03 September 2021

Web design agency dapat membangun kredibilitas perusahaan Anda

Menjalankan bisnis online? Maka bisa membangun website untuk membangun kepercayaan publik bersama web design agency atau jasa pembuatan website. Website merupakan rumah virtual sebuah bisnis yang bisa digunakan untuk membagikan info terkini, promo, menjalin komunikasi dengan pelanggan, menjadi katalog produk, dan lain sebagainya. Banyak hal bisa dilakukan setelah memiliki website untuk bisnis yang ditekuni. Efeknya sangat luar biasa, terutama dalam membangun kredibilitas. Supaya tampil profesional di internet, maka perlu teliti saat membangun website tersebut. Tidak hanya fokus pada konten berkualitas namun juga pada tampilan website itu sendiri, yang kemudian berhubungan dengan istilah web design

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Membuat Membuat Bisnis Viral

Apa itu Web Design?

Bagi beberapa orang, istilah web design masih sangat asing di telinga karena memang hanya dikenal di kalangan pengembang website. Web design sendiri bisa diartikan sebagai proses menerapkan desain visual pada sebuah website, desain ini ditujukan untuk mengembangkan dan berbagi informasi secara online. Selain itu, dengan penerapan web design maka segala informasi yang dimasukan ke dalam website akan lebih mudah diakses konsumen. Kemudian tampil lebih menarik dengan desain yang dibuat sangat estetik.

Jika diperhatikan setiap website resmi perusahaan memiliki konsep unik dan beberapa tampil sangat sedap dipandang. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar website perusahaan di Indonesia dan bahkan di dunia sudah menerapkan web design. Jika masih mempelajarinya dan bingung bagaimana mulai menerapkannya pada website yang akan dibuat. Maka bisa mempercayakan proses pembuatannya pada sebuah web design agency yang melayani pembuatan website secara profesional. 

3 Fungsi  Web Design Bagi Perusahaan Anda

Penerapan web design sudah tentu bukan tanpa tujuan, tujuan utamanya adalah mampu menyampaikan informasi secara real time sekaligus lebih menarik meskipun hanya lewat tulisan dan sedikit gambar ilustrasi. Masalah penampilan memang harus diperhatikan bagi perusahaan yang berencana membangun website resmi, karena konsumen akan melirik penampilan terlebih dahulu. 

Jika tampilan website sudah menarik dan mencuri perhatian, mereka akan tertarik untuk mencari tahu lebih dalam. Baru kemudian bisa bermain dengan kualitas konten, dan jika kualitas konte ini sebanding dengan kualitas desain website. Maka akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan publik, bisa memperkuat branding dan meningkatkan omset penjualan. 

Sedangkan jika dilihat dari segi fungsi, penerapan web design dari sebuah jasa web design agency punya beberapa fungsi berikut ini: 

  1. Fungsi yang pertama adalah menarik minat konsumen atau pengguna internet yang menemukan alamat website perusahaan. Lewat desain website yang menarik maka mereka akan lebih tertarik untuk melihat isi website secara keseluruhan. 
  2. Web design juga punya fungsi entertainment atau menghibur pengunjung website. Sebab dengan berbekal desain visual yang baik maka pemilik website (perusahaan) bisa meningkatkan mutu presentasi, baik presentasi terhadap nama perusahaan, nama produk maupun jasa, dan lain sebagainya. 
  3. Penerapan web design juga memiliki fungsi dari segi transaksi, yakni memudahkan proses transaksi antara konsumen tadi dengan perusahaan. Konsumen bisa mengandalkan fitur pembelian di dalam website sehingga bisa melakukan transaksi tanpa perlu pindah ke aplikasi lain maupun membuka tab baru di browser. 

Dari penjelasan di atas maka bisa dipahami bahwa web design tidak hanya punya fungsi dari segi penampilan yang estetis saja. Namun juga mengoptimalkan proses presentasi produk dan nama perusahaan, sekaligus mendorong terjadinya peningkatan penjualan atau transaksi. Fungsi yang sangat luas untuk sebuah pekerjaan yang fokusnya ada pada tampilan website. 

10 Elemen Penting di Dalam Web Design

Supaya teknik web design bisa berfungsi dengan baik sesuai penjelasan sebelumnya. Maka diperlukan beberapa elemen untuk menyempurnakan tampilan website. Elemen di dalam web design yang diterapkan sebuah web design agency secara umum mencakup: 

  • Layout, bisa disebut dengan istilah tata letak yang menyusun pengaturan letak setiap elemen desain untuk menampilkan website secara keseluruhan. 
  • White space, merupakan elemen yang berfungsi membantu mata manusia untuk mengorganisasi data. 
  • Jenis huruf, merupakan jenis huruf yang dipakai untuk menampilkan semua teks atau tulisan di dalam website, sehingga dalam satu website hanya menggunakan satu atau dua jenis huruf saja dari halaman utama sampai ke halaman lainnya. 
  • Pilihan warna, merupakan elemen yang menentukan warna apa saja yang akan digunakan di dalam website. Pemilihan warna yang tepat membuat tampilan website lebih menarik, dan warna ini digunakan di seluruh halaman website. 
  • Navigasi, merupakan elemen yang berfungsi sebagai penunjuk jalan kepada para pengunjung agar lebih mudah menemukan menu atau konten yang dicari. Entah itu kategori produk, informasi tentang perusahaan, maupun yang lainnya. 
  • Tombol “search”, merupakan elemen yang membantu pengunjung website mengetik kata kunci untuk mempermudah pencarian informasi atau produk yang diinginkan, sehingga website akan tampil seperti browser yang menyediakan kolom khusus untuk pencarian. 
  • Laman kontak, merupakan elemen yang dipakai jasa web design agency menampilkan informasi kontak perusahaan pemilik website. 
  • Footer, merupakan elemen yang berisi pengulangan informasi biasanya untuk informasi yang krusial
  • Kualitas image, merupakan aspek visual yang dengan menggunakan gambar berkualitas maka website bisa tampil lebih menarik. 
  • Kualitas konten, yang merupakan “Raja” di sebuah website yang jika kualitasnya bagus maka website bisa tampil lebih sempurna. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Sosial Media Agency untuk Pesatkan Bisnis  Anda

Lebih Praktis dengan Jasa Web Design Agency

Dalam menerapkan web design sudah tentu semua elemen di atas akan digunakan atau ditampilkan, sehingga tampilan website lebih sempurna dan mampu memberikan manfaat yang maksimal. Supaya praktis, pemilik perusahaan tidak harus membentuk tim khusus untuk membuat website sendiri. Bisa menggunakan jasa web design agency yang nantinya mengurus proses pembuatan website dari awal sampai bisa mengudara. Biasanya akan dikerjakan oleh tim yang sudah ahli, sehingga kinerjanya lebih memuaskan dan tidak perlu pusing lagi.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!