...

Apa Itu Tagline Serta Fungsinya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Melakukan branding, setidaknya ada lima jenis identitas fisik yang memberi pengaruh signifikan.

Dimulai dari logo, slogan dan atau tagline, warna, maskot, sampai yang terakhir adalah suara. Semuanya perlu dimiliki oleh sebuah brand untuk bisa meningkatkan proses branding dan angka penjualan. Salah satu yang penting ialah tagline. Apa itu tagline? Dan apa pula fungsinya dalam pemasaran? 

Apa Itu Tagline? 

Tagline menjadi salah satu bentuk identitas fisik suatu brand atau produk yang perlu dibuat dengan sangat teliti. Mengapa? Hal ini didasarkan dari pengertian tagline itu sendiri. Yaitu sebuah logo verbal atau dalam bentuk tulisan. Tagline tersusun atas satu atau beberapa kata yang terbilang singkat yang kemudian dibuat menarik, unik, dan sarkas. 

Baca Juga: Cara Membuat Logo Brand yang Baik

Tagline yang sifatnya unik sekaligus menarik, membuat siapa saja yang mendengar atau membaca kalimatnya akan langsung ingat pada sebuah produk atau perusahaan. Itulah mengapa mayoritas tagline dari berbagai brand di Indonesia dan dunia mudah diingat sekaligus mampu meningkatkan semangat pembacanya

Kalimat tagline sendiri akan selalu diikutkan dalam setiap proses pemasaran atau branding. Baik itu ikut dicetak dalam label produk, poster iklan, desain papan nama, dan lain sebagainya. Jadi, lewat penjelasan mengenai apa itu tagline tentu bisa memberi gambaran seberapa penting tagline tersebut. 

Sebagai tambahan, tagline berbeda dengan slogan. Tagline akan mewakili perusahaan, sehingga setiap menampilkan logo perusahaan maka tagline akan ikut dicantumkan. Sementara slogan dibuat spesifik mengikuti produk dari suatu perusahaan. Satu perusahaan hanya punya satu tagline dan punya banyak slogan, sesuai jumlah atau varian produk yang disediakan. 

Supaya lebih paham mengenai perbedaan apa itu tagline dan apa itu slogan. Maka bisa melihat contoh dari brand Apple. Apple memiliki tagline “Think Different”, sementara setiap produknya punya slogan berbeda-beda. Misalnya untuk produk iPad slogannya adalah “Change Is In The Air”. 

Fungsi Tagline dalam Kegiatan Pemasaran

Setelah memahami apa itu tagline, tentu perlu mengetahui juga apa fungsinya bagi kegiatan pemasaran atau bagi perusahaan. Jadi, secara umum, tagline memiliki beberapa fungsi sebagai berikut: 

1. Meningkatkan Awareness 

Tagline memiliki fungsi utama sebagai media untuk meningkatkan awareness. Dari orang yang tidak tahu menjadi tahu, dan yang dari tahu menjadi ingat. 

Terbukti dari berbagai brand yang mampu meningkatkan brand awareness dengan kalimat tagline yang disebut berkali-kali setiap iklan ditayangkan. Misalnya, ketika orang membahas produk lampu yang terang maksimal maka akan langsung menjawab Philips berkat tagline “Terang terus, terus terang”. 

2. Mempresentasikan Visi dan Misi

Tagline juga punya fungsi untuk mempresentasikan visi dan misi perusahaan. Kembali ke contoh lampu Philips dengan tagline khas tersebut, maka Philips mencoba menerangkan pada dunia bahwa produk lampunya punya visi dan misi untuk menerangkan seluruh dunia. 

3. Memperkuat Positioning di Benak Market

Tagline juga berfungsi untuk memperkuat positioning di benak market atau target pasar. Maksudnya adalah memudahkan produk untuk diingat oleh masyarakat, sehingga lebih mudah untuk memasarkan produk tersebut. 

4. Sebagai Pembanding dengan Kompetitor

Kalimat tagline juga berfungsi sebagai sebuah keunikan atau pembeda dengan produk kompetitor. Ketika membuat tagline maka sama artinya menyampaikan keunggulan produk tersebut dibanding produk serupa dari brand lain. 

5. Memperkuat Identitas Bisnis 

Menyediakan atau membuat tagline juga membantu menguatkan identitas dari suatu produk. Produk ini mudah dikenal, tampak berbeda dari produk lain, dan juga lebih mudah diingat. 
Fungsi dari tagline memang sangat kompleks, oleh sebab itu dalam menentukannya pun perlu banyak pertimbangan. Pastikan tagline tersebut singkat, padat, jelas, yang kemudian mampu memenuhi fungsi-fungsi dan pengertian apa itu tagline seperti yang dijelaskan di atas.

Baca Juga: Tips Memulai Branding Online untuk Perusahaan

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms