4 Alasan Mengapa Desain Kemasan Penting untuk Branding Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Desain kemasan sangat penting untuk keberlanjutan sebuah usaha.

Hal ini sangat terlihat pada kebanyakan produk profesional. Tidak pernah terlihat ada produk profesional yang desain bungkusnya dibuat asal. Desain bungkus selalu dibuat dengan baik dan memiliki nilai estetika tinggi. Ketika seseorang membuat bisnis baru, hal ini sangat jarang diperhatikan. Memperhatikan kemasan seperti hanya menambah biaya produksi dan menurunkan produktivitas. Pernyataan tersebut sebenarnya benar. Namun disisi lain, terdapat alasan kuat mengapa desain kemasan perlu dibuat. Tentu para pebisnis profesional juga tidak mungkin memikirkannya apabila poin ini tidak memiliki manfaat.

Baca Juga: Terbukti, Ini Tips Jitu Desain Marketing Collateral untuk Branding

Alasan Mengapa Desain Kemasan Penting untuk Branding

Sebenarnya secara keseluruhan, terdapat banyak hal yang bisa dibahas mengenai alasan tersebut. Alasan ini saling menunjang satu sama lain sehingga memiliki kesan sangat penting. Namun di antara banyaknya kemasan tersebut, terdapat 4 alasan terbaik yang bisa dibahas. Berikut keempat alasannya.

1. Membuat Pengalaman Berbeda

Alasan pertama berhubungan dengan adanya pengalaman berbeda ketika konsumen mendapatkan produk tersebut. Biasanya, hal ini akan terasa apabila terdapat kesan unik yang dimiliki. Terdapat banyak keuntungan apabila kesan ini berhasil tersampaikan. Biasanya, konsumen akan menyebarkan produk tersebut ke sosial media yang dimiliki. Namun untuk mendapatkan poin ini, inovasi-inovasi tersebut sangat diperlukan. Keunikan tidak akan didapat dari gambar atau warna yang berbeda. Keunikan akan didapat ketika terdapat pengalaman baru yang terasa. Salah satu teknik terbaik adalah dengan menambahkan kartu ucapan terima kasih dalam kemasan.

2. Brand Image

Jangan lupakan juga brand image. Brand image adalah identitas dari brand yang terwakilkan pada desain kemasan. Dalam pembuatan brand image, terdapat beberapa poin pokok yang tidak boleh terlupakan. Pertama, pilihlah warna solid yang akan menjadi identitas. Pastikan konsumen langsung melihat warna tersebut ketika mendengar nama brand. Jika bisa, perhatikan juga font dan logo. Jika font dan logo bisa dibuat unik, brand image akan semakin terbangun. Sebagai contoh, Anda akan langsung mengingat bentuk telur ketika mendengar nama kinder joy.

3. Marketing

Keberadaan desain kemasan juga tidak bisa lepas dari sarana marketing. Ketika desainnya dibuat secara total, marketing pasti akan semakin tertunjang. Sebenarnya ketika desain untuk kemasan dibuat menarik dan konsumen merasa tertarik, marketing dengan teknik lain hampir tidak perlu dibuat. Itu karena, produk yang menarik selalu menyebar dengan sendirinya. Disini, sudut pandang dalam pembuatan kemasan menjadi sangat penting. Inti dari kemasan sendiri bukan apa yang ingin penjual bagikan. Namun inti dari kemasan berbicara tentang apa yang ingin dilihat konsumen. Oleh sebab itu, buatlah dengan berpikir dari sudut pandang target pasar yang dimiliki. Dengan itu, desain yang diciptakan akan sesuai dengan keinginan target pasar.

4. Keamanan Produk

Alasan terakhir berhubungan dengan keamanan produk tersebut. Sebenarnya ketika menciptakan sebuah barang, seseorang pasti berpikir agar barang tersebut nampak memuaskan. Namun dalam hal ini, memuaskan saja tidak cukup. Akan percuma apabila barang yang sampai ke tangan konsumen mengalami kerusakan. Dalam menjaga keamanan produk, kemasan adalah hal terbaik yang bisa dipilih. Namun selalu ingat bahwa tingkat keamanan satu produk berbeda dengan produk lainnya. Misal apabila kemasan tersebut dibuat diperuntukkan untuk keripik. Biasanya, keamanan sudah didapat hanya dengan plastik tipis namun udara harus tertutup seluruhnya. Tentu beda lagi apabila produk yang dijual adalah alat elektronik. Kemasan harus dibuat keras agar benturan tidak akan merusak barang di dalam. Jika masih bingung dalam pembuatan kemasan, gunakan saja jasa branding agency.

Baca Juga: Beberapa Tipe Logo yang Perlu Anda Ketahui

Jika menggunakan jasanya, dapat dipastikan kemasan yang dihasilkan akan memuaskan. Itu karena, orang yang membuatnya adalah profesional di bidang ini. Desain kemasan yang dihasilkan pasti akan memuaskan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms