22 July 2020

Berikut dijelaskan cara branding melalui digital marketing strategy.

Sepertinya obrolan mengenai digital marketing strategy masih memenuhi kolom pembicaraan industri bisnis di Indonesia, bahkan di dunia. Perubahan yang begitu dinamis pada teknologi komunikasi dan informasi menjadikan digital marketing dianggap sebagai salah satu strategi yang tokcer untuk membawa sebuah bisnis untuk mencapai target-target yang telah dicanangkan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tagline yang Kuat dan Menarik untuk Bisnis

Salah satunya adalah target branding, atau yang umumnya dikenal sebagai pengenalan brand atau merek kepada pasar. Tapi sudah tahukah Anda bagaimana cara jitu untuk memaksimalkan digital marketing untuk target yang satu ini?

5 Taktik Branding Lewat Digital Marketing

Berikut ini adalah 5 taktik branding yang patut Anda coba untuk strategi digital marketing yang lebih ampuh.

1. Ciptakan identitas brand yang otentik

Kalau melihat logo Apple, apa yang terpikir di benak Anda? Bisa jadi terpikirkan tentang produk unggul, atau perusahaan dengan kualitas dunia, dan mungkin juga akan terpikirkan tentang harga yang di atas rata-rata? Atau jika melihat tagline “Apapun makanannya, minumnya….”, kira-kira apa yang pertama kali muncul dalam pikiran Anda?

Nah, kedua contoh di atas merupakan representasi terbaik dari sebuah identitas brand. Ia biasanya berisi logo, merk, hingga tagline, yang ditujukan untuk memunculkan kesadaran mengenai produk tersebut di tengah-tengah pasar.

Menciptakan identitas brand yang solid sangat penting dalam strategi branding. Sebab nantinya ini akan menentukan apakah brand Anda bisa dikenali dengan baik atau tidak, apakah bisa diingat dan dibedakan dengan kompetitor atau tidak, dan apakah sesuai dengan selera pasar atau tidak.

2. Pilih platform

Kalau dilihat dengan lebih saksama, salah satu tantangan dalam digital marketing strategy adalah memilih platform yang tepat untuk melakukan branding. Namun yang pasti adalah anda harus membuat situs atau akun resmi untuk brand tersebut.

Strategi ini sangat penting untuk memunculkan kredibilitas brand Anda, dengan tidak menggunakan situs atau akun yang abal-abal. Dan jangan lupa untuk mengatur tampilan, menu, dan konten yang ada di dalamnya dengan serius dan berdasarkan kecenderungan pasar. Karena ini sangat mempengaruhi reputasi brand Anda di mata konsumen.

3. Brand value dan brand messaging

Keduanya merupakan inti dari brand Anda, yang ingin disampaikan kepada konsumen. Apa sebenarnya yang menjadi nilai dari brand Anda, dan apa saja pesan yang ingin Anda sampaikan melalui brand tersebut, merupakan hal yang harus bisa disampaikan dan diterima dengan baik oleh konsumen.

Kesalahan identifikasi pada aspek ini akan membuat konsumen memiliki persepsi yang salah mengenai brand Anda, sehingga membuat hasil branding tidak maksimal. Menentukan nilai dan pesan yang ada dalam brand akan meminimalisir kesalahan pembuatan konten.

4. Digital advertising

Pernah dengar tentang FB Ads? Atau Google Ads? Atau mungkin tentang SEO? Nah, beberapa contoh tadi adalah model-model iklan di dunia digital, yang kerap dijadikan sebagai media branding. Anda juga patut mencobanya ya, sebab memang akan memberikan dampak signifikan pada proses brand awareness.

Penggunaan iklan di Facebook dan mesin pencarian Google sampai sekarang dinilai sangat efektif untuk menjangkau konsumen secara luas. Cukup menggunakan kata kunci saja, dan brand anda sudah bisa muncul di tiap pencarian kata kunci tersebut, yang dilakukan berkali-kali oleh seluruh pengguna Facebook dan Google.

5. Customer management

Bermain di arena digital bukan berarti menghilangkan sentuhan personal dan kedekatan dengan konsumen. Justru digital branding ini merupakan alternatif untuk menemukan cara terhubung yang lebih kreatif lagi. Pastikan Anda menyusun konten yang bisa menyentuh ranah personal dari konsumen. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya dan ketertarikan. Konsumen akan merasa dianggap keberadaannya, dihargai, dan pastinya diperhitungkan oleh perusahaan.

Menemukan formula yang tepat untuk digital marketing strategy memang harus melewati serangkaian trial dan error dulu, jadi jangan khawatir untuk mencoba banyak cara ya! Semoga 5 taktik jitu di atas bisa membantu Anda menyusun strategi terbaik.

Baca Juga: Apa Persiapan yang Harus Dijalankan Sebelum Menjalankan Digital Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.