Beragam Keuntungan yang Anda Dapatkan Jika Menggunakan Konsultan Branding

Branding Strategi

Konsultan branding dapat mengoptimalkan identitas produk

Proses pertama sebelum meluncurkan produk adalah branding, dulu proses ini sangat rumit, tetapi kini dipermudah dengan banyaknya jasa konsultan branding. Branding sendiri adalah upaya memperkenalkan sebuah merek pada masyarakat luas. Contohnya tentang Pocari Sweat, sekarang mungkin sudah mengenalinya sebagai minuman penambah atau pengganti ion tubuh yang telah hilang.  Pada awal – awal perilisannya, minuman ini bahkan belum dikenal dan mendapatkan reputasi tidak memuaskan. Tetapi tim tetap melanjutkan proses pengenalan tersebut, mulai dari merancang sistem pembagian minuman secara gratis, melakukan edukasi tentang cairan ion tubuh, dan berbagai strategi lainnya.

Baca Juga: Ampuh! Ini 5 Cara Jitu Mengembangkan Customer Value

Hingga pada akhirnya masyarakat memahaminya dan mulai menyukainya. Dalam perjuangan ketika mengenalkan tersebut, bisa jadi belum ada produk terjual, karena fokus pada memperkenalkan produknya ke masyarakat. Setelah mengetahui bahwa minumannya tersebut bermanfaat, penjualan menjadi meroket dan keuntungannya sangat besar. Namun proses tersebut cukup panjang, tidak hanya kelihatan yang nampak saja, tetapi juga proses tidak nampak. Seperti contohnya konseptual, pengumpulan data, analisis data, hingga pada akhirnya eksekusi strategi di lapangan.

Pentingnya Konsultan Branding Bagi Perkembangan Bisnis

Belum banyak pengusaha atau pemilik bisnis berusaha untuk menyewa jasanya, terlebih apabila sedang merintis. Ada beberapa penyebab, pertama paradigma bahwa proses merintis haruslah dikerjakan secara mandiri sambil belajar dan bereksperimen. Begitu juga tentang hambatan keuangan, cenderung difokuskan pada pemenuhan modal dan proses produksi, namun terkadang enggan mengoptimalkannya pada proses marketing. Efeknya adalah proses pengenalan brand dan penjualannya menjadi kurang optimal. Agar bisa mengoptimalkan penjualan tentunya harus mengoptimalkan proses pengenalan brand, tetapi tidak boleh sembarangan karena akan berdampak pada persepsi publik. Dalam marketing persepsi publik memiliki peranan penting dan berpengaruh pada penjualan. Karenanya dalam pengenalan harus merencanakan secara hati – hati, mulai dari brand ideologi, simbol, target market, hingga strategi menggaet kepercayaan publik.

Tujuan awalnya adalah meningkatkan awareness nantinya ditingkatkan menjadi pelanggan tetap. Panjangnya proses ini alangkah lebih baik serta optimal apabila dikerjakan oleh orang berpengalaman serta profesional. Mungkin tidak hanya individu, tetapi juga dikerjakan oleh tim lengkap seperti desainer, data analis, sosial media spesialis, dan berbagai pihak lainnya. Pihak profesional tersebut adalah konsultan branding, bidang kerjanya adalah mengamati bagaimana sebuah brand berkembang, diterima, serta membawa bisnisnya untung berlipat ganda.  Selain itu, merumuskan strategi yang tepat berdasarkan kondisi permasalahan kliennya. Pengalaman panjang serta pemahaman terkait data – data bagaimana sebuah merek bisa berkembang memungkinkan bisnis Anda juga berkembang secara pesat. Berinvestasi sedikit di bidang pemasaran tentunya tidak akan rugi, mengingat potensi keuntungannya juga tinggi.

Keuntungan Menggunakan Konsultan Branding Bagi Bisnis

Menginvestasikan modal di sektor yang tepat mampu meningkatkan peluang profitnya, salah satunya adalah menginvestasikan pada pengenalan merek melalui jasa konsultan. Selain itu juga terdapat beberapa manfaat ketika menggunakan jasanya.

1. Menumbuhkan Brand Awareness

Kesadaran terhadap merek menjadi salah satu unsur penting ketika ingin bisa menjual ke pelanggan yang belum pernah kenal sebelumnya. Tanpa melakukan pengenalan, tentu saja pelanggan tidak memiliki alternatif ketika hendak mencari produk yang sama. Tujuan dari awareness adalah terbangun kesadaran atau pengertian bahwa untuk produk atau layanan demikian juga tersedia pada bisnis Anda. begitu juga dengan keuntungan ketika menggunakannya, seperti mendapatkan promo diskon dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Jangkauan

Konsultan branding mengetahui berbagai sektor serta segmentasi pasar, baik berdasarkan usia, umur, gender, atau bahkan geografis. Tidak hanya itu, profesional mengetahui bagaimana cara menjangkaunya. Apakah melalui perpesanan, media sosial, atau door to door. Semakin luas jangkauannya, maka potensi dikenalnya produk juga semakin tinggi, contohnya ketika membuat iklan di tv, pasti banyak orang menonton dan mulai penasaran terhadap produknya. Jangkauan bisa diperluas asalkan tahu cara menjangkaunya.

3. Menjaring Banyak Pelanggan

Tujuan utama dari proses marketing adalah mendapatkan pelanggan dan mampu melakukan penjualan. Mendapatkan pelanggan tidak gampang, ada banyak proses serta pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan membeli. Seperti apakah produknya diperlukan, apakah produknya membawa keuntungan baginya, apakah harganya cocok, dan lain sebagainya. Untuk mempersingkat proses pengambilan keputusannya, diperlukan copywriting.

4. Fokus Pengembangan Produk

Sebagai seorang pemilik bisnis, tidak lagi harus terbebani oleh pekerjaan – pekerjaan teknis. Owner atau manajer haruslah fokus pada hal – hal besar, seperti manajerial, riset produk, hingga menggerakkan sistem. Namun proses ini akan terhambat bila konsentrasinya ke branding. Langkah terbaik adalah menyerahkannya ke konsultan branding, di dalamnya terdapat tim profesional, sehingga bisa bertanggung jawab terhadap tugasnya. Fungsinya sebagai manajer tinggal mengontrol apakah hasilnya sesuai atau justru muncul hambatan baru.

5. Akses Tools Profesional

Membentuk tim sendiri memerlukan sumber daya besar, mulai dari merekrut karyawan, membeli tools – tools terkait, dan menyediakan kompensasi atau fee atas pekerjaannya. Hanya dengan fokus hire profesional, tools tersebut sudah bisa diakses. Ada banyak sekali tools untuk mengoptimalkan proses pengenalan merek, mulai dari SEO optimizer, tools riset konten, grammar cek, dan anti plagiasi cek. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal harus membeli yang premium atau berbayar.

6. Tenang Karena Ditangani Profesional

Badan tidak lagi khawatir atau was – was setelah meninggalkan tugas tersebut, bahkan cenderung bersantai karena mengetahui bahwa pekerjaannya ditangani oleh profesional berpengalaman. Tinggal memastikan hasilnya sesuai dengan proses dan briefingnya saja.

Tips Memilih Jasa Konsultan Branding

Sebelum memutuskan untuk menyewa jasanya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perlu diketahui bahwa menyewa konsultan juga memiliki risiko, salah satunya adalah hasil brandingnya kurang memuaskan,, sehingga tidak bisa optimal dalam marketingnya.

1. Pertimbangkan pengalaman

Semakin banyak pengalaman menyelesaikan proyek serta menghantarkan suatu proyek ke puncak keberhasilannya menunjukkan konsultannya kompeten. Anda bisa menggunakan jasa ini agar potensi keberhasilan juga semakin besar.

2. Pahami Peran Konsultannya

Setiap konsultan memiliki perannya sendiri – sendiri, mulai dari membantu analis, membantu mengembangkan strategi, bahkan ada yang mendampingi hingga proses implementasi strategi brandingnya.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Dreambox, SEO Agency Jakarta

3. Pastikan Anggaran Aman

Pertimbangan terakhir adalah memastikan anggarannya aman, dalam artian seimbang antara penggunaan di bidang marketing dengan pengembangan produk. Jangan sampai fokus ke marketing tetapi produknya belum siap, tentu kurang baik efek jangka panjangnya.  Marketing menjadi inti ketika sedang merintis bisnis, terutama untuk mengenalkan mereknya ke berbagai audiens dan target pasar. Proses panjang ini bisa dimaksimalkan ketika menyewa jasa konsultan branding yang telah berpengalaman menyelesaikan berbagai proyek. 

Setelah mengetahui keuntungan jika menggunakan jasa konsultan brandin, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Terapkan 3 tips diatas dalam memilih kada konsultan branding. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.