Untuk memajukan bisnis Anda, penting untuk meningkatkan brand awareness agar diingat oleh publik.
‘Anda pakai softex merek apa?’, ‘Honda Mio Anda diparkir di sebelah mana?’, ‘Merk sepatu keds apa yang paling sering Anda beli?’. Beberapa pertanyaan tadi merupakan yang paling sering didengar sehari-hari.
Baca Juga: Apakah Strategi Penempatan Produk Berpengaruh Pada Brand Awareness?
Dari pertanyaan itulah bisa diketahui bahwa ternyata banyak yang salah mengartikan Softex, Honda, dan Keds sebagai produk umum, padahal mereka sebenarnya merupakan sebuah brand. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena brand awareness yang kuat.
8 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis
Awareness merupakan familiaritas yang dimiliki oleh pasar tentang sebuah brand, entah itu tagline, logo, warna, merchant, dan lain-lain. Sebuah brand sudah mendapatkan awareness dari pasar ketika sudah bisa dikenali atau diingat. Berikut adalah 8 cara meningkatkan awareness pasar tentang brand bisnis.
1. Logo yang catchy
Salah satu komponen dasar dalam bisnis yang akan berinteraksi langsung dengan pasar adalah logo. Logo akan muncul di segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, mulai dari poster, situs resmi, kemasan, sosial media, bahkan kartu nama dan konten iklan.
Karena itu membuat logo yang menarik dan gampang menempel di ingatan pasar merupakan strategi awareness yang jitu.
2. Tagline yang menarik
Selain logo, tagline merupakan komponen penting sebagai representasi dari brand. Membuat tagline yang menarik akan memudahkan pasar untuk mengenali nilai yang diusung oleh Brand.
Sehingga ketika tagline tersebut dibaca ataupun disebut, pasar bisa langsung mengasosiasikannya dengan merek Anda. Pilihlah tagline yang sederhana namun lekat dengan kehidupan sehari-hari.
3. Maksimalkan sosial media
Siapa sih yang saat ini tak aktif di sosial media? Rasanya di era digital ini justru pasar sosial media melonjak dratis. Karena itu merangkul pasar melalui platform digital merupakan cara manjur untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu caranya adalah memaksimalkan konten dalam digital advertising di platform sosial media.
4. Situs web yang bersahabat
Situs web merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh pasar untuk mengecek validitas sebuah brand. Ketika situs webnya terlihat terurus dan bersahabat, pasar juga akan merasa lebih yakin untuk mengenal brand lebih jauh. Buatlah situs web yang cocok diakses dengan PC maupun smartphone, dengan konten yang merepresentasikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pasar mengenai brand dan informasi menarik lainnya.
5. Aktif dalam expo dan bazar
Aktif dalam expo dan bazar merupakan cara lain untuk ‘menyapa’ pasar. Dengan mengikuti acara sejenis bisnis Anda akan mendapatkan kesempatan untuk dikenal oleh masyarakat. Kalaupun saat ini terhalang pandemi, Anda tak perlu khawatir sebab pelaksanaan bazar dan ekspo bisnis sudah mulai dilakukan secara online.
6. Mencoba co-branding
Familiar dengan Indomie rasa Chitato? Atau es krim Walls rasa Oreo dan Silverqueen? Nah, ini merupakan contoh pelaksanaan co-branding. Kolaborasi dengan merek dagang lainnya akan membantu Anda meningkatkan awareness bisnis, sebab memiliki lapak promosi yang lebih luas.
7. Teknik reward
Promo, potongan harga, cashback, dan giveaway merupakan beberapa contoh pelaksanaan teknik reward. Menggunakannya dinilai efektif dalam meningkatkan rasa penasaran dan keinginan pasar untuk berinteraksi dengan sebuah brand bisnis.
8. Kolaborasi influencer
Influencer marketing merupakan cara promosi yang akan memanfaatkan platform milik inluencer sebagai sarana promosi brand. Hal ini akan membantu anda meningkatkan brand awareness, sebab influencer dapat menjangkau massa yang lebih banyak, dan sudah memiliki kepercayaan dari pengikurnya di sosial media. Hal ini memudahkan proses penyampaian nilai-nilai brand.
Meningkatkan brand awareness tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, sebab kesadaran pasar akan sebuah brand bisnis harus dipupuk secara konsisten. Karena itu berinvestasi dalam awareness sebuah brand merupakan strategi yang dilaksanakan dalam jangka panjang.
Baca Juga: Mengenal Brand Positioning dan Penerapannya dalam Strategi Branding
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.