020

Strategi public relation merupakan salah satu usaha sosial yang berhubungan dengan masyarakat luas.

Bagi perusahaan, public relation memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesan positif dari konsumen. Public relation ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan dengan skala yang besar saja, tetapi oleh bisnis yang tengah Anda bangun terutama dalam meningkatkan brand image.

Baca Juga: Ingin Memulai Branding? Kenali Macam-Macam Jenis Branding Berikut

Brand image merupakan representasi dari keseluruhan pendapat terhadap suatu brand. Brand ini berhubungan erat dengan sikap berupa preferensi dan keyakinan sebuah brand. Dalam istilah lainnya, brand image adalah apa yang dipikirkan konsumen saat mendengar dan melihat brand produk tertentu baik itu barang atau jasa.

Tentunya membangun brand image memang sangat penting dilakukan jika ingin membuat sebuah produk lebih dikenal dan bisa booming di pasaran. Disini sebuah strategi sangat penting dilakukan dengan benar sehingga meningkatkan produk tersebut di pasaran yang akan lebih mudah dikenal oleh calon pembeli atau konsumen.

Fungsi Dan Tujuan Branding Dengan Strategi Public Relation

Bisnis yang dikembangkan di era globalisasi seperti sekarang ini harus bisa dijalankan dengan baik sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah membangun brand image atau branding. Pengenalan produk biasanya menjadi langkah utama yang penting untuk dilakukan agar produk berupa barang atau jasa yang Anda miliki dikenal oleh konsumen.

Tujuan Dan Fungsi Brand Image

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk ini adalah dengan strategi public relation. Dari brand image sendiri, ada beberapa fungsi dan tujuan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Berperan sebagai pembeda antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain. Perusahaan dengan brand image yang kuat bisa berhasil memenangkan pasar sehingga lebih mudah dibedakan dengan kompetitor.
  2. Brand image bisa menjadi sarana dan daya tarik bagi calon konsumen. Jika perusahaan atau bisnis Anda mempunyai brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Apalagi saat ini para konsumen lebih cenderung memilih brand yang kuat dan loyal terhadap brand yang sama.
  3. Mampu membangun citra, keyakinan, jaminan dan kualitas yang membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah diingat dan dikenal di mata konsumen.
  4. Brand image yang kuat dan berkualitas dipercaya bisa mengendalikan pasar karena masyarakat sudah mengenalnya dengan baik.

Fungsi Public Relation dalam Membangun Brand Image

Pada dasarnya strategi public relation untuk meningkatkan brand image ini bertujuan agar sebuah brand bisa membentuk persepsi masyarakat, membangun rasa percaya masyarakat terhadap brand. Semakin bagus dan kuat brand yang dibangun, loyalitas dan ketertarikan konsumen untuk membelinya semakin tinggi juga.

Secara umum public relation berperan dalam menjaga hubungan baik dengan audience. Tujuan dari public relation adalah membujuk masyarakat, investor, atau perusahaan untuk meyakinkan suatu pendapat terhadap persepsi tertentu. Bisa tentang produk, kepemimpinan, maupun keputusan politik. Kegiatan berupa berbicara di press conference, bekerja sama dengan pers, hingga komunikasi dengan karyawan.

Dalam membangun branding public relation berperan untuk meyakinkan target audience terkait persepsi terhadap produk dan terhadap brand. Public relation juga bisa berperan dalam klarifikasi untuk mengembalikan nama baik sebuah perusahaan.

Selain dengan strategi public relation, dalam meningkatkan brand image Anda bisa menggunakan jasa berbagai media sebagai sarana promosi seperti :

  1. Iklan media massa seperti majalah, tabloid, dan koran
  2. Media promosi cetak seperti poster, banner, brosur
  3. Promosi media internet menggunakan banner website atau program iklan berbayar seperti Google dan Facebook Ads.
  4. Melalui media elektronik seperti televisi dan radio
  5. Promosi media produk seperti kaos, tas dan produk lainnya sebagai merchandise

Dalam meningkatkan brand image, tentu saja strategi public relation adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini menjadi salah satu solusi dalam membuat sebuah produk menjadi lebih terkenal dan proses pemasaran lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Sponsor Perusahaan, Salah Satu Strategi Branding Praktis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.