Cara Ampuh Dalam Branding Produk Di Benak Konsumen

Branding Strategi

Pentingnya melakukan branding produk

Jika Anda yang memiliki produk sendiri, maka Anda perlu melakukan Branding produk. Anda pasti tahu betapa sulitnya mengenalkan produk tersebut kepada khalayak ramai. Rasanya hal inilah yang paling sulit untuk dilakukan selama merintis usaha. Karena selain ada produk-produk lama yang sudah memiliki nama, mereka juga memiliki posisi yang kuat di dalam industri yang sama. Branding produk tak hanya sulit untuk para pemula, tetapi juga sulit untuk usaha kecil yang minim budget dalam pemasaran. Lantas bagaimana cara melakukan branding yang sukses dikenal oleh masyarakat luas dan bisa memberikan hasil maksimal? Anda bisa menemukan jawabannya di bawah ini!

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Branding untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Apa Itu Branding Produk?

Branding merupakan istilah yang berasal dari kata brand yang memiliki arti sebuah identitas diri yang bertujuan untuk membedakan antara manusia, produk, maupun tempat satu dengan yang lainnya. Sedangkan branding produk merupakan sebuah kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mempertahankan dan memperkuat sebuah brand, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan atau perspektif kepada setiap orang yang melihatnya. 

Branding sendiri berkaitan erat dengan istilah, tanda, simbol, ciri visual, citra, kesan, kredibilitas, persepsi pelanggan terhadap suatu produk yang ditawarkan kepada mereka. Kehadiran branding ini sangat membantu setiap pemilik bisnis, yakni bisa lebih menonjol atau menunjukkan perbedaan yang pasti dari kompetitornya. Ini bisa menjadi ciri khas suatu produk.

5 Jenis Branding Produk

Branding produk tidak hanya terdiri dari satu atau dua jenis saja, melainkan ada setidaknya lima jenis dengan karakteristik masing-masing. Lima jenis tersebut dapat Anda pelajari melalui penjelasan berikut ini:

1. Cultural Branding

Merupakan pemberian identitas sesuai dengan budaya, kebiasaan suatu bangsa atau Negara, lokasi, maupun orang-orang asalnya, seperti misalnya orang Jepang yang terkenal akan kedisiplinannya dari segi pengelolaan waktu. 

2. Destination Branding

Merupakan penggambaran identitas, wilayah, kota, daerah yang biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi di sektor pariwisata, seperti contohnya Enjoy Jakarta dan juga Pesona Indonesia. 

3. Personal Branding

Branding ketiga ini merupakan branding yang ditujukan untuk individu alias perseorangan, misalnya saja Lee Min Ho aktor Korea Selatan yang selalu mendapat peran sultan. 

4. Corporate Branding

Branding yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan, kemudian juga bagaimana komunikasi ke pelanggan, dan juga kontribusi perusahaan kepada masyarakat. Contohnya, Grab yang merupakan perusahaan bergerak di bidang transportasi yang memudahkan masyarakat melakukan mobilisasi. 

5. Product Branding

Identitas yang diberikan kepada suatu produk dengan tujuan memperkenalkannya kepada khalayak ramai untuk mempengaruhi keputusan pelanggan guna membelinya. 

5 Manfaat Branding

Branding produk tentunya memiliki manfaat yang menguntungkan bagi bisnis Anda, khususnya produk yang Anda miliki. Untuk manfaatnya apa saja? Anda bisa menemukannya di bawah ini:

  1. Menarik pelanggan untuk membeli produk milik Anda.
  2. Meningkatkan loyalitas pelanggan.
  3. Membuka peluang untuk menetapkan harga jual yang besar atau tinggi tanpa mengurangi penjualan.
  4. Menonjolkan keunggulan produk.
  5. Melakukan diferensiasi produk.

4 Cara Branding Produk sehingga Dikenal Konsumen

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat branding dan tentunya berhasil memberikan keuntungan kepada Anda dan juga bisnis yang sedang dijalani. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan:

1. Kualitas Produk

Anda pasti tahu benar bahwa produk dari perusahaan ternama tentu akan memiliki posisi tersendiri di hati pelanggan dibandingkan dengan perusahaan kecil. Maka dari itu, untuk membuat branding yang bagus, kualitas produk tentu juga perlu diperhatikan. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas produk nantinya akan berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen dan juga keloyalan mereka pada produk Anda. Jika Anda memiliki produk yang tidak berkualitas, dengan branding sebagus apapun tidak akan berdampak baik pada bisnis. Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk Anda membuat produk yang memiliki kualitas terbaik. 

2. Kemasan Menarik dan Unik

Kemasan adalah salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dan menjadi salah satu cara branding terbaik. Kenapa demikian? Pasalnya, pelanggan akan melihat produk Anda dari kemasannya, sehingga jika kemasan menarik dan unik sudah pasti akan menarik hati pelanggan untuk membelinya.  Sebaliknya, jika pada kemasan saja Anda memberikan yang abal-abal, sudah pasti persentase ketertarikan pelanggan akan menurun bahkan tidak ada sama sekali. Maka dari itu, buatlah kemasan yang berciri khas, menarik, dan unik sebagai salah satu cara branding yang mumpuni.

3. Membuat Iklan

Iklan dikenal sebagai salah satu trik branding yang cukup efektif, sehingga membuat produk Anda bisa dikenal oleh banyak orang dan tentunya diminati oleh masyarakat luas. Bagi perusahaan besar, membuat iklan adalah hal yang gampang dan merupakan perkara kecil. Namun, bagi perusahaan kecil, mereka akan kewalahan pada budget hanya untuk mengiklankan produk. Akan tetapi jangan berkecil hati, karena masih ada media iklan yang bisa Anda gunakan meskipun budget iklan Anda tidak besar. Salah satu media iklan yang bisa Anda gunakan adalah social media yang memiliki jumlah pengguna banyak, misalnya saja Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. 

4. Mengikuti Pameran

Mengikuti pameran juga merupakan salah satu cara branding yang efektif, lho, sehingga tak heran jika banyak yang memanfaatkannya. Dengan mengikuti pameran, Anda bisa mengenalkan produk Anda secara langsung kepada pengunjung pameran dan bisa langsung berinteraksi dengan khalayak ramai tanpa adanya perantara. 

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Media Buying untuk Branding Bisnis

Itulah beberapa informasi tentang branding produk yang bisa Anda pelajari untuk meningkatkan penjualan perusahaan atau bisnis Anda. Jika branding yang Anda jalankan sudah mantap, secara otomatis akan berimbas atau berdampak baik kepada bisnis Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.