Apa Itu Brand Storytelling? Berikut Penjelasan Lengkapnya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Brand storytelling menjadi strategi pemasaran berbeda di tengah banyaknya iklan 

Ketika konsumen dihadapkan dengan iklan mereka sudah merasa jenuh dan menurunnya rasa tertarik untuk aksi lebih. Hal ini disebabkan banyaknya iklan baik di televisi, radio, media sosial dan berbagai media lainnya yang begitu sering. Karena kebosanan seperti ini membuat iklan banyak diabaikan dan menjadi tidak efektif. Kalau Anda masih mengandalkan iklan maka akan sulit untuk melakukan berbagai promosi produk dan mendapatkan konsumen. Maka dibutuhkan cara pemasaran yang baru dan lebih fresh sehingga mampu menarik perhatian. Salah satu caranya adalah dengan membuat brand storytelling yang sudah dibuktikan banyak pelaku bisnis. Lantas bagaimana cara membuatnya, semua akan kami jelaskan tentang strategi satu ini secara detail.

Baca Juga: Brand Engagement Penting untuk Bisnis, Mengapa?

Apa itu Brand Storytelling dan Bagaimana Konsepnya?

Sebelum membahas lebih jauh akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu tentang pengertian dasarnya. Brand storytelling adalah penggunaan sebuah kisah yang autentik serta memberikan rasa emosional dengan tujuan promosi. Anda bukan sekedar memperkenalkan merek ke pasaran namun juga menjual kisah sehingga menjadi lebih menarik. Jadi konsumen akan merasa lebih tertarik ke kisahnya bukan ke kelebihan produknya. Secara sederhana konsep dari strategi ini adalah mempengaruhi alam bawah sadar konsumen untuk membeli produk, bahkan dapat dijadikan sebagai kompas untuk menunjukkan kemana arah strategi pemasaran yang tepat.

Anda akan merasakan berbagai keuntungan dari segi visibilitas, perkembangan serta dampak jangka panjang. Maka penting membawa konsumen masuk ke dalam dunia bisnis dengan membuat kisah untuk jangka panjang. Namun harus diperhatikan kalau kisah yang dibuat haruslah konsisten sehingga tidak membuat konsumen bingung. Cara ini sangat efektif untuk meraih serta mempertahankan perhatian dari para calon konsumen. Menerapkan storytelling ke dalam strategi pemasaran terbukti membuat brand menjadi lebih hidup dan menarik. Hal ini sangat membantu terhubung dengan konsumen menggunakan cara-cara lebih personal.

Ada satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah kisah dimana tokoh utamanya adalah konsumen. Sementara brand Anda sebagai pemandu atau fasilitator yang akan membawa kisah tersebut seperti nyata. Karena konsepnya adalah cerita maka tujuan utama bukan penjualan atau mendapatkan keuntungan. Namun tentang bagaimana cara agar bisa memberikan kekuatan untuk mendorong atau memotivasi konsumen untuk terbawa secara emosional.

Pentingnya Menciptakan Brand Storytelling Bagi Bisnis

Saat ini ada banyak brand yang bersaing dengan menggunakan berbagai cara maka dibutuhkan strategi berbeda. Sebaiknya Anda mengetahui seberapa penting menciptakan brand storytelling bagi bisnis jangka panjang.

1. Citra baik bagi brand

Salah satu peran penting dari storytelling adalah mampu memberikan citra positif bagi sebuah brand. Bukan sekedar tentang apa saja kelebihan produk dibanding dengan kompetitor namun lebih dari itu. Dengan adanya storytelling didalamnya membuat sebuah produk mampu menceritakan kisahnya sendiri. Mampu menjelaskan tentang esensi dan nilai dari brand mereka sendiri sehingga citra positif tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

2. Representasi karakter brand

Dengan menampilkan cerita yang dikemas baik membuat karakter brand-nya dapat tersampaikan. Karakter ini menjadi pembeda dengan kompetitor sehingga menjadi alasan tersendiri bagi konsumen untuk memilih produk Anda. Contoh sederhana Anda membeli sepatu dengan merk terkenal dan membeli merk lokal di pasar. Rasa kepercayaan diri dan karakter yang dimunculkan dari penggunaan produk tersebut ternyata sangat berbeda.

3. Konsumen merasa spesial

Alasan penting lainnya yaitu membuat konsumen merasa spesial karena adanya narasi dari sebuah storytelling. Pandangan yang diberikan konsumen terhadap produk tersebut jelas sangat berbeda setelah mengetahui kisah didalamnya. Esensi dari adanya metode satu ini dibuat dengan alasan kenapa brand tersebut bisa muncul dan harus menjadi pilihan. Menciptakan ikatan serta kepercayaan antara brand dengan konsumen.

Rahasia Marketing Menggunakan Brand Storytelling

Jika Anda tertarik untuk menggunakan strategi marketing satu ini maka harus mengetahui apa saja rahasianya. Dengan berbagai rahasia berikut ini dapat membantu proses marketing menjadi lebih maksimal.

1. Pilih bahasa yang sederhana

Menggunakan storytelling sebenarnya tujuannya untuk membranding produk dengan memanfaatkan sebuah cerita. Maka sangat disarankan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan lebih mudah dipahami karena target audiens dari berbagai kalangan. Usahakan untuk tidak menggunakan bahasa yang berbelit atau pemilihan kalimat dengan makna sulit dipahami. Pelajari bagaimana penggunaan bahasa dalam membuat sebuah cerita agar mudah ditangkap oleh calon konsumen.

2. Sesuaikan siapa target audiens

Sebuah strategi branding akan berhasil jika sesuai dengan target yang dituju atau tepat sasaran. Apapun metode branding yang digunakan termasuk jika menggunakan strategi brand storytelling. Maka rahasia kesuksesan strategi satu ini adalah menyesuaikan kisah dengan target calon konsumen. Misalnya Anda membuat produk minuman untuk remaja maka harus mengangkat kisah tentang kehidupan remaja.

3. Kisah yang mempengaruhi emosional

Rahasia lainnya adalah dengan membuat kisah yang mampu memicu perasaan atau emosional konsumen. Cara ini membuat calon konsumen lebih mudah mengingat dan mengenal merk kemudian larut ke dalam kisahnya. 

4. Berikan narasi berbeda

Narasi menjadi salah satu daya tarik branding jadi perlu menciptakan narasi yang berbeda dan terbaik. Bukan sekedar membuat kisah unik namun harus sesuai dan konsisten dengan produk Anda. Usahakan membuat narasi yang berbeda dari umumnya namun memberikan pelajaran tersendiri bagi konsumen, sehingga mampu menciptakan kesan positif dan menjadi daya tarik tersendiri untuk membeli atau menggunakan produknya.

Tips Membuat Brand Storytelling yang Efektif

Terkadang banyak pelaku bisnis merasa kesulitan ketika harus membuat storytelling untuk brand mereka sendiri. Hal ini sangat wajar karena memang tidak mudah membuat cerita yang menarik lebih dari iklan. Tipsnya Anda harus membuat kisah yang menyentuh karena konsumen saat ini menginginkan sesuatu berbeda. Iklan yang dibuat secara instan dan monoton langsung ke penawaran produk membuat konsumen tidak tertarik. Raih emosional para calon konsumen untuk bisa memperkenalkan produk Anda secara tepat dan cepat. 

Baca Juga: Jangan Ragu Berkarya! Berikut 4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan dalam Desain Branding

Kalau memang merasa kesulitan sebaiknya gunakan jasa branding dan digital marketing agency seperti dreambox. Dreambox dapat membantu Anda membuat storytelling yang sangat efektif untuk pengembangan bisnis, sehingga membuat brand Anda mampu bersaing di pasaran dan mendapatkan konsumennya dengan menggunakan strategi berbeda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya tentang pembuatan storytelling untuk brand. Karena kami sudah berpengalaman dalam membuat dan mengelola brand storytelling dibuktikan dengan banyaknya testimoni dari klien.Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms