08 April 2020

Teknik fotografi produk yang menarik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah toko online dalam segi branding.

Berdasarkan survei, beberapa toko online yang sering dikunjungi oleh para konsumen adalah branding dan foto produk yang bagus. Semakin menarik suatu foto produk, maka semakin banyak pembeli dan pengunjung yang tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tagline yang Kuat dan Menarik untuk Bisnis

Seperti yang kita ketahui pada dasarnya manusia termasuk makhluk visual yang cenderung melihat tampilan fisik sesuatu terlebih dahulu untuk membeli ataupun tertarik dengan produk tersebut. Karenanya foto untuk branding memiliki peranan yang cukup besar dalam memasarkan suatu produk terutama di toko online, sehingga teknik fotografi produk sangat diperlukan dalam hal ini.

Dengan tampilan dan hasil foto terbaik maka akan memberikan kesan yang lebih cantik pada produk yang Anda jual. Lebih tepatnya dalam hal ini akan menambahkan kesan menarik untuk produk yang dijual tersebut. Tentu saja kondisi ini akan mengundang orang-orang agar bisa memilih produk tersebut sebagai sebuah produk yang harus digunakan.

Teknik Fotografi Produk Agar Terlihat Menarik

Pada faktanya, tidak sedikit penjual online yang justru memasang foto biasa-biasa saja. Yang lebih parah lagi, foto produknya kurang fokus atau blur sehingga hasilnya sangat tidak menarik. Lalu bagaimana teknik fotografi produk sebenarnya agar terlihat menarik dan bagus untuk branding? Berikut ulasannya.

  1. Perhatikan Pencahayaan

    Jika Anda ingin mengambil foto secara outdoor, pastikan intensitas cahaya mataharinya tinggi sehingga menghasilan foto yang bagus. Hal ini juga berlaku untuk pengambilan foto di dalam ruangan, usahakan Anda mencari ruangan yang terpapar sinar matahari. Apabila tidak ada cahaya alami dari matahari, Anda bisa menggunakan lampu tambahan.

  2. Kamera

    Jika mempunyai uang yang mencukupi, tidak ada salahnya membeli kamera berkualitas sehingga mampu menunjang foto produk yang akan diambil untuk branding. Akan tetapi bagi Anda yang masih merintis usaha, manfaatkanlah kamera smartphone yang ada dengan teknik yang tepat dan tidak asal-asalan. Poin penting yang harus diingat, pencahayaan sangat diperlukan.

  3. Perlengkapan Foto

    Saat pertama kali merintis usaha berjualan online, akan terasa berat jika Anda harus memfoto produk dengan menyewa foto studio. Pasalnya ada biaya yang harus dikeluarkan dan tentunya tidak kecil. Sebaiknya Anda membuat studio foto di rumah sendiri dengan menyediakan lampu sorot, background, dan perlengkapan sederhana lainnya yang mendukung fotografi.

  4. Background Polos

    Gunakan background yang polos dengan warna netral saat pengambilan fotografi produk. Semakin banyak background foto dan detail hiasan lainnya, calon konsumen tidak bisa fokus pada produk yang ditawarkan. Yang ada mereka kebingungan dengan produk apa yang dijual. Lebih mudahnya Anda bisa menggunakan karton sebagai background yang murah dan terjangkau.

  5. Pemilihan Angel Produk

    Teknik fotografi produk yang bagus bisa ditentukan dengan ketepatan pemilihan sudut saat mengambil foto. Pastikan Anda bisa mengeksplorasi produk yang ingin difoto dari berbagai sudut sampai menemukan sudut yang bagus. Cara yang paling sering digunakan adalah pengambilan dari sudut atas. Lebih baik kumpulkan referensi foto-foto produk sebagai inspirasi agar lebih mudah.

  6. Gunakan Aplikasi untuk Mengedit Foto

    Untuk mempermudah hasil foto produk yang sudah diambil, gunakan aplikasi pendukung yang dapat dipakai mengedit foto. Selama tidak berlebihan, tidak ada salahnya Anda menambahkan beberapa efek tertentu pada foto produk untuk menyempurnakan cahaya dan warna.

  7. Gunakan Watermark

    Jangan lupa menambahkan watermark di semua foto produk yang Anda miliki sehingga nantinya foto yang didapatkan tidak mudah dipakai oleh orang lain.

Demikian itulah beberapa langkah dan metode atau teknik fotografi agar foto menjadi menarik dan bisa mem- branding dengan baik. Dengan sebuah tampilan foto yang menarik maka sebuah produk akan terlihat lebih cantik dan lebih membuat konsumen tertarik ingin membelinya.

Baca Juga: Jenis Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan Oleh Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.