13 October 2021

Bagaimana cara beriklan di TikTok agar mendapatkan hasil yang memuaskan ?

Pertanyaan seputar cara beriklan di Tiktok pasti pernah ada di benak Anda ketika hendak menemukan berbagai iklan dari aplikasi TikTok. TikTok merupakan salah platform aplikasi video musik yang juga digunakan sebagai jejaring sosial. Lewat platform tersebut banyak orang berlomba-lomba menyajikan konten yang menarik dan unik. TikTok pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 dan mengalami perkembangan yang lumayan pesat. Platform video musik tersebut booming di Indonesia sekitar tahun 2017 hingga 2018. Namun TikTok meredup pada akhir tahun 2018 di Indonesia dikarenakan beberapa faktor. Setahun setelah itu TikTok kembali populer di tanah air dengan melahirkan berbagai macam konkten kreator.

Baca Juga: Company Branding Adalah? Ini Pengertian dan Tips Membangunnya

Para pengguna TikTok di Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan tingginya minat masyarakat milenial dalam menggunakannya. Saat ini platform tersebut bersaing dengan berbagai aplikasi serupa di dunia. Lantas bagaimana cara beriklan di TikTok agar mendapatkan hasil keuntungan tinggi? Berkat popularitasnya TikTok menjadi ladang bagi banyak orang yang ingin mendapatkan pendapatan dari konten di dalamnya. Tetapi untuk mendapatkan penghasilan tambahan di platform TikTok ada berbagai langkah yang perlu dicermati. Hal tersebut dilakukan lantaran Anda harus bersaing dengan user TikTok lainnya.

Cara Beriklan di TikTok untuk Mendapatkan Keuntungan

Agar iklan yang Anda buat dapat menarik minat para pengguna TikTok perlu strategi khusus. Yuk, ikuti 5 tips dalam membuat iklan yang akan ditayangkan di platform TikTok berikut ini.

1. Dengan Mendaftar TikTok Ads

Menayangkan iklan di platform seperti TikTok memang membutuhkan strategi agar berhasil. Cara pertama yang perlu Anda terapkan ialah mendaftar lewat fitur TikTok Ads di aplikasi tersebut. Perusahaan TikTok telah memberikan fitur format iklan yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Selain itu format iklan yang disediakan untuk membantu para pemilik brand atau merek agar bisa menjangkau lebih banyak audiens. Iklan kampanye pertama Anda bisa didapat dengan mengunjungi beranda TikTok for Business. Fitur TikTok for Business disiapkan untuk kalangan yang mempromosikan brand dan merek mereka lewat platform tersebut. Setelah mengunjungi beranda cobalah klik ikon get started sampai halaman beralih ke menu login. Bagaimana jika Anda belum mempunyai akun TikTok biasa atau bisnis di platform tersebut? Cobalah untuk membuat akun dengan melalui ikon sign-up pada halaman login. Nantinya Anda akan dialihkan menuju ke halaman TikTok Ads dan melanjutkan sesi pembuatan akun untuk iklan TikTok.

2. Membuat Kampanye Iklan Pertama di Halaman TikTok Ads

Cara beriklan di TikTok selanjutnya adalah membuat kampanye iklan pertama pada halaman utama. Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini agar iklan pertama yang Anda buat berhasil.

  • Tab ikon “campaign”di dashboard

Langkah pertama adalah dengan menuju halaman utama atau dashboard TikTok ads. Pada halaman utama atau dashboard tersebut Anda akan melihat ikon “campaign” di bagian atas.

  • Tab ikon create atau create new pada dashboard

Setelah membuka menu “campaign” Anda dapat melanjutkan ke tombol create. Pada tahapan ini klik ikon creat dan lanjutkan menuju menu create new agar Anda bisa membuka halaman iklan baru.

  • Tetap tujuan kampanye iklan pertama

Tetapkan tujuan pembuatan kampanye iklan pertama Anda lewat tiga opsi yang sudah disediakan. Ketiganya yaitu awareness, reach, dan consideration pada menu iklan pertama kampanye TikTok. Cara beriklan di TikTok tersebut juga dimudahkan dengan fitur pilihan iklan kampanye. Seperti fitur traffic, video views, convention maupun app install yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam melihat jangkauan iklan.

  • Tetapkan anggaran untuk kampanye iklan pertama

Langkah selanjutnya adalah menetapkan anggaran yang nantinya digunakan untuk iklan pertama. Terdapat beberapa pilihan anggaran kampanye iklan TikTok Ads diantaranya total atau penuh dan harian. Anggaran harian dapat dipilih jika ingin menayangkan iklan setiap hari dalam jangka pendek. Opsi tersebut cocok dipilih pebisnis yang ingin melihat rincian pengeluaran harian selama memasang iklan.

  • Memilih opsi anggaran iklan tanpa batas

Selain kedua opsi pilihan di atas masih ada anggaran iklan tanpa batas untuk pengguna TikTok Ads. Opsi ini bisa didapat dengan memilih menu no limit di bagian bawah.

3. Mengatur Detail Grup Iklan pada TikTok Ads

Setelah mengatur anggaran atau budget iklan jangan lupa untuk menekan ikon continue di dashboard. Cara beriklan di TikTok selanjutnya yaitu mengatur detail grup iklan TikTok Ads. Halaman akan dialihkan menuju pembuatan ads group atau iklan. Pada tahapan ini Anda juga perlu menetapkan penempatan target iklan agar bisa menjangkau lebih banyak audiens. Pada dashboard TikTok Ads cobalah membuka pilihan menu auto placement. Menu tersebut bermanfaat agar Anda bisa menjalankan iklan pertama lewat TikTok Ads sesuai target penempatannya. Auto placement juga berguna untuk mendapatkan kinerja iklan yang tepat sasaran. Isi detail di dalamnya agar Anda bisa memulai iklan melalui tautan link atau URL yang ditujukan ke website bisnis.

4. Membuat Kata Kunci sesuai Target Audiens Iklan

Jangan lupa untuk membuat masukan nama tampilan, kategori yang relevan dan gambar. Masukan setidaknya 20 kata kunci untuk mendeskripsikan aplikasi atau website bisnis yang Anda kelola. Selain itu kata kunci digunakan untuk menyasar audiens yang melihat iklan tersebut. Jangkauan audiens bisa tinggi apabila kata kunci yang Anda gunakan sesuai atau related dengan iklan dan target. Cara beriklan di TikTok ini bisa Anda lanjutkan dengan melihat beberapa parameter. Misalnya menargetkan audiens berdasarkan parameter lokasi, bahasa, minat pengguna platform, dan usia user.

5. Memilih Format Desain Kampanye Iklan TikTok Ads

Format desain kampanye iklan juga memiliki peran penting dalam menjangkau audiens. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat rancangan format dari aplikasi TikTok. Format iklan biasanya bisa berupa video yang dipadukan dengan gambar vertikal, persegi maupun horizontal. Dalam membuat desain iklan user juga bisa memanfaatkan fitur video creation kit. Tool dari platform tersebut menghadirkan berbagai template video maupun gambar yang membantu Anda mendesain iklan. Bahkan terdapat ratusan musik latar iklan yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Branding untuk Produk Anda

Pada dasarnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan diperlukan trik dan langkah yang tepat. Jadi, cara beriklan di TikTok tersebut bisa Anda jadikan panduan selama menggunakan fitur Ads. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!