...

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Logo perusahaan memiliki peran penting dalam prospek bisnis di pasaran. Kalangan pengusaha pasti paham betapa logo perusahaan sangat mempengaruhi prospek bisnis di pasaran. Logo perusahaan yang dibuat secara tepat akan mampu memberikan citra yang baik di mata publik dan dapat mengkomunikasikan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan efektif. Otomatis prospek bisnis pun akan menguntungkan. Oleh karena itu, membuat logo perusahaan tidak bisa sembarangan.

Baca Juga: Peran dan Pentingnya Logo dalam Membangun Brand

Jika logo perusahaan dibuat secara salah, tentu yang terjadi adalah hal sebaliknya. Dengan kata lain, logo perusahaan tidak lagi hanya berfungsi sebagai simbol identitas perusahaan beserta produk atau jasa yang ditawarkan saja, tetapi juga berfungsi menunjang strategi branding perusahaan.

Logo perusahaan yang efektif haruslah unik, sesuai, dengan bentuk jelas dan simpel, serta menggambarkan pesan pengusaha tentang bisnis yang dijalankan. Terdengar mudah ya? Pun banyak orang menganggap membuat logo perusahaan perkara sepele. Padahal faktanya butuh pemikiran, kreativitas dan keahlian serta banyak hal lainnya untuk membuat sebuah logo perusahaan yang efektif.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan

Bagi Anda yang sedang berencana membuat logo perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuatnya seperti

1. Kenali Brand Dengan Baik

Anda harus mengenal brand Anda dengan baik untuk membuat logo yang efektif. Pahami visi dan misi brand Anda secara jelas serta karakter konsumen yang disasar agar dapat menentukan elemen logo seperti apa yang sesuai.

2. Mampu Gambarkan Identitas Perusahaan

Segala elemen pada logo perusahaan harus mampu menggambarkan identitas perusahaan. Misalnya, jika produk bisnis Anda minuman kopi, Anda bisa menggunakan gambar biji kopi atau cangkir kopi sebagai logo perusahaan Anda.

3. Pilih Warna dan Font yang Sesuai

Jangan asal memilih warna dalam membuat logo perusahaan. Pilih yang sesuai dengan identitas perusahaan. Ingat tiap warna dapat memberi efek emosi yang berbeda kepada si pelihat. Warna merah misalnya identik dengan gairah, semangat dan agresivitas.

Begitu pula dengan memilih font, harus sesuai juga. Misalnya, jika produk Anda adalah mainan anak maka disarankan menggunakan handwritten font karena sasaran konsumennya adalah anak-anak. Mereka tentu lebih tertarik melihat logo dengan font mirip tulisan tangan asli.

Anda dapat memilih menggunakan jenis logo gambar atau tulisan. Mana yang kira-kira paling sesuai untuk menggambarkan identitas perusahaan. Anda juga dapat menggunakan kombinasi keduanya. Namun, tentu akan menghabiskan lebih banyak effort dan biaya untuk membuatnya.

5. Desain Menarik

Pilih desain logo perusahaan yang unik dan tidak pasaran agar menarik dan mudah diingat. Gunakan pula konsep yang kekinian sehingga mampu bersaing di pasaran.

6. Harus Simpel

Pastikan desain logo perusahaan dibuat dengan simpel. Biasanya logo yang simpel terdiri dari 1-2 warna, font, dan elemen lainnya. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan logo malah terlihat terlalu rumit, membingungkan dan sulit diingat.

7. Desain Aplikatif

Buat desain logo perusahaan yang aplikatif di berbagai ukuran alat promosi. Artinya, tetap terlihat jelas dan menarik saat diaplikasikan di alat promosi berukuran besar seperti billboard maupun yang berukuran kecil seperti pulpen.

8. Harus Tetap Menarik Meski Tak Berwarna

Banyak desainer logo menganggap bahwa sebuah logo baru akan terlihat menarik setelah diberi warna. Padahal, logo yang benar-benar efektif adalah logo yang tetap terlihat menarik meski belum diberi warna.

Anda harus berpikiran logo perusahaan Anda nantinya tak hanya akan dicetak dalam versi berwarna. Misalnya, pada sebuah dokumen atau koran yang umumnya dicetak dalam warna hitam dan putih. Jadi, pastikan desain logo perusahaan Anda juga menarik dalam versi hitam dan putih.

Triknya, buat sketsa awal desain logo perusahaan Anda menggunakan pensil. Jangan langsung beri warna. Kalau hasil sketsa pensil saja sudah menarik berarti Anda telah membuat logo yang efektif.

Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang berencana membuat logo perusahaan.

Baca Juga: Alasan Jasa Desain Grafis Sangat Penting di Dalam Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms