05 August 2020

Corporate branding yang tepat adalah yang mampu menarik perhatian dan mendapatkan kepercayaan konsumen.

Branding sering diidentikkan dengan kesan yang diingat melalui ciri khas sebuah produk. GO-JEK misalnya, brand transportasi online tersebut dikenal dengan ciri khas jaket hijaunya. Ciri khas brand seperti ini ternyata lebih berkesan dan mudah diingat. Selain menentukan ciri khas, perusahaan juga harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan orang banyak agar dapat menyesuaikan dengan corporate branding yang ditetapkan perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Peranan Brand Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

 

Definisi Corporate Branding

Corporate branding adalah salah satu jenis branding yang menggunakan nama perusahaan sebagai merek produk sekaligus penjamin kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Ada beberapa unsur penting yang harus ada dalam membangun corporate branding, yaitu:

  • Manusia

Umumnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa secara langsung akan memberikan pelayanan terhadap konsumen/pelanggan. Untuk itu perusahaan harus benar-benar memastikan bahwa pegawai atau karyawan yang direkrut telah memenuhi standar SDM perusahaan.

  • Nilai dan Prioritas

Nilai-nilai berupa visi dan misi yang ditetapkan perusahaan merupakan pedoman yang harus dipertahankan sekalipun berada pada kondisi terpuruk.  Selain itu, nilai-nilai harus dijalankan bersamaan dengan prioritas perusahaan karena kedua hal tersebut menjadi landasan utama menentukan strategi bisnis bagi perusahaan.

  • Inovasi

Inovasi yang dilakukan melalui corporate branding dianggap mampu menaikkan kredibilitas perusahaan. Meskipun dianggap sulit, namun inovasi yang tepat sasaran dapat mempertahankan reputasi perusahaan Anda.

  • Kualitas

Menjanjikan kualitas yang tinggi terhadap brand yang Anda tawarkan artinya Anda mampu memenuhinya. Apabila ternyata tidak sesuai, maka kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda akan hilang.

  • Fokus Terhadap Konsumen

Lakukan interaksi yang baik pada setiap konsumen, meskipun mereka bukan bagian dari konsumen yang loyal. Apresiasi yang dilakukan perusahaan dengan fokus pada kebutuhan dan keluhan konsumen, akan mengangkat citra baik perusahaan tersebut.

 

Tips Membangun Corporate Branding

Corporate Branding dikatakan sukses apabila dikenal oleh banyak orang serta mendatangkan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Di bawah ini kami akan menjelaskan 5 tips yang dapat Anda jadikan pedoman untuk membangun Corporate Branding, yaitu sebagai berikut:

1. Berikan Informasi Tentang Brand Secara Detail

Salah satu tujuan corporate branding adalah untuk menjaring konsumen atau mitra sebanyak-banyaknya. Untuk itu sebelum menginformasikan hal-hal penting tentang brand Anda, sebaiknya lakukan review tentang produk agar tidak terjadi kesalahpahaman oleh konsumen. Berikan informasi detail dan jujur agar nantinya konsumen tidak kecewa menggunakan produk yang Anda tawarkan.

2. Tentukan Strategi yang Tepat

Strategi yang tepat sangat diperlukan dalam kelancaran bisnis. Dengan ditentukannya strategi bisnis dalam corporate branding perusahaan Anda, akan lebih mudah mencapai target yang telah ditetapkan. Selain itu perusahaan Anda akan terlihat lebih profesional karena pembagian tugas dan tanggung jawab dalam tim lebih terarah.

3. Perhatikan Tampilan dan Karakter Brand

Untuk mendapatkan tampilan dan brand yang berkarakter, mintalah bantuan tenaga ahli supaya menciptakan karya yang mengesankan. Salah satu upaya agar corporate brand Anda diminati oleh konsumen atau supplier yaitu dengan mendesain tampilan agar brand Anda lebih menarik dibanding brand lainnya.

4. Jalin komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Bisnis tidak dapat berjalan dengan baik tanpa menjaga komunikasi dengan konsumen. Berikanlah pelayanan yang menyenangkan dalam melayani permintaan atau keluhan yang disampaikan baik melalui media online maupun telepon. Mintalah waktu untuk mengobservasi produk apabila konsumen mengeluhkan produk Anda.

5. Jaga Kepercayaan Konsumen

Banyak yang mengira bahwa bisnis hanya sekedar menjual produk sebanyak-banyaknya. Maka trik seperti mengelabui konsumen pun dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Padahal menjaga kepercayaan merupakan salah satu hal penting dalam membangun bisnis. Corporate branding dikatakan unggul apabila mampu mempertahankan trust dari para konsumennya.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukanlah evaluasi berkala terhadap corporate branding perusahaan Anda. Demikian penjelasan kami tentang definisi dan tips penting membangun corporate branding. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Strategi Jitu Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.