Cara Membuat Branding Produk yang Menarik

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Branding yang tepat akan sangat membantu pemilik bisnis untuk menonjolkan diri dari para kompetitor. Branding produk juga dianggap sebagai persaingan sehat dalam berbisnis.

Bagi sebagian perusahaan, branding produk adalah salah satu kesulitan dalam berbisnis. Terlebih bagi usaha kecil. Mengapa hal itu sulit? Karena bisa saja produk yang kita pasarkan sama dengan perusahaan besar dan brand kita tertutup oleh mereka. Meskipun demikian, bukan berarti proses branding produk akan sulit dilakukan. Ada banyak cara membuat branding produk yang menarik agar mudah dikenali oleh banyak orang.

Baca Juga : Tips dan Cara Membuat Branding untuk Bisnis Anda 

Sebenarnya, apa manfaat dari melakukan branding produk? Salah satu manfaat branding produk adalah menarik konsumen agar membeli produk yang kita pasarkan. Setelah konsumen tertarik, kita juga bisa memberitahu pada konsumen tentang keunggulan dari brand kita dibandingkan brand lainnya. Kita juga bisa meminta saran pada konsumen terhadap produk tersebut.

Cara Branding Produk Agar Menarik Konsumen

Branding sangat erat kaitannya dengan nama, ciri, logo, slogan, karakter, serta kesan pelanggan terhadap produk kita. Branding yang tepat akan sangat membantu kita sebagai pemilik bisnis untuk menonjolkan diri dari para kompetitor. Branding produk juga dianggap sebagai persaingan sehat dalam berbisnis. Tinggal kita sendiri yang pintar menyusun strategi promosi brand agar dikenal lebih luas lagi oleh orang banyak.

Bagaimana cara membuat branding produk yang menarik? Ikuti cara-cara berikut :

1. Kemasan Produk

Kemasan produk biasanya mendapat perhatian pertama dari mata konsumen. Jika kemasan produk menarik, konsumen pastinya akan mencari tahu tentang produk tersebut. Terlebih jika desain kemasan tersebut dapat melindungi produk dengan baik.

Setelah memperhatikan keunikan dari kemasan produk, konsumen berikutnya baru mengecek detail informasi tersebut di bagian kemasan. Pada saat ini, banyak konsumen yang tidak sempat menilai kualitas produk, mereka hanya memperhatikan kemasan yang unik.

2. Kualitas Produk

Cara membuat branding produk yang berikutnya adalah dengan memperhatikan kualitasnya. Bagi perusahaan kecil, pastinya akan merasa kesulitan bersaing dengan perusahaan besar. Konsumen cenderung akan memilih produk yang paling sering dibeli oleh banyak orang. Mereka juga tentu akan mengabaikan merek produk yang lainnya.

Dengan begitu, di sini kita perlu meningkatkan kualitas produk. Jika kualitas produk yang kita berikan bisa menyamai dengan perusahaan besar tersebut, tentu konsumen akan tertarik dan puas. Kualitas produk dengan ditambah kemasan produk yang menarik akan memberi nilai tambah tersendiri dibandingkan produk dari kompetitor.

3. Membuat Iklan Untuk Produk

Jangan biarkan produk kita hanya dikenal oleh sebagian orang di sekitar saja. Salah satu cara agar branding produk semakin meluas adalah dengan membuat iklan atau promosi. Jika bisnis yang dijalankan masih kecil, kita bisa menggunakan berbagai macam platform gratis untuk melakukan promosi, seperti instagram, website, dan lainnya.

Tetapi, jika promosi produk lebih tersebar luas sesuai dengan target pasar, kita butuh sedikit biaya tambahan untuk membuat iklan berbayar. Bisa dengan menggunakan facebook ads atau iklan video di youtube. Buatlah iklan produk yang unik dan berbeda agar konsumen bisa tertarik.

4. Ikut Dalam Bazar atau Pameran

Mengikuti sebuah pameran atau bazar juga adalah salah satu cara membuat branding produk dikenal lebih luas lagi. Sebagai contoh, jika produk yang kita pasarkan adalah sebuah makanan, kita bisa mengikuti pameran makanan dan menyewa stand makanan. Berikan tampilan yang menarik dari brand kita saat berada di pameran, agar dilihat oleh konsumen.

Dengan mengikuti cara-cara membuat branding produk di atas, hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mempertahankan dan konsisten terhadap brand. Jangan sampai brand produk tersebut yang sudah dikenal baik oleh konsumen menjadi hilang kepercayaan karena suatu hal.

Baca Juga : Contoh Strategi Branding yang Baik

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms