...

5 Contoh Tagline Personal Branding yang Bagus

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Kalimat tagline yang tepat akan membuat personal branding yang sukses. Sedang berusaha menyusun kalimat tagline yang efektif? Maka Anda perlu mencari inspirasi agar mendapatkan ide yang brilian dalam pembuatan tagline untuk brand Anda. Inspirasi ini dapat berasal dari karakter khas produk dan jasa yang disediakan. Bisa juga dari contoh tagline personal branding dari brand-brand terkemuka. Dimana kesuksesan branding dan pemasaran produk maupun jasa juga dipengaruhi oleh tagline yang khas dan efektif.

Pentingnya Memiliki Tagline yang Bagus

Tagline diketahui sebagai kalimat pendek yang berisi beberapa kata dan mampu mendeskripsikan produk dengan sangat baik. Berbeda dengan slogan yang dibuat per produk dan sifatnya sementara. Tagline umumnya dibuat sekali saja dan digunakan dalam jangka panjang, sehingga membuatnya dibutuhkan ketelitian.

Kalimat tagline yang tepat dan efektif akan membantu membuat personal branding yang sukses. Yakni nama produk menjadi mudah diingat, dan setiap kali masyarakat memerlukan sesuatu yang berkaitan dengan produk tersebut. Maka akan menjadikannya sebagai pilihan, alhasil produk yang disediakan pun akan selalu dicari dan laris manis.

Manfaat Melakukan Personal Branding

Personal branding memiliki manfaat yang penting untuk masa depanmu. Selain membangun kesan positif pada dirimu, personal branding juga bisa menjadi investasi penting. Memperhatikan bahwa personal branding membutuhkan waktu dan upaya yang tidak sedikit, ada beberapa tujuan yang bisa kamu capai dengan membangun personal branding:

1. Sebagai Diferensiasi

Membuatmu menjadi unik dan mudah diingat oleh orang lain. Jika kamu memiliki karakteristik yang unik, maka orang-orang akan lebih mudah mengingat tentang dirimu.

Meningkatkan kemungkinan promosi atau naik jabatan. Personal branding adalah faktor penting yang bisa membantumu mendapatkan promosi atau naik jabatan karena daya tarik yang kamu miliki.

2. Sebagai Media Promosi Diri

Menunjukkan kemampuan dan kualitas yang dimiliki. Personal branding adalah cara untuk menunjukkan kemampuanmu di bidang yang kamu tekuni sehingga kamu bisa mendapatkan penghargaan atau prestise.

3. Dapat Membangun Rasa Percaya dan Peluang Baru

Personal branding bisa membantumu mendapatkan kepercayaan dari orang – orang di sekitarmu di situasi tertentu karena kesan positif yang kuat yang kamu miliki. Personal branding bisa membantumu dikenal oleh orang lain sehingga kamu bisa mendapatkan peluang baru di masa depan. Misalnya, ketika kamu mencari partner untuk sebuah project, orang-orang di industri sudah mengenalimu karena personal branding yang berhasil kamu bangun.

Cara Membangun Tagline Personal Branding

Bagaimana cara membangun personal branding yang baik? Anda dapat mengikuti 4 langkah berikut:

1. Kenali Diri Anda

Untuk meningkatkan personal branding, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali diri sendiri. Hal ini penting untuk membangun personal branding berdasarkan kemampuan dan keinginan sendiri, sehingga terlihat jujur dan autentik. Selain itu, dengan mengenali diri sendiri, Anda juga bisa menentukan jenjang karir yang akan diambil. Untuk mengenali diri sendiri, Anda dapat membuat beberapa pertanyaan pribadi seperti bidang atau hal apa yang menjadi kelebihan dan minat Anda.

2. Tentukan Tujuan dan Target 

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan personal branding. Jika tidak ada tujuan, personal branding akan berjalan tanpa arah yang jelas. Untuk menemukan tujuan personal branding, Anda bisa melakukan riset tentang hal yang diminati, memahami kemampuan yang dimiliki, dan memprediksi masa depan dari personal branding yang sedang dibangun. Setelah menentukan tujuan personal branding, Anda dapat menentukan arah atau tujuan yang diinginkan untuk mempermudah meningkatkan kemampuan yang akan memberikan nilai tambah pada personal branding.

Anda perlu menentukan siapa target personal branding yang ingin dicapai. Dengan menentukan siapa target, Anda akan tahu siapa yang ingin dicapai dan jangkau. Misalnya, jika ingin menjadi seorang pemain film, Anda perlu menunjukkan bakat kepada ahlinya dan mengikuti berbagai macam casting film. Sedangkan, jika profesi yang diambil adalah seorang penulis atau desainer grafis, maka dibutuhkan portofolio atau membuat web pribadi untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki.

3. Buat dan Bagikan Portofolio Pribadi

Pembuatan portofolio sangat diperlukan dalam beberapa profesi untuk meyakinkan orang lain. Dalam membuat portofolio, perlu kejujuran dan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Ketika membuat portofolio, Anda harus jujur, jika tidak akan mengakibatkan personal branding tidak berhasil.

Setelah membuat portofolio, langkah selanjutnya adalah membagikan portofolio kepada orang banyak. Dalam membagikan portofolio, dibutuhkan keyakinan dan rasa percaya diri terhadap karya-karya dan pekerjaan yang pernah dibuat. Sebelum membagikan portofolio, sebaiknya Anda memiliki media berbagi portofolio seperti Google Drive atau media lainnya.

4. Perluas Koneksi 

Yang terakhir, untuk memperluas personal branding, Anda perlu memperluas jaringan atau koneksi. Semakin banyak koneksi, semakin banyak orang yang melihat personal branding Anda. Untuk memperluas koneksi, Anda bisa melakukan hal-hal seperti ikut serta dalam kegiatan yang sejenis, mengikuti pelatihan atau kursus, serta bergabung dengan komunitas yang relevan dengan bidang yang Anda minati.

Berbagai Contoh Tagline Branding yang Bagus

Memahami arti penting dari kalimat tagline yang super pendek namun jelas dan menarik, maka Anda dapat melihat berbagai contoh tagline personal branding yang bagus dan perlu dilakukan. Agar dapat terinspirasi dan memunculkan ide segar untuk menyusun tagline bagus berikutnya. Adapun contoh-contohnya adalah:

1. Just Do It dari Nike

Nike dikenal di seluruh dunia sebagai penyedia produk sportswear berkualitas dan berkelas. Produknya digunakan banyak orang di dunia termasuk pecinta kegiatan olahraga di tanah air. Brand besar yang berdiri di tahun 1972 ini juga memiliki kalimat tagline yang mendukung personal brandingnya agar dapat sesukses sekarang. Yakni Just Do It! yang memiliki arti “Lakukan Saja!”.

Tagline ini tidak hanya mudah diingat namun juga menjadi sumber motivasi bagi siapa pun untuk mantap mengambil suatu keputusan. Lewat kalimat pendeknya yang menginspirasi dan memotivasi banyak orang. Tagline ini ikut berkontribusi pada kesuksesan Nike hingga dikenal di seluruh dunia seperti sekarang.

2. Moving Forward dari Toyota

Contoh tagline personal branding berikutnya yang juga terbilang bagus adalah Moving Forward dari brand otomotif Toyota. Kalimat tagline tersebut memiliki arti “Terus Bergerak Maju” yang kemudian mendeskripsikan misi Toyota untuk menjadi perusahaan otomotif yang terus berinovasi dan menjadi yang terdepan. Tagline ini sekaligus memotivasi banyak orang untuk terus bergerak maju, sehingga membuat Toyota semakin dikenal luas oleh masyarakat dunia. 

3. Think Different dari Apple

Apple terkenal dengan kalimat tagline yang menarik dan memotivasi banyak orang juga, yakni Think Different. Melalui tagline tersebut Apple mampu merealisasikannya ke produk yang tidak biasa dan selalu punya inovasi baru. Selain itu, tagline ini juga memotivasi banyak orang agar bisa berpikir kreatif atau out of the box agar dapat sukses.

4. Connecting People dari Nokia

Nokia juga memiliki salah satu contoh tagline personal branding yang bagus di dunia, yakni Connecting People. Hal ini sesuai dengan karakter produknya yakni ponsel yang mampu menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya meskipun terpisah jarak. Lewat tagline ini pula Nokia seolah mengajarkan siapa saja untuk selalu menjaga hubungan baik atau silaturahmi.

5. Because You’re Worth It dari L’oreal

Beralih ke produk kosmetik, ada L’oreal yang sukses dengan tagline uniknya Because You’re Worth It. Terciptanya tagline ini di tahun 1973 ketika penggunaan kosmetik atau make up masih menjadi kontroversi. Sebab wanita yang memuaskan kosmetik akan dianggap “palsu”. Namun L’oreal tetap bergeming dan memberi dukungan bahwa mengaplikasikan kosmetik adalah hal terbaik dan wajar untuk dilakukan. Tercermin dari tagline tersebut.

Masih banyak lagi contoh tagline personal branding yang dapat dijadikan sumber inspirasi, namun mengutamakan brand-brand besar yang mendunia sebagai sumber inspirasi tentu sangat tepat untuk dilakukan. Sebab tidak tertutup kemungkinan akan memunculkan ide kalimat tagline yang efektif dan membawa produk yang dimiliki untuk masuk ke pasaran dunia.

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms