25 March 2021

Apa yang Anda lakukan di akun sosial media?

Jika selama ini memanfaatkannya untuk hal-hal personal, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkannya untuk bisnis. Tidak hanya sekedar membangun akun bisnis namun juga menerapkan berbagai strategi jitu dalam social media marketing. Simak informasinya berikut ini.
Baca Juga: 
Social Media Planning untuk Pemula

Sekilas Tentang Social Media Marketing 

Sosial media kini tidak hanya dijadikan media untuk saling bertegur sapa dan membangun jejaring online. Namun juga menjadi media untuk memasarkan brand produk maupun jasa dari suatu perusahaan. Jika perusahaan lain melakukannya dan kemudian meraup omset tinggi, maka Anda pun patut mencobanya. Jadi, social media marketing sendiri adalah salah satu jenis teknik pemasaran online yang fokus mempergunakan sosial media. Baik itu Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Saat ini nyaris semua sosial media bahkan menyediakan fitur khusus untuk kemudahan akun-akun bisnis menjalankan strategi marketing. Lalu, strategi seperti apa yang sebaiknya diterapkan para pebisnis? 

Strategi Jitu yang Bisa Diterapkan

Sosial media memiliki prospek cerah untuk dijadikan media pemasaran online, sebab penggunanya banyak. Jauh lebih banyak dibanding platform online lainnya, sehingga pelaku bisnis bisa menjangkau target pasar dengan mudah lewat kampanye promosi apapun di dalamnya. Supaya teknik pemasaran di sosial media tidak memberi hasil kosong maka bisa menerapkan sejumlah strategi jitu berikut ini: 

1. Fokus Utama Membangun Kredibilitas

Membangun akun khusus bisnis di sosial media sangat penting untuk dilakukan, supaya bisa membangun kredibilitas. Hal ini penting karena orang cenderung mencari tahu siapa yang membuat suatu produk secara online. Entah mencarinya di browser agar menemukan websitenya atau ke sosial media populer untuk melihat profilnya secara lebih dekat. Jadi, silahkan membangun brand awareness di sosial media khususnya yang sangat populer dimana jumlah penggunanya sangat tinggi. Mengelola akun agar tampil lebih profesional dan memberikan pelayanan yang terbaik. Mulai dari disiplin membaca komentar di postingan maupun melalui pesan pribadi (DM dan Inbox). 

2. Membangun Relasi

Strategi berikutnya dalam social media marketing adalah dengan mebangun relasi. Bagaimana caranya? Caranya banyak, bisa dimulai dengan mencari calon pelanggan potensial. Bisa secara manual, bisa melihat pengikut dari suatu komunitas yang sesuai, dan sebagainya. Tidak harus mengikuti dulu, bisa dimulai dengan memberi komentar di postingan mereka atau memperkenalkan diri lewat pesan pribadi. 

3. Menyediakan Konten yang Valuable

Konten di sosial media adalah kunci utama, sebab bisa menciptakan citra positif seperti terlihat kredibel, terpercaya, profesional, dan sebagainya. Konten ini tidak hanya tampak menarik namun juga informatif. Jadi, usahakan membuat konten yang memang diperlukan target pasar atau konten yang sifatnya valuable. Sehingga mereka selalu tertarik untuk berkunjung dan melakukan interaksi. 

4. Riset ke Akun Sosial Media Kompetitor

Sosial media juga mempertemukan Anda dengan kompetitor, supaya bisa bersaing sehat maka usahakan menjaga suasana persaingan sehat tersebut. Caranya dengan tetap melakukan riset, mengamati para kompetitor, kemudian mencari celah untuk menyempurnakan teknik promosi mereka. Opsional lain, adalah melakukan sedikit modifikasi terhadap teknik promosi mereka di sosial media. Sehingga Anda tidak perlu repot menentukan social media marketing dari nol. Sebab bisa meniru dan kemudian dimodifikasi agar punya ciri khas dan bebas dari plagiat. 

5. Postingan Berkualitas 

Strategi jitu terakhir adalah terkait postingan, seperti yang dibahas di poin sebelumnya. Konten postingan harus menarik dan informatif, tidak terlupa juga harus berkualitas. Berkualitas disini adalah isi konten memiliki pesan yang dalam dan bermanfaat besar. Sekaligus resolusinya tinggi sehingga tampak jelas alih-alih terlihat buram atau pecah.

Baca Juga: Mengapa Anda Membutuhkan Social Media Strategist Untuk Brand Anda

Melalui strategi yang disebutkan di atas maka pelaku bisnis bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran online. Supaya teknik pemasaran yang diterapkan tidak mengecewakan, maka social media marketing tersebut tentu wajib untuk dicoba. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!