9 Negara dengan Nation Branding Berhasil, Wajib Ditiru

Branding Strategi

Negara juga membutuhkan branding, yang disebut nation branding, untuk memperkenalkan dan menetapkan ciri khasnya agar dapat dikenali dengan mudah oleh negara lain.

Keberadaan sebuah negara memang butuh pengakuan dari negara lain. Namun ternyata, selama ini masih ada banyak negara yang sering kali dianggap menjadi satu kesatuan dengan negara lainnya. Padahal sudah berdiri sendiri. Oleh karena itulah, diperlukan adanya nation branding.

Baca Juga: 7 City Branding Terbaik di Seluruh Dunia, Bisa Jadi Inspirasi

Apa Itu Nation Branding?

Merek negara (nation branding) adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan dan menetapkan ciri khas khusus di dalamnya. Apa gunanya? Yakni agar mudah dikenali oleh negara lain. Apalagi jika suatu negara telah berdiri sendiri alias bukan lagi termasuk dalam satu kesatuan negara lainnya.

Pembangunan merek suatu negara ini biasanya dilakukan dengan memunculkan ciri khas khusus, baik seperti budaya yang paling menonjol hingga teknologi. Tentu saja untuk bisa menyebar luaskan merek negara ini tidak mudah. Karena harus melalui ajang kompetisi maupun kontes budaya yang dilakukan antar negara.

Negara dengan Nation Branding yang Berhasil

Lantas, apakah selama ini sudah ada negara yang berhasil memperkenalkan merek negaranya? Tentu saja ada. Untuk itu, berikut ulasan mengenai 9 negara dengan merk negara berhasil yang wajib ditiru.

1. Malaysia

Sebagai negara yang bertetangga dekat dengan Indonesia, ternyata Malaysia lebih berhasil dalam membangun merek negaranya. Hal ini bahkan diperlihatkan dengan adanya jargon berupa “Malaysia the Truly Asia” Sehingga banyak investor maupun wisatawan mancanegara mengunjungi Malaysia untuk membuktikan jargon tersebut.

2. Thailand

“Amazing Thailand” menjadi merek negara ini. Hal ini menjadikan Thailand banyak dikunjungi oleh wisatawan asing setiap tahunnya. Mengapa? Pasalnya terdapat banyak keindahan alam dan pariwisata yang ada di sana. Bahkan, konsep merek negara ini menjadi inspirasi sendiri bagi negara Indonesia.

3. Jerman

Siapa yang tidak kenal dengan Jerman? Negara ini bahkan berhasil membangun merek negaranya dengan mengunggulkan industri otomotifnya. Beberapa produk dari industri otomotif tersebut bahkan sudah banyak dipasarkan di berbagai negara asing. Seperti misalnya, BMW, Audi hingga Mercedes.

4. China

China menjadi salah satu negara dengan merek yang mendunia. Pasalnya, bahan baku dengan mudah dan harga terjangkau bisa didapatkan di negara ini. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak negara yang menjalin kerjasama dengan China dalam bidang ekspor dan impor.

5. Amerika Serikat

Berawal dari peran sebagai ‘Polisi Dunia’ Amerika Serikat berhasil mendapatkan julukan sebagai salah satu negara maju melalui kampiun dream land. Hal ini dibuktikan dengan industri pesawat terbang komersialnya yang berhasil menjadi titik demokrasi terbaik.

6. Inggris

Cara unik yang dilakukan Inggris untuk mewujudkan dan berhasil mempertahankan merek negaranya. Apa caranya? Yakni dengan melakukan upaya rebranding. Hal ini bahkan banyak dilakukan oleh berbagai negara lain, seperti Selandia Baru maupun negara-negara di Eropa Barat.

7. Prancis

Perlu diketahui bahwa ternyata yang membuat Prancis berhasil memboomingkan merek negaranya adalah dengan menggunakan IFI sebagai sistem komunikasi. Hal ini kemudian menjadikan Prancis sebagai negara yang hebat dan memiliki diplomasi kuat.

8. Kanada

Slogan berbunyi “Keep Exploring” merupakan salah satu upaya Kanada dalam memujudkan merek negara. Sekalipun terdengar sangat sederhana, akan tetapi ternyata negara ini bahkan berhasl membranding negaranya menjadi sangat baik hingga terkenal ke penjuru dunia.

9. Korea Selatan

Upaya penghadiran merek negara yang tidak kalah berhasil adalah Korea Selatan. Mengapa? Pasalnya Korea Selatan menggunakan ekspor budaya K-POP ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sehingga hal tersebut lebih mudah dikenal oleh semua kalangan masyarakat.

Sebagai negara kesatuan, Indonesia memang kaya akan budaya, SDA maupun SDM. Namun, sejauh ini Indonesia masih tertinggal dari negara-negara di atas dalam hal merek negara. Oleh karena itu, 9 negara dengan nation branding berhasil di atas, kiranya wajib dijadikan patokan agar Indonesia selangkah lebih maju.

Baca Juga: Ingin Restoran Milik Anda Laris? Lakukan 5 Tips Place Branding Ini!

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.