Ingin Restoran Milik Anda Laris? Lakukan 5 Tips Place Branding Ini!

Branding Strategi

Place branding adalah salah satu teknik pemasaran dengan batasan geografis yang ideal diterapkan pada bisnis bersifat lokal.

Apakah Anda saat ini tengah menjalankan bisnis restoran? Jika ya, maka penting untuk menentukan strategi marketing yang tepat. Bisnis restoran sama seperti bisnis lainnya yang juga membutuhkan pemasaran secara tepat dan kontinyu.

Baca Juga: Pentingnya Responsive Logo untuk Konsistensi Konsumen dalam Pengenalan Brand

Kabarnya untuk memaksimalkan transaksi di sebuah restoran maka pemiliknya harus bisa menerapkan strategi place branding. Apa itu? Simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Apa Itu Place Branding?

Merupakan salah satu teknik pemasaran dengan batasan tempat, wilayah, daerah, maupun negara. Teknik pemasaran satu ini ideal diterapkan pada bisnis yang sifatnya lokal. Artinya tidak memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan dari luar daerah, luar kota, apalagi sampai lintas negara.

Jenis bisnis semacam ini tentu banyak, Anda bisa menemukan contoh paling mudah ada bisnis restoran dan juga bengkel. Terdapat pula jenis atau bidang bisnis lainnya yang tentu lebih ideal dipasarkan di wilayah terbatas. Memahami karakter bisnis seperti ini membantu kegiatan pemasaran, baik secara online maupun offline.

Meskipun bisnis bersifat lokal dan terbatas oleh aspek geografis, namun bukan berarti haram untuk menjalankan promosi online. Sah saja dilakukan untuk membantu target pasar mengenal dan melacak keberadaan tempat usaha. Baik itu lewat iklan di Google, Facebook, dan media iklan online lainnya. Nanti tinggal diatur iklan tampil di daerah terbatas dan langkah ini sudah masuk strategi place branding.

Tips Place Branding untuk Bisnis Restoran

Khusus untuk Anda yang menjalankan bisnis restoran, maka teknik pemasaran lokal ideal diterapkan. Berikut beberapa tips penerapannya:

1. Menentukan nama restoran dengan tepat

Nama restoran menjadi salah satu hal penting dan utama untuk dipikirkan masak-masak. Sebab nama ini akan menjadi cara atau jalan bagi restoran Anda untuk dikenal luas oleh masyarakat setempat. Idealnya nama ini mencerminkan restoran tersebut baik dari jenis menu, lokasi, konsep, dan sejenisnya.

Misalnya saja untuk restoran khusus masakan Italia Anda bisa memakai nama khas dari negara tersebut, seperti Pizzaria yang menggambarkan menu pizza sebagai menu khas Italia. Meskipun nama restoran ini hanya menyebut menu pizza bukan berarti Anda tidak bisa menyediakan menu Italia lainnya.

2. Logo dan tagline

Selain nama, di dalam branding tempat juga penting untuk menyiapkan logo sekaligus tagline. Dua unsur ini akan menjadi ciri khas yang membantu masyarakat mengingat restoran Anda. Sehingga kemungkinan untuk mampir dan merekomendasikan ke teman terdekat dan keluarga lebih besar.

3. Punya menu yang khas

Menu restoran Anda tidak harus menu baru dan tidak bisa ditemui di restoran lain, karena untuk sampai di titik ini tentu butuh proses untuk survey dan uji coba. Pertimbangkan untuk menyediakan menu standar namun diberi ciri khas yang menjadi nilai lebih restoran Anda. Sehingga pengunjung yang datang merasa menu tersebut hanya bisa ditemui di tempat Anda.

4. Konsep yang menarik atau yang unik

Menarik minat pengunjung untuk menjadi pengunjung tetap, tidak hanya fokus pada menu yang enak dan khas. Konsep yang diusung pun perlu diperhatikan agar teknik branding yang diterapkan memberi hasil optimal. Konsep yang unik cenderung lebih berkesan sehingga bisa dipertimbangkan.

5. Menyajikan suasana yang tepat

Suasana di dalam restoran juga perlu dibangun dengan sedemikian rupa agar berkesan bagi pengunjung. Suasana ini bisa meliputi interior ruangan dengan konsep yang menarik. Bisa pula dari karakter para pelayan termasuk model baju yang dikenakan. Suasana yang menarik dan memberi rasa nyaman cenderung memaksimalkan bisnis restoran.

Bisnis restoran memang sangat tepat dipasarkan dengan teknik place branding, dan beberapa tips di atas sangat tepat untuk diterapkan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Pentingnya Langkah Brand Management yang Baik dan Benar untuk Kesuksesan Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.