Brand Monitoring: Kegunaan, Tempat, dan Rekomendasi Tools

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Pentingnya Brand Monitoring dalam Bisnis

Brand monitoring adalah salah satu kunci penting dalam menjaga reputasi bisnis atau perusahaan. Sayangnya, banyak marketer atau pemasar yang sering melupakan aspek ini meskipun memiliki banyak kegunaan.

Padahal, monitoring brand dapat membantu memahami apa yang dipikirkan oleh publik tentang produk atau merek perusahaan Anda. Jadi, pahami lebih lanjut se

luk beluk tentang hal ini agar Anda bisa menerapkannya!

Apa itu Brand Monitoring

Pada dasarnya, monitoring merek atau brand adalah sebuah proses analisis bisnis yang berkaitan dengan pemantauan di berbagai saluran, mulai dari media sosial, website, media elektronik, hingga media cetak. 

Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi terkait perusahaan, produk, brand, serta segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan monitoring ini, pemilik bisnis bisa mengetahui bagaimana masyarakat umum melihat reputasi brand tersebut.

Misalnya untuk mengidentifikasi apakah brand tersebut sudah terlihat baik di mata publik atau masih perlu perbaikan. Jadi, tujuan utama dari tindakan monitoring tersebut adalah untuk mendapatkan publisitas yang baik.

Proses Brand Monitoring di Berbagai Saluran?

Semakin baik pendapat masyarakat umum mengenai brand Anda, maka citra perusahaan juga akan semakin meningkat. Hal ini berbeda dengan social listening yang bertujuan untuk mengetahui tentang produk, brand, kompetitor, dan tren yang sedang dibicarakan.

Adapun ulasan singkat tentang cara dan proses melakukan pemantauan brand di berbagai saluran adalah sebagai berikut:

  1. Penetapan kata kunci dan hashtag yang berhubungan dengan brand Anda;
  2. Penggunaan tools khusus monitoring untuk membantu memantau aktivitas online dan menemukan apa yang dibicarakan orang tentang brand Anda;
  3. Analisis ulasan dan sentimen publik terkait brand;
  4. Membaca blog dan forum di bidang yang terkait;
  5. Monitoring situs web pesaing (konkurensi/kompetitor) sebagai pembanding;
  6. Berkomunikasi secara aktif dengan pelanggan. Misal dengan menjawab pertanyaan dan menanggapi keluhan mereka.

Kegunaan Brand Monitoring

Sebagai seorang pemilik brand atau pengelola bisnis, Anda harus selalu tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Oleh karena itu, monitoring brand bisa menjadi salah satu cara untuk memahami pelanggan Anda.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang menjelaskan meng

apa tindakan monitoring ini sangat penting bagi bisnis, di antaranya yaitu:

1. Memahami Sentimen Publik

Memonitor dan mengevaluasi brand secara berkala dapat membantu memahami sentimen publik terhadap brand Anda. Semakin baik sentimen publik terhadap brand, semakin baik pula reputasi perusahaan Anda.

Anda bisa menganalisis sentimen berdasarkan bahasa yang digunakan oleh masyarakat saat memberikan komentar tentang brand Anda. Ini membantu Anda menilai apakah sentimen tersebut bersifat positif atau negatif.

2. Menjaga Reputasi

Melalui monitoring brand, Anda dapat menjaga reputasi perusahaan secara lebih baik. Hal ini penting agar perusahaan yang dimiliki terus memiliki reputasi yang b

aik dan kredibel.

Dengan mengetahui kendala yang sering dialami oleh pelanggan dan berupaya memberikan solusi atau bantuan secepat mungkin, ini akan membuat reputasi brand Anda semakin dipercaya.

3. Mengidentifikasi User Generated Content (UGC)

User Generated Content atau UGC adalah salah satu strategi content marketing  yang dikenal ampuh untuk menarik pelanggan. Dengan monitoring merek, perusahaan bisa mengetahui siapa saja yang membagikan konten tentang brand di media sosial.

Selain itu, konten yang dibagikan oleh pelanggan tersebut

 juga bisa dijadikan testimoni, sehingga produk Anda terlihat lebih kredibel dan dapat menarik lebih banyak pelanggan.

4. Menciptakan Komunikasi Dua Arah

Saat perusahaan bisa mengidentifikasi di mana platform yang sering membicarakan brand mereka, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk memberikan tanggapan. Misalnya dengan cara menanggapi komentar di media sosial

Jika brand secara aktif bisa menerima masukan yang

 diberikan, ini akan menciptakan komunikasi dua arah yang lebih baik. Saat interaksi berjalan baik, pelanggan akan lebih mudah menyampaikan kesulitannya saat memakai produk atau layanan Anda.

Dimana Sebaiknya? Strategi Terbaik untuk Brand Monitoring

Proses monitoring merek dapat dilakukan di berbagai saluran, baik online maupun offline. Beberapa area utama yang perlu dimonitor diantaranya seperti:

  1. Media cetak seperti koran dan majalah;
  2. Media online;
  3. Media elektronik seperti TV;
  4. Publikasi artikel di blog;
  5. Forum komunitas;
  6. Platform media sosial, contohnya Instagram, Facebook, Twitter, TikTok.

Alasannya, persepsi publik sangat penting karena hal ini berhubungan langsung dengan reputasi yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Jadi, berbagai area di atas adalah tempat yang efektif untuk melakukan monitoring karena banyak memuat opini publik.

6 Rekomendasi Tools untuk Brand Monitoring

Untuk bisa melakukan monitoring dengan efektif, Anda memerlukan alat-alat yang dapat membantu dalam memantau berbagai saluran dan mendapatkan inf

ormasi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa alat monitoring brand yang banyak direkomendasikan pebisnis:

1. BrandMentions

brandmentions-brand-monitoring-tool

BrandMentions mempunyai fitur untuk mendeteksi seberapa banyak dan seberapa sering brand atau produk disebut di dunia maya. Ini tidak hanya mendeteksi, tetapi juga membantu mengukur apakah produk Anda diterima dengan positif atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur analisis kompetitor. Dengan BrandMentions, Anda bisa mengidentifikasi bagaimana tanggapan masyarakat terkait produk sejenis dari pesaing.

 

2. PeakMetrics

peakmetrics-brand-monitoring-tool

Alat brand monitoring ini sangat lengkap  karena dapat memantau tren produk dari berbagai platform. Adapun diantaranya termasuk media sosial, portal berita, siaran dari stasiun TV, podcast, hingga siaran radio.

PeakMetrics juga dilengkapi dengan fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk menganalisis dan membuat laporan otomatis terkait brand mention yang meliputi demografi, karakteristik user yang menyebut brand, hingga sentimennya ke produk. 

 

3. Mentionlytics

mentionlytics-brand-monitoring-tool

Jika Anda lebih berfokus pada platform media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, Mentionlytics adalah alat monitoring yang cocok. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur analisis kompetitor dan market sesuai produk Anda. 

Dengan Mentionlytics, Anda dapat mengetahui mana saja influencer dan website yang baik untuk digunakan dalam kampanye brand awareness. Ini membantu Anda memaksimalkan pengaruhnya bagi strategi branding.

 

4. Google Alerts

googlealerts-brand-monitoring-tool

Butuh alat monitoring brand gratis? Tenang, ada Google Alerts yang bisa jadi opsi. ini adalah layanan sederhana dari Google yang memungkinkan Anda memasukkan kata kunci terkait brand atau kampanye yang berlangsung.

Ketika ada berita atau artikel terkait dengan kata kunci tersebut, Anda akan menerima notifikasi email. Keuntungan utama dari Google Alerts adalah sangat mudah dipakai untuk memantau berbagai kata kunci, mulai dari produk sendiri hingga brand pesaing.

 

5. Hootsuite

hootsuite-brand-monitoring-tool

Selain dikenal lebih sebagai alat manajemen media sosial, ternyata Hootsuite juga dapat digunakan sebagai alat monitoring yang kuat. Sebab, ini membantu Anda untuk mencari kata kunci, baik dalam bentuk tagar, nama brand, hingga lokasi. 

Bahkan, Anda bisa menemukan beragam percakapan atau thread yang membahas produk terkait. Dari situ, Anda dapat menilai apakah produk tersebut diterima dengan baik di masyarakat atau tidak.

 

6. Brandwatch

brandwatch-brand-monitoring-tool

Brandwatch bisa dianggap sebagai salah satu alat monitoring merek terbesar karena mampu menarik data dari lebih dari 100 sumber. Ini tidak hanya memberikan informasi tentang sentimen konsumen, tetapi juga membantu merespon dengan tepat.

Selain itu, Brandwatch sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang membantu perusahaan untuk mengenal karakter konsumen mereka secara lebih detail dan mendalam.

Selain 6 rekomendasi di atas, sebenarnya masih banyak lagi tools yang bisa Anda gunakan. Sebagai alternatif solusi yang lebih mudah, menggunakan jasa dari branding agency seperti Dreambox. Anda bisa menggunakan layanan branding Dreambox untuk memenuhi kebutuhan brand monitoring. Hubungi kami sekarang!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms