...

Brand Identity Dapat Memperkuat Karakter Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Gunakan logo yang mudah diingat untuk memperkuat brand identity.

Brand identity merupakan faktor yang berkaitan dengan proses terbentuknya persepsi orang saat melihat bisnis Anda. Seperti yang terlihat bahwa persepsi itu sangat penting untuk memberikan value tersendiri terhadap bisnis Anda.

Terlebih setiap perusahaan pasti punya value yang mau disampaikan kepada pelanggan. Itulah kenapa penting untuk membentuk identitas merek yang unik supaya bisa dijadikan sebagai pembeda dengan kompetitor yang sama jenisnya.

Itulah kenapa setiap pelaku usaha harus memahami hal tersebut dengan baik karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bisnis sebuah perusahaan. Jadi bila Anda ingin memperkuat karakter, pahami brand identity dulu.

Selebihnya bila Anda ingin memperkuat karakter bisnis, maka akan kami jelaskan tentang pengertian, manfaat, elemen, cara membangun, dan bentuk yang kuat dalam membangun identitas merek, sehingga Anda mengenal seluk beluknya.

Baca Juga: Membangun Brand Identity yang Tepat untuk Meningkatkan Keberhasilan Bisnis

Pengertian Brand Identity

Ini adalah elemen penting dalam sebuah merek produk. Misalnya seperti warna, logo, font, desain, dan sejenisnya. Jadi ini adalah kumpulan dari semua elemen untuk mewujudkan citra produk di hati konsumen.

Ketika sebuah perusahaan mempunyai identitas yang kuat, maka itu akan memudahkan mereka agar dikenal masyarakat lebih luas. Bahkan konsumen bisa menjadi setia karena dari awal produk Anda mempunyai persepsi sempurna. Itu artinya selain bisa dijadikan sebagai pembeda dengan pesaing lainnya, brand identity ini juga sering digunakan perusahaan untuk membuat customer loyalty semakin meningkat. Meski sayangnya tidak semua orang bisa memahaminya.

Padahal istilah ini sudah umum digunakan. Maka dari itu pastikan Anda memahami bila branding itu fokus pada praktik pemasaran untuk membangun sebuah merek secara aktif. Ini berbeda dengan identitas merek.Karena identitas ini adalah elemen penting yang digunakan perusahaan supaya bisa terlihat tidak sama dengan pesaingnya. Jadi hal tersebut efektif menciptakan persepsi khusus kepada para pelanggannya. Jadi produk dikenal luas.

Manfaat Brand Identity

Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan identitas merek ini dalam menjalankan sebuah bisnis tertentu. Di bawah ini adalah manfaat menggunakan hal tersebut bagi perusahaan yang perlu dipahami pelaku usaha:

  1. Menjadi mudah dikenal oleh masyarakat luas, termasuk pelanggan. Setelah mereka mengenal merk Anda, tentunya itu akan membuatnya memilih layanan dan produk tersebut, sehingga bisa terjadi transaksi pembelian terhadap produk Anda.
  2. Dengan mempunyai brand identity yang kuat membuat perusahaan lebih siap menghadapi tingkat persaingan tinggi dengan kompetitornya. Merk yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri pasti mudah dikenal pelanggan daripada lainnya.
  3. Identitas merek yang baik membuat pelaku usaha berkesempatan memiliki konsumen yang setia. Untuk mendapatkan pelanggan loyal itu butuh waktu. Maka dari itu ciptakan identitas brand yang kuat dengan strategi jitu.
  4. Setidaknya hal ini efektif membuat profit perusahaan semakin meningkat. Karena ketika sebuah produk punya kredibilitas baik dan pelanggan setia, otomatis itu memudahkan perusahaan mendapatkan calon konsumen baru, sehingga profit meningkat.

Baca Juga: Alasan Mengapa Brand Identity Sangat Penting Bagi Bisnis

Elemen yang Bisa Dimanfaatkan dalam Brand Identity

Ada beberapa elemen yang mempengaruhi identitas merek sebuah produk perusahaan. Itulah kenapa sebaiknya perhatikan beberapa elemen di bawah ini supaya bisa membangun identitas produk yang kuat dan konsisten dengan baik:

  1. Perhatikan brand positioningnya dulu. Bagian ini harus jelas. Jadi jangan lupa tentukan tujuan dibangunnya sebuah merek. Penamaan produk itu penting untuk menunjukkan kelebihan dibandingkan pesaing dengan jenis layanan yang asma.
  2. Riset pasar itu juga termasuk salah satu elemen penting untuk melihat adanya ketegangan budaya pada sebuah produk. Cobalah untuk melakukan diskusi untuk menciptakan daya tarik emosional calon konsumen lebih dulu.
  3. Elemen penting lainnya yang mempengaruhi brand identity adalah kepribadian/ personality merk. Bagian ini sangat berdampak besar terhadap produk Anda. Bila personality produk tidak terbentuk, otomatis konsumen sulit mengenal layanan Anda.
  4. Logo harus mudah diingat. Ini menjadi bagian elemen penting karena mempengaruhi sebuah merek. Logo itu pusatnya desain identitas sebuah produk yang paling menonjol dan sering dilihat. Jadi perlu diperhatikan juga.
  5. Perhatikan palet warna brand identity. Karena ini bisa mempengaruhi psikologi para pelanggan. Dalam hal ini, logo produk harus punya sedikit warna primer dan sekunder supaya terlihat menarik di mata pelanggan.
  6. Elemen lainnya adalah tipografinya. Gunakan jenis huruf utama yang bisa dijadikan sebagai identitas desain sebuah merek Anda. Anda harus bisa memilih yang paling sesuai dengan logo serta palet warnanya juga.

Baca Juga: 7 Warna Branding Logo yang Membuat Bisnis Anda Mudah Diingat

Cara Membangun Brand Identity yang Kuat

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun identitas merek yang kuat. Maka dari itu sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini supaya bisa menciptakan identitas yang kuat pada merk:

  1. Jangan lakukan segmentasi target pasar dulu. Ini merupakan poin penting dalam membangun brand identity yang kuat. Cari tahu siapa target pasarnya dulu dan seperti apa mereka. Lakukan analisis terhadap kompetitor.
  2. Ciptakan karakter dan nilai khas produk Anda. Ini penting karena mempengaruhi persepsi pelanggan. Jadi pastikan untuk menunjukkan nilai lebih pada konsumen. Karena hal tersebut merupakan pondasi utama membangun identitas produk.
  3. Siapkan strategi terbaik dalam membangun brand identity. Karena untuk mendapatkannya butuh waktu lama dan harus konsisten. Jadi supaya bisa menjangkau semua lapisan konsumen, sampaikan value brand menggunakan berbagai macam platform.
  4. Jangan lupa buat desain merek yang paling menarik dan mudah diingat. Anda harus memperhatikan desain website, logo, serta cara packing kemasan produk yang menarik, sehingga bisa terlihat memorable bagi pelanggan.

Dalam hal ini, logo itu adalah wajahnya brand identity perusahaan. Jadi persiapkan dengan baik supaya selalu diingat oleh pelanggan. Disamping itu buat desain web yang menarik. Jangan lupa representasikan tujuan meraka ke website perusahaan, sehingga ini akan membantu Anda untuk membangun identitas produk dengan mudah. Yang pasti, perhatikan warna, bentuk, dan tipografi dalam membuat desain merek.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Segmentasi Pasar Sebelum Melakukan Branding

Bentuk Brand Identity yang Kuat Bagi Produk Anda

Ternyata meski Anda sudah membuat desain elemen sebuah merek, hal tersebut tidak menjamin bisa menciptakan identitas produk dengan baik di mata pelanggan. Karena untuk memperkuat identitas butuh kerjasama banyak pihak.

Misalnya dari tim internal perusahaan (pembuat konten dan duta merek) dan pelanggan. Itulah kenapa untuk membentuk brand identity yang kuat pada sebuah produk, Anda harus memastikan identitas merknya seperti ini:

  1. Identitasnya harus berbeda dari yang lain. Jadi merknya harus bersifat menonjol di antara para kompetitornya. Dengan begitu produk Anda akan menarik banyak pihak termasuk calon pelanggan baru, sehingga terjadi transaksi.
  2. Pastikan mereknya harus mudah diingat. Anda bisa memainkan peran visual dengan baik. Misalnya seperti Apple dengan logo yang mudah diingat. Jadi saat pelanggan melihat logonya langsung mengenal brand identity produknya.
  3. Pastikan harus bersifat scalable dan fleksibel. Jadi bisa berkembang dan tumbuh dengan merknya. Selain itu, sifatnya harus kohesif dan bisa melengkapi identitas produk dengan baik. Jadi bisa diaplikasikan dengan mudah.

Baca Juga: Ingin Membangun Brand? Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Saat beberapa hal di atas tidak diperhatikan dengan baik, identitas merek akan melemah. Maka dari itu perhatikan beberapa hal di atas untuk meningkatkan brand identity yang kuat di mata pelanggan. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms