Cara Meningkatkan Branding Website Terbaik

Branding Strategi

Jasa web designer memudahkan proses branding website.

Bagaimana cara meningkatkan branding website yang baik dalam rangka strategi promosi bisnis? Di era sekarang, milenial semakin berlomba-lomba untuk membangun bisnisnya sendiri, salah satunya bisnis online. Dengan adanya teknologi internet memang memudahkan berbagai aktivitas bisa dilakukan secara online, termasuk berbisnis. Pangsa pasar yang lebih luas membuat orang-orang tertarik untuk memulai usaha seperti ini. Namun jika hanya sekedar ikut-ikutan saja maka jangan harap dapat membangun bisnis online yang menghasilkan keuntungan menggiurkan. 

Anda perlu strategi branding terbaik agar merek yang Anda tawarkan tersebut dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu strategi untuk mengoptimalkan bisnis online yakni dengan membangun branding melalui website. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang rela membayar jasa website developer profesional agar dapat membuat laman situs official semenarik mungkin. Adakah tips atau cara membangun branding website sendiri? Nah, pembahasan kali ini kami akan mengulas beberapa strategi branding melalui website terbaik untuk meningkatkan performa perusahaan anda melalui digital marketing. 

Baca Juga: Bagaimana Proses Branding Melalui Design Kemasan?

Tips dan Cara Meningkatkan Branding Website

Bagi para pelaku usaha atau startup yang sedang berupaya untuk meningkatkan branding, membuat website adalah langkah tepat. Namun membangun branding website jangan sembarangan, berikut beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Analisis Website Anda

Lakukan analisis terhadap website Anda terlebih dahulu menggunakan tools untuk mendiagnosis seefektif apa tampilan situs. Analisis bertujuan untuk mengetahui kesalahan JavaScript, ada tidaknya bug, atau hal-hal lainnya yang dapat mengganggu kunjungan audiens.

2. Memasang Plugin Customer Service

Gunakan plugin customer service 24 jam agar pengunjung web mudah untuk menyampaikan pertanyaan atau ingin mendapatkan informasi terkait produk Anda. Usahakan untuk menggunakan foto asli customer service untuk memberikan kesan profesional.

3. Menggunakan Bot Customer Support

Penggunaan bot customer support juga turut menjadi upaya branding website terbaik. Hal itu karena bermanfaat untuk menjawab segala pertanyaan dasar konsumen tanpa harus menunggu respon dari customer service. Bot customer service dapat melayani konsumen tanpa batasan waktu.

4. Lihat dari Sudut Pandang Pengunjung

Maksud dari bumi ini yakni berupaya melihat celah di mana hanya pengunjung website yang dapat mengetahuinya secara detail. Seperti apakah sudah mencantumkan informasi penting misalnya portofolio, produk, kontak dan sebagainya. Pastikan juga situs mudah diakses dan mempunyai navigasi jelas.

5. Fokus pada Keinginan Pengunjung

Jangan terlalu melebih-lebihkan informasi atau keunggulan perusahaan. Karena yang paling penting adalah fokus terhadap keinginan pengunjung agar dapat meningkatkan branding website sesuai sasaran. Misalnya menjabarkan secara jelas keunikan merk Anda dibandingkan kompetitor atau keuntungan apa yang bisa didapatkan oleh konsumen melalui produk tersebut.

Website untuk Membangun Brand & Reputasi Bisnis

Di era digitalisasi seperti sekarang, tidak sedikit pebisnis mulai menyadari pentingnya membangun branding dan reputasi perusahaan. Salah satu upayanya yakni dengan membangun website yang dirancang khusus untuk menonjolkan ciri khas suatu perusahaan. Bukan hanya sekedar dibuat, tapi juga harus dikembangkan secara profesional untuk menampilkan informasi yang jelas, akurat serta update tentang perusahaan. Mencantumkan testimoni atau History dari client juga bisa jadi bagian penting dalam situs. Tips lainnya yang tidak kalah penting dalam branding website yaitu mengupdate tahun copyright. Meskipun kelihatannya sepele tapi copyright yang tidak di-update akan membuat asumsi bahwa situs perusahaan sudah kadaluarsa dan tidak ada pembaruan. Memang terlihat sepele, namun tahun copyright yang telah lewat bertahun-tahun akan menurunkan kredibilitas Anda. Hal tersebut menandakan bahwa brand Anda telah lama kadaluarsa dan tidak ada pembaruan di tahun berjalan.

Selain itu, pada kebanyakan situs perusahaan sering menampilkan dan menonjolkan prestasi yang dicapai sebagai fokus konten mereka.  Namun sebenarnya cara branding web seperti ini justru kurang tepat meskipun bermaksud menunjukkan kreativitas terhadap konsumen. Akan lebih baik jika Anda memfokuskan konten terhadap solusi untuk mengatasi berbagai problem konsumen sesuai produk yang ditawarkan. Seperti bagaimana cara produk atau layanan tersebut bekerja, efektivitasnya, keunggulan dibandingkan produk sejenis lainnya, dll. Hal itu karena masyarakat sekarang sudah jauh lebih cerdas dalam membedakan mana branding perusahaan yang memang menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas atau hanya sekedar menonjolkan nama mereka. Jadi jangan sampai salah fokus dalam membangun branding website.

Manfaat Menggunakan Website untuk Branding

Dibandingkan media promosi lainnya, website merupakan sarana promosi yang murah, efektif dan interaktif. Berikut ada beberapa manfaat membangun branding website:

1. Sarana Informasi dan Komunikasi

Laman situs bisa menjadi media untuk membagikan informasi dan sarana komunikasi dengan audiens, dalam hal ini konsumen. Fleksibilitas platform situs memberikan kemudahan untuk mencantumkan berbagai info penting seperti contact person, nomor WhatsApp, cara order, cara komplain, dan lain sebagainya.

2. Platform Transaksi 24 Jam

Seperti sebuah e-commerce, dengan memiliki website maka dapat memberikan layanan transaksi 24 jam penuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan profit bisnis perusahaan, terutama dalam hal penjualan produk.

3. Media Soft Selling dan Hard Selling

Bisa dikatakan website merupakan media promosi tanpa batas, baik untuk soft selling maupun hard selling. Anda bisa mencantumkan berbagai info menarik dan copywriting guna meningkatkan penjualan bisnis lebih optimal.

4. Memudahkan Konsumen untuk menghubunginya Kembali

Jika merasa puas terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan anda maka tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali. Sayangnya tidak setiap orang dapat mengingat informasi kontak, tapi dapat mengingat nama perusahaan atau brand. Jadi cukup dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencarian, pelanggan tersebut dapat menemukan kembali situs yang mereka gunakan untuk membeli produk atau layanan. Hal ini yang dinamakan memudahkan konsumen untuk menghubungi kembali.

Perlukah Menggunakan Jasa Web Designer?

Kalau mau yang lebih praktis dan mudah memang Anda bisa menggunakan layanan web designer dalam membangun branding. Namun untuk menggunakan jasa tersebut Anda harus menyiapkan sejumlah dana yang tidak murah. Penggunaan jasa web designer bersifat opsional. Pada perusahaan yang memang sudah besar mungkin tidak masalah karena punya dana marketing lebih. Namun sebagai pelaku usaha pemula, akan lebih baik jika anda mempelajari sendiri cara membangun branding melalui website.

Baca Juga: Ketahui Arti dan Cara Menentukan Warna Logo untuk Bisnis Anda

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, Anda bisa menggunakan tips-tips dan cara meningkatkan branding terbaik lewat website. Mulai bangun branding website Anda sekarang juga, lebih cepat justru lebih baik agar bisnis semakin dikenal oleh masyarakat luas.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.